• Halo Robotics

3 Keunggulan Drone Thermal DJI untuk Peningkatan Situasi Darurat dan Inspeksi Aset



Drone termal JI memiliki pengaruh besar dalam berbagai industri dengan memberikan informasi termografis waktu nyata yang mendetail untuk sektor security, defense, military, public safety, perusahaan utilitas, bisnis minyak dan gas, pakar bahan berbahaya.


4 Color palletes drone and payload thermal DJI


Drone thermal dan payload DJI dilengkapi dengan sensor thermal canggih dan 4 palletes menggunakan sensor termal yang sangat canggih deteksi tanda panas yang dikeluarkan oleh benda hidup dan benda mati. Sensor termal ini kemudian menghasilkan gambar detail yang menampilkan berbagai kondisi suhu dalam satuan derajat celicius untuk menunjukkan panas yang dilepaskan oleh objek yang sedang diinspeksi.


1. Drone Thermal DJI untuk Inspeksi Kilang Minyak


Sejak 2015, drone DJI telah digunakan oleh perusahaan minyak dan gas papan atas dibeberapa negara untuk memeriksa kilang minyak.


Pabrik-pabrik ini menggunakan teknologi drone untuk inspeksi struktur masif yang membentang jauh dan lebar dan sangat rentan terhadap kebakaran, korosi, dan kerusakan struktural. Secara teratur, teknisi harus memeriksa kilang minyak dan gas untuk mengidentifikasi potensi masalah peralatan yang dapat membahayakan integritas sistem secara keseluruhan.


2. Drone Thermal DJI Digunakan untuk Deteksi Kebocoran Bahan Kimia


Sekitar 1 tahun lalu, alarm berbunyi salah satu gudang distiribusi bahan makanan yang menandakan telah terjadi kebocoran bahan kimia disana.


Ketika regu hazmat dan Dinas Pemadam Kebakaran setempat tiba, mereka diberi tahu bahwa awan gas amonia anhidrat yang merupakan senyawa beracun menyebar di suatu tempat di dalam gedung. Sebelum mengirimkan tenaga ahli bahan berbahaya untuk mengendalikan kebocoran bahan kimia, koordinator hazmat mengerahkan beberapa drone DJI untuk menginspeksi lingkungan. Drone tersebut termasuk Mavic 2 Enterprise Advanced dan M300 RTK yang dilengkapi dengan kamera termal Zenmuse Z30 dan kamera XT RGB.


Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced untuk peningkatan situasi darurat


Drone thermal dikirim pada awalnya untuk mengukur seberapa berbahaya situasinya dan untuk menentukan jenis pakaian apa yang perlu dikenakan. Jika kebakaran sudah terjadi, kru hazmat harus mengenakan pakaian bersuhu tinggi yang terisolasi daripada pakaian bahan kimia yang biasanya terbuat dari karet atau plastik dan memiliki titik leleh rendah. Jadi, mengetahui apakah bangunan itu terbakar atau tidak merupakan faktor penting.


Setelah terbang cepat, drone mengirim kembali gambar termografik mendetail dari dalam gudang dan memberi tim hazmat pandangan luas dari mana asal kebocoran serta tampilan detail dari area yang terkena dampak. Berdasarkan data drone, para pekerja hazmat dapat dengan cepat menilai situasi, menentukan cara terbaik untuk mengatasi kebocoran, dan memastikan jenis peralatan yang dibutuhkan.


Drone thermal DJI untuk efisiensi inspeksi dan deteksi suhu aset penting secara akurat


Akibatnya, drone menghemat waktu, mengurangi risiko, meningkatkan visibilitas situasi yang sangat berbahaya, dan memberikan rekaman misi terus-menerus kepada kru komando saat rekan satu tim mereka menghentikan kebocoran berbahaya.


Sebelum menggunakan drone, perusahaan minyak dan gas akan menghentikan operasinya, dan kemudian menggunakan helikopter untuk memeriksa sistem suar yang menjulang tinggi dan meminta personel di darat secara visual memeriksa seluruh area termasuk memanjat perancah untuk mencari kerusakan.


Prosedur berisiko ini jelas memakan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit, dengan drone thermal inspeksi dapat dilakukan lebih cepat secra komprehensif dan menghemat banyak uang dan pengerahan personel untuk memeriksa infrastruktur aset.


3. Drone Thermal DJI 2x Lebih Efektif untuk Deteksi Titik Api



Peristiwa kebakaran di pabrik industri produk plastik terjadi, dimana seluruh aset sangat mudah terbakar, kemudian asap tebal beracun membumbung tinggi diatas awan. Hal yang lebih buruk lagi, tangki berisi 35.000 galon (132.489 liter) bahan kimia yang sangat mudah terbakar dan meledak yang disebut difluoroetana berada dalam jalur kebakaran.


Controller drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced mudah dioperasikan oleh Tim

untuk misi penyelamatan dan deteksi api penyebab kebakaran


Petugas pemadam kebakaran dengan cepat meminta dukungan dari tim dengan drone thermal DJI. Setelah tiba, kru UVT meluncurkan beberapa drone termal DJI. Untuk mengukur seberapa berbahaya situasinya, mereka memutuskan untuk terbang di dekat wadah penyimpanan bahan kimia dan menangkap pembacaan termal. Jika tank akan meledak, maka akan terlalu berisiko untuk mengirim kru untuk memadamkan api secara langsung.


Drone thermal DJI Mavic 2 Enterprise Advanced yang digunakan untuk deteksi titik api


Drone termal tidak hanya memberi petugas pemadam kebakaran pembacaan termal 360 derajat dari wadah kimia, tetapi juga menunjukkan kepada tim secara tepat bagaimana api bergerak maju. Berbekal informasi penting ini, petugas pemadam kebakaran dapat dengan cepat masuk dan memadamkan api dengan aman. Yang terpenting, mereka mampu mencegah tangki bahan kimia yang sangat mudah menguap dari ledakan.


4. Drone Thermal DJI Percepat Search and Rescue


Bencana gunung berapi, tanah longsor dan banjir menjadi rencana alam yang luar brasa merugikan banyak pihak. Akan tetapi, sebelum itu semua terjadi, drone thermal DJI digunakan oleh petugas search and rescue untuk menyelamatkan jutaan orang dari dampak bencana alam tersebut dengan memetakannya lalu mengatur strategi lebih cepat dan akurat untuk misi penyelamatan.


Drone DJI Matrice 300 RTK (M300 RTK) yang dilengkapi dengan kamera termal Zenmuse H20T canggih dan Mavic 2 Enterprise Dual yang dilengkapi dengan kamera RGB.


Setelah mengudara, drone dapat dengan cepat memindai area tersebut untuk mencari tanda panas dari para penyintas dan memberikan umpan balik waktu nyata dari medan yang direndam hujan kepada tim penyelamat.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #drone #thermal #dji #inspection #inspeksi #dronethermal #djimatrice #situationalawareness #djidrones #assetmanagement #assetinspection #inspeksi #thermography #termografi

10 views0 comments