LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Hasil Pointcloud Hovermap LIDAR Tingkatkan Akurasi Pengukuran Objek

Hasil Pointcloud Hovermap LIDAR Tingkatkan Akurasi Pengukuran Objek

Hasil Pointcloud Hovermap LIDAR

Hasil pointcloud Hovermap LIDAR untuk melakukan pengukuran objek berdiameter kecil ternyata potensial untuk berbagai industri, seperti apa hasilnya?

lidar-untuk-skala-industri-inspeksi-pelabuhan.jpg
Pointcloud LIDAR untuk pengukuran objek kompleks

Teknologi Hovermap LIDAR berhasil memperoleh variasi akurasi pengukuran dalam mengumpulkan 3D modelling hingga ke milimeter pada objek secara konstan dengan data yang beresolusi tinggi ketika hanya dioperasikan sebagai handheld (pemindai genggam) dari jarak dekat pada objek dengan diameter kecil seperti tiang dan pipa yang banyak digunakan oleh hampir setiap industri.

Dalam pengujian ini ini, kami menggunakan Hovermap dalam pemindaian dari jarak dekat dengan berjalan kaki memutari objek untuk memeriksa akurasi point cloud di beberapa target seperti tiang dalam upaya untuk lebih memahami kinerja sistem potensial pada industri-industri yang mengharuskan melakukan pengukuran objek secara cepat dan tepat.

Bagaimana Efektivitasnya?

hasil-pointcloud-hovermap-lidar-untuk-skala-industri-pengukuran-objek-scaled.jpg
Hasil pointcloud LIDAR

Pengukuran langsung dilakukan pada 6 objek tiang dan pipa pembuangan yang berbeda diameternya untuk mengidentifikasi apakah variasi dari pengukuran menghasilkan pengukuran yang konstan atau bervariasi untuk memvalidasi data ukur yang valid dan mengirimkannya ke kantor pusat.

Berikut akan kami jelaskan satu per satu mulai dari metode yang digunakan dan bagaomana efektiviasnya ketika menggunakan Teknologi hovermap untuk skala industri.

Metode yang Digunakan

Berikut adalah metode yang digunakan untuk bantu Teknologi LIDAR agar bisa memberikan hasil pointcloud Hovermap.

hasil-pointcloud-hovermap-lidar-pengukuran.jpg
Objek tiang yang diukur

Pengukuran konvensional diuji coba dengan menggunakan kaliper dan mengukur tiang listrik menggunakan pita pengukur. Untuk memfasilitasi perbandingan yang akurat, pencatatan posisi vertikal setiap pengukuran dilakukan dengan hati-hati.

Pengukuran dilakukan dengan teliti. Teknologi untuk melakukan pengukuran ini memberikan hasil pointcloud Hovermap yang real dan akurat tanpa bersusah payah melakukan pengukuran secara tradisional.

hasil-pointcloud-lidar-dengan-hovermap.jpg
Pengukuran objek dengan cara tradisional

Hovermap kemudian diturunkan di seluruh area studi untuk melakukan pemindaian secara berjalan dari jarak dekat. Pointcloud yang berhasil dikumpulkan kemudian dibersihkan dengan menggunakan data yang dikumpulkan secara konvensional, lalu menganalisa perbandingannya dengan perangkat lunak cyclone 3D shaper.


Hasil dan Pembahasan

lidar-untuk-survey-mapping-hasil-pemetaan-untuk-kanopi-hutan.png
Penampang tumbuhan dilihat dari LIDAR

Hovermap kemudian diturunkan di seluruh area studi untuk melakukan pemindaian secara berjalan dari jarak dekat. Pointcloud yang berhasil dikumpulkan kemudian dibersihkan dengan menggunakan data yang dikumpulkan secara konvensional, lalu menganalisa perbandingannya dengan perangkat lunak cyclone 3D shaper.

Secara khusus, penampang planar dari setiap target diambil sampel pada interval 1,5 meter, dan berikut adalah hasil dari permodelan 3D penampang tersebut yang dikumpulkan dengan Hovermap.

Hasil menunjukkan bahwa penampang planar yang paling sesuai diterapkan pada ketinggian tertentu terlihat dengan density yang rapat, sehingga menghasilkan pointcloud beresolusi tinggi.

 hasil-pointcloud-hovermap-lidar-mean-range-kepadatan-pointcloud.jpg
Hasil perhitungan statistik pengukuran objek menggunakan LIDAR

Dengan mean range di kisaran 2.9 ± 0.5 meter, pointcloud resolusi sangat tinggi diperoleh pada setiap target dengan Hovermap dan menghasilkan jarak sampel titik keseluruhan (misalnya jarak rata-rata antar titik) 0,004 ± 0,001m.

Hasil pointcloud Hovermap LIDAR ini menjadi acuan penting untuk membuktikan bahwa perbandingan yang akurat antara pengukuran dengan hasil pointcloud Hovermap menghasilkan varian rata-rata total 0,002 ±0,002. hasil ini menunjukkan bahwa Hovermap mampu mencapai resolusi tinggi dan akurasi pada berbagai bidang objek saat digunakan sebagai handheld dengan melakukan pemindaian dari jarak dekat.

Pelajari lebih lanjut tentang LIDAR.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog