• Halo Robotics

13 Peran Drone DJI untuk Kumpulkan Data Penting di Berbagai Industri


13 Cara Drone Membantu Mengumpulkan Data Canggih Yang Memberikan Nilai Tambah Pada Berbagai Industri


Kemajuan artificial intelligence membawa perubahan signifikan pada teknologi drone, dimana saat ini drone DJI diberdayakan untuk membantu manusia dengan saling bekerja sama untuk mengumpulkan data-data vital dan mengefisiensikan aktivitas pada berbagai kegiatan seperti perlindungan satwa, penelitian, konservasi flora dan fauna laut, melindungi spesies yang hampir punah, digunakan pada sektor public safety ditengah pandemi COVID-19, maintenance energi terbarukan, agriCulture, search and rescue hingga efisiensi inspeksi pada sektor konstruksi, utilitas dan tambang.


Artikel ini akan menjelaskan 13 cara drone dalam membantu manusia di berbagai industri, diantaranya sebagai berikut:


1.PERLINDUNGAN DAN PENELITIAN SATWA DI DARAT DAN LAUT


Pekerjaan vital padda konservasi dan penelitian satwa liar memiliki tantangan tersendiri. Seringkali, proyek dihadapkan pada sedikitnya pekerja ahli untuk melakukan pekerjaanya dengan anggaran yang terbatas, namun perusahaan menginginkan hasil yang maksimal serta dapat menembus hambatan operasional dilapangan secara signifikan.


Drone DJI membantu mereka untuk menyelesaikan proyek konservasi dan penelitian dengan mengumpulkan data secara otomatis dengan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, organisasi konservasi laut Ocean Alliance yang diketuai oleh Dr Lain Kerr menggunakan drone DJI untuk mengumpulkan data penting cairan hidung paus untuk menganalisa kesehaltan laut dengan cepat dan akurasi yang lebih tinggi.


2. MELINDUNGI SPEASIES YANG TERANCAM PUNAH


Drone juga digunakan untuk membantu peneliti melindungi fauna yang terancam punah di iklim kering Savana. Di Kenya, tim perlindungan flora dan fauna dengan menggunakan teknologi drone DJI untuk berpatroli di habitat asli gajah agar tidak diburu oleh manusia.


Selain itu, di Australia setelah peristiwa kebakaran hutan dan perusakan habitat, drone DJI dengan pencitraan thermal juga digunakan untuk mendukung misi pencarian dan penyelawatan satwa koala. Lebih lanjut, drone DJI dapat memberdayakan karya para ilmuwan dan konservasionis di seluruh dunia dengan metode yang canggih dan sudah teruji kredibilitas serta akurasi pengumpulan datanya.


3. KESEHATAN MASYARAKAT


Sejak pandemi Coronavirus menjadi terkenal, drone telah menjadi alat yang diminati di bidang kesehatan masyarakat. Drone membantu mendistribusikan vaksin dan pasokan medis lainnya. Selain itu, drone juga turut berperan dalam menjangkau populasi manusia yang berada di area yang terisolasi dengan melakukan distribusi dari jarak jauh untuk meminimalisir kontak antar manusia.


Di Indonesia, baru-baru ini, Halo Robotics bersama organisasi-organisasi lain turut berperan aktif dalam menyemprotkan desinfektan di kota Jakarta dengan menggunakan drone DJI Agras T16, untuk meminimalisir rantai penyebaran virus COVID-19 di kota-kota besar, terutama Jakarta.


4. MAINTENANCE SUMBER ENERGI TERBAHARUKAN


Drone komersial termasuk kedalam alat yang berguna dalam skenario apa pun untuk mengumpulkan data pada ketinggian. Dalam industri energi terbarukan yang sedang berkembang, drone digunakan untuk mengumpulkan data pada aset energi terbaharukan.


Pada panel surya, drone diperbantukan bersama dengan manusia untuk mengukur kapasitas pembangkit tenaga surya yang tumbuh secara eksponensial di seluruh dunia. Untuk menjaganya tetap beroperasi pada efisiensi maksimum, diperlukan inspeksi yang dilakukan secara rutin. Dengan menggabungkan drone dengan sensor jarak jauh dan A.I terbaru, kru inspeksi dapat menjangkau area yang luas dan menunjukkan area yang menjadi perhatian.


5. AGRICULTURE


Industri pertanian mewakili salah satu pengadopsi terbesar teknologi drone komersial dan robot terbang membuat dampak pada pertanian di seluruh dunia. Drone pertanian dengan Agras T16 dengan cepat dan tepat menyebarkan pupuk dan pestisida, sementara platform multispectral yang menangkap data di luar cahaya tampak, seperti P4 Multispectral, sudah menjadi platform penting untuk mendukung efisiensi dan efektifitas pada pertanian modern.


6. SEARCH AND RESCUE


Drone DJI memainkan peran penting dengan melakukan survey, mapping untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya bencana serta mempersingkat waktu pencarian dan evakuasi korban pada peristiwa banjir dan tanah longsor, dengan mengidentifikasi dan menemukan jalan pintas untuk membuka akses rute evakuasi korban bencana alam, meskipun banyak melalui medan berat, petugas SAR merasa pekerjaan mereka lebih ringan dan lebih cepat ketika melakukannya dengan drone.


Drone merupakan teknologi penginderaan jauh terbaru yang dapat lebih mudah menemukan orang yang membutuhkan bantuan. Drone dapat membuat pencitraan thermal dari udara untuk mengefisensikan proses pencarian dan penyelamatan korban ketika petugas harus melewati kegelapan total dan area pencarian yang luas. Drone dengan kamera termal memberikan kombinasi waktu respons yang cepat, kemudahan penggunaan, dan pengawasan udara yang persisten dengan biaya yang lebih murah dibandingkan helikopter yang membawa peralatan yang sama. Dan ini tidak semua tentang termal. Kemajuan dalam fungsi RGB dan zoom, seperti payload DJI H20, menempatkan kemampuan visual yang kuat untuk membantu petugas.


7. MEMPERCEPAT PEMADAMAN API DENGAN DRONE


Seringkali tugas pengumpulan data membuat perusahaan harus melibatkan petugasnya pada risiko berbahaya untuk mengumpulkan data di lingkungan yang kompleks, seperti pada proses identifikasi sumber api ketika kebakaran sedang terjadi. Drone membantu petugas untuk melihat titik api dengan lebih jelas pada saat memadamkan kebakaran.


Drone juga meningkatkan kesadaran situasional pada petugas dilapangan serta memberikan kemudahan bagi petugas pemadam kebakaran sebagai orang yang merespons penyebab kebakaran paling pertama, terutama pada saat peristiwa tersebut terjadi di malam hari, sehingga lebi banyak orang yang diselamatkan.


8. DRONE AS A HAZMAT (DRONE SEBAGAI HAZMAT PETUGAS)


Situasi darurat yang melibatkan bahan berbahaya membutuhkan banyak kehati-hatian. Skenario pendekatan responden pertama dengan proses yang cepat seperti menggunakan drone DJI akan lebih mengutamakan keselamatan petugas agar terhindar dari bahaya.


Tetapi meskipun metodologi lama drone membuat dampak yang signifikan di lapangan, memberikan kesadaran situasional bagi tim yang biasanya mengandalkan kontak lewat radio, memantau area yang menjadi perhatian untuk menunjukkan di mana kru perlu ditempatkan dan situasi apa yang akan mereka hadapi.


9. AERIAL SURVEYING (SURVEY LEWAT UDARA)


Survei udara adalah contoh lain dari teknologi drone yang mempercepat proses pengumpulan data. Dengan jalur penerbangan dan penggunaan payload yang tepat, drone dapat digunakan untuk menghasilkan peta orthomosaic 2D dan 3D, awan titik LiDAR, model 3D, peta termal, dan peta multispektral. Penerapannya cenderung bergantung pada industrinya.


Misalnya, peta multispectral yang populer di bidang pertanian, drone dapat memberikan gambaran umum tentang kesehatan tanaman kepada petani. Kadang, kita diharuskan untuk beradaptasi pada situasi yang lebih dinamis di mana data perlu dikumpulkan dengan cepat, seperti rekonstruksi tabrakan mobil, dapat menggabungkan titik awan LiDAR dengan gambar yang diambil di darat dan foto udara.


10. INSPEKSI MENARA SUTET DAN MENARA TELEKOMUNIKASI YANG MINIM RISIKO


Sebagian besar infrastruktur penting yang banyak dihandalkan pada gilirannya bergantung pada inspeksi pemeliharaan rutin. Untuk aset seperti jembatan, jalur kereta api, dan menara komunikasi, sudah menjadi praktik standar bagi kru untuk beroperasi di lingkungan yang berbahaya. Drone komersial menawarkan cara yang lebih aman. Selain itu, dalam banyak kasus, lebih efisien untuk melakukan inspeksi infrastruktur dengan drone.


Salah satu contohnya adalah kabel listrik. Dengan melakukan inspeksi dari jarak jauh dan dalam skala besar menggunakan drone, operator jaringan dapat mengurangi waktu henti dan dengan cepat memutuskan langkah selanjutnya yang harus diambil. DJI M300 dapat dengan cepat menjadi alat impian tim inspeksi dengan menggabungkan kamera 20 MP dengan zoom 23x, memungkinkan pengawas untuk mengidentifikasi bahkan sedikit saja kerusakan.


11. MANAJEMEN KONSTRUKSI


Konstruksi adalah industri dengan margin yang ketat dan stagnasi produktivitas jangka panjang. Oleh karena itu, proses pengumpulan data yang minim risiko dengan drone DJI, akan membuat pekerja mengumpulkan data dengan aman, termasuk melakukan pengukuran volume stockpile dan perencanaan pra-proyek hingga inspeksi keselamatan yang terbukti sangat berharga bagi perusahaan konstruksi.


12. MANAJEMEN PERTAMBANGAN


Penambangan adalah industri dinamis di mana data granular diperlukan untuk pengambilan keputusan yang tepat. Drone telah terbukti menjadi alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi volumetrik yang komprehensif dan berkualitas tinggi dengan jutaan pointcloud dalam waktu yang lebih singkat, dengan biaya yang lebih rendah, dan dengan lebih sedikit kesalahan manusia dibandingkan dengan metode tradisional.


Perencanaan penerbangan dan pemrosesan data otomatis telah menyebabkan revolusi alur kerja di seluruh industri. Adopsi drone juga memastikan staf tidak berada dalam bahaya saat melakukan survei lokasi atau melakukan pengukuran stockpile.


13. MANAJEMEN SEKTOR OIL AND GAS


Industri minyak & gas penuh dengan lingkungan yang dinamis dan berpotensi menghasilkan keadaan yang bahaya untuk pekerja dan perusahaan. Secara alami, drone membuktikan nilainya dengan mengumpulkan data secara aman dan akurat. Sebagian, adopsi tersebut karena infrastruktur minyak & gas seperti ujung flare dan tangki atap terapung dapat sulit untuk dinilai dari permukaan tanah. Tetapi kebangkitan drone di industri ini juga karena perkembangan software dan penginderaan. Untuk inspeksi peralatan dan tanggap darurat, platform seperti DJI M300 RTK dapat digunakan untuk mengotomatiskan inspeksi dengan presisi hingga ke tingkat sentimeter. Fitur software seperti solusi AI-Spot-Check DJI menggabungkan algoritma pembelajaran mesin dengan sistem Real Time Kinematic ("RTK") bawaan untuk memastikan titik data yang tepat dikumpulkan.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #dji #drone #utility #utilitas #oilgas #mining #tambang #publicsafety #agriculture #dronesforgood #dronetechnology #AEC #konstruksi #construction

35 views0 comments