• Halo Robotics

5 Keunggulan Sensor Multispectral MicaSense Yang Dapat Mengfisiensikan Pengelolaan Kawasan Hutan


Survei kehutanan dengan sensor multispectral MicaSense dijadikan sebagai alternatif platform dengan biaya investasi yang rendah namun mampu menghasilkan output maksimal oleh agronomist untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kawasan hutan. Tidak hanya itu, masih terdapat keunggulan lain dalam platform tersebut yang akan dibahas dalam artikel ini.


Berikut akan dijelaskan 5 keunggulan menggunakan sensor multispectral MicaSense untuk pengelolaan kawasan hutan.


1.CAKUPAN LUASAN AREA YANG DISURVEY

Jika pada umumnya ahli kehutanan membutuhkan sampel 10-20% untuk mengetahui kondisi lahan, drone dan sensor multispectral MicaSense hanya membutuhkan sedikit sampel untuk melihat kondisi hutan secara keseluruhan.


Dengan mengambil sebanyak 5% sampel, sensor multispectral MicaSense sudah membantu agronomist untuk mengumpulkan data survey mewakili luas keseluruhan kawasan hutan. Tidak hanya itu, survey kawasan hutan yang sebelumnya memerlukan biaya yang mahal hingga ratusan juta rupiah dengan menggunakan helikopter, dapat dipangkas hingga 80% dengan hanya menggunakan satu kamera multispectal yang dipasangkan pada drone.


2. RESOLUSI GAMBAR YANG JELAS

Secara historis, umumnya pengambilan data secara tradisional kurang mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk itu, sensor multispectral digunakan oleh agronomist karena mampu menghasilkan resolusi gambar yang detil dan jelas.


Keunggulan ini membantu mendapatkan resolusi spasial terbaik untuk analisa lanjutan setiap kegiatan survey kawasan hutan, serta melihat hal-hal lain seperti spesies hewan tertentu untuk mengetahui keseimbangan ekosistem hutan.


3. AKURASI

Memetakan kawasan hutan dengan drone dan kamera multispectral MicaSense dapat memberikan peningkatan terhadap akurasi data saat melakukan survey.


Hal ini dikarenakan, kedua platform tersebut memberikan informasi kepada pengguna terkait dengan kesehatan seluruh pohon, bahkan melakukan kalkulasi algoritma pohon yang sangat akurat. Sebagai manfaat tambahan, menggunakan kedua platform tersebut dapat membuka potensi untuk melokalisasikan jalan logging ke alternatif yang tercepat.


4. MENGKLASIFIKASIKAN SPESIES DI KAWASAN HUTAN

Saat ini, biaya untuk mengklasifikasikan spesies di kawasan hutan masih termasuk dalam kategori yang mahal. Selain itu, cara pengambilan datanya juga cenderung kompleks.


Untuk menjawab kekurangan tersebut, Algoritma sensor MicaSense altum menciptakan akurasi pencitraan sebesar 95%, sehingga platform dengan harga yang kompetitif tersebut digunakan oleh agronomis untuk menghasilkan output yang maksimal saat menetapkan status konservasi, mengklasifikasikan spesies dikawasan hutan, mengelola pemanfaatan kawasan lindung, dan menciptakan habitat pemantauan dan restorasi untuk membuat forecasting pengelolaan hutan di masa mendatang.


5. MEMBUKA AKSES HINGGA KE KAWASAN HUTAN DENGAN KONDISI TERRAIN YANG SULIT DIJANGKAU


Seperti yang diketahui oleh para pengelola kawasan hutan, kawasan hutan tidak hanya ada yang datar. Banyak kawasan hutan yang terdiri dari tanjakan curam, berlembah dan berada di area pegunungan, sehingga hanya sebagian kecil kendaraan yang bisa melintasi kawasan hutan. Sensor multispectral membawa kemudahan bagi para pengelola untuk melakukan survei di area yang sulit dijangkau.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #multispectral #drone #landforestry #hutan #agronomy #agronomist #micasense #pengelolaanhutan #BKSDA #landsurvey #rededge #altum

8 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)