• Halo Robotics

4 Keunggulan Drone DJI Enterprise untuk Cegah Kebakaran Hutan


Pencegahan kebakaran hutan dengan drone DJI bukanlah hal yang baru saat ini. Sayangnya, masih banyak yang ragu terhadap efisiensi pencegahan yang dihasilkan dari drone DJI tersebut.


Artikel ini akan membahas 4 keunggulan drone DJI Enterprise untuk cegah kebakaran hutan agar sektor public safety secara khusus bisa meningkatkan respons terhadap situasi ketika kebakaran hutan terjadi dan pemulihan yang akan dilakukan.


1. TINGKATKAN KESADARAN SITUASIONAL DALAM WAKTU SINGKAT


Drone DJI dilengkapi dengan sensor thermal pakai radiasi infra merah untuk membantu petugas menemukan tanda panas dan titik api dan persebarannya. Keunggulan ini memungkinkan petugas semakin cepat dalam mengambil keputusan terkait berapa banyak debit air yang harus dikeluarkan untuk pemadaman serta lebih cepat dalam menyelamatkan banyak orang atau banyak satwa.


Drone DJI M300 RTK dan payload Zenmuse H20T bantu petugas di sektor public safety untuk identifikasi titik api ditengah kobaran api yang terkena angin kencang. Kedua teknologi tersebut juga dapat digunakan pasca kebakaran selesai, untuk menghilangkan titik asap yang berpotensi menimbulkan api kembali, dengan cara yang lebih aman dari jarak jauh sekaligus mempercepat alokasi kru ke sumber kebakaran secara pasti.


2. LINDUNGI PERSONEL DILAPANGAN


Dengan pengoperasian drone DJI Enterprise dari udara, sektor public safety dapat membuat keputusan yang tepat untuk menjaga petugas, terutama pemadam kebakaran tetap aman saat mereka terjun ke sumber api.


Tidak hanya itu, drone DJI Enterprise juga dapat menyimpan data rekaman video yang bisa dikirimkan ke kantor pusat ketika data tersebut dibutuhkan untuk alokasi sumber daya yang akan diarahkan untuk memadamkan api.


3. AKTIFKAN PEMETAAN CEPAT UNTUK RESPONS TERHADAP INSIDEN DAN PEMULIHAN PASA TERJADI INSIDEN

Seringkali, infrastruktur yang tidak memadai dan medan yang menantang membuatn petugas berada dalam situasi berbahaya. Tidak hanya itu, proses investigasi penyebab kebakaran hutan juga memakan waktu, dan tidak efektif untuk berpatroli di area berisiko tinggi agar bisa mencari tanda-tanda potensi kebakaran. Dengan pemetaan drone, tim bisa mendapatkan gambaran penuh tentang situasi lapangan dengan cepat dan mendapatkan pemahaman yang mereka butuhkan.


Kamera visual drone dan payload DJI capture area kebakaran di hutan secara realtime


Untuk menyelesaikan pekerjaan, solusi drone untuk respons kebakaran hutan biasanya membawa kamera visual dan termal. Kamera visual memberi anda tampilan realtime dari berbagai situasi dan dapat dengan mudah melihat tim pemadam kebakaran atau peralatan terdekat. Kamera visual juga dapat digunakan untuk memberi tahu tim tentang topografi yang sulit atau tantangan lain yang mungkin ada di antara mereka dan api. Kamera termal, sementara itu, mencari tanda panas dari kru manusia atau titik api. Ini dapat membantu menemukan titik api di lokasi kebakaran dalam hitungan detik, dan melihat orang-orang terjebak bahkan di area asap tebal. Kamera termal memberikan informasi penting yang tidak dapat diperoleh dari kamera visual.


4. IDENTIFIKASI KERUGIAN MATERIL KEBAKARAN LEBIH CEPAT



Drone DJI Enterprise secara terkontrol dapat menjadi platform identifikasi kebakaran dalam jangka panjang, termasuk mempermudah pilot drone untuk lakukan operasi pemadaman secara terkontrol dari jarak jauh, termasuk identifikasi sejauh apa kebakaran tersebut bisa berkembang.


Dengan hanya menggunakan sedikit drone, petugas lebih cepat dan aman dalam menemukan identifikasi titik api. Jika menggunakan drone DJI M300 RTK dan H20T misalnya, tim respons mendapatkan keuntungan dari waktu penerbangan yang lebih lama hingga 55 menit, peningkatan ketahanan cuaca, dan data berkualitas lebih tinggi dengan fungsi zoom didalamnya.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #forestry #kebakaran #dji #djienterprise #firefighters #publicsafety #kebakaranhutan #dronetechnology #dronesforgood


15 views0 comments