5 Fungsi Hovermap LIDAR untuk Peningkatan Efisiensi di Berbagai Industri

OVERVIEW DAN MANFAAT BISNIS


Hovermap, sebagai solusi pemindaian LiDAR serbaguna, membuat pemetaan area diberbagai industri yang tidak dapat diakses menjadi aman, mudah, dan cepat.


Industri telekomunikasi, inspeksi sutet, konstruksi, inspeksi area outdoor, indoor dan inspeksi minyak sudah merasakan manfaat menggunakan teknologi Hovermap LIDAR, dikarenakan kemampuannya yang dapat melakukan pemetaan dengan sangat baik pada berbagai objek industri yang tidak mendapatkan sinyal GPS, namun tetap memiliki akurası pemetaan yang baik ketika diterbangkan bersama dengan drone secara otonom.


1. SEKTOR MINYAK DAN GAS

Melakukan inspeksi tangki minyak dan gas juga inspeksi ruang tertutup lainnya sangat berbahaya,dan berisiko. Teknologi Hovermap yang dipasangkan dengan drone dengan aman melakukan penerbangan secara otonom, sehingga dapat menghilangkan risiko kecelakaan kerja.


Hovermap LIDAR yang terpasang dengan drone juga dapat mengidentifikasi anomali atau masalah fungsional pada tangki secara maksimal dalam waktu singkat. Tidak hanya itu, Hovermap LIDAR juga dapat melakukan rekayasa permodelan tangki dalam bentuk tiga dimensi, dan inspeksi visual dari dekat dengan aman tanpa melibatkan pekerja dalam keadaan berbahaya.


2. SEKTOR TELEKOMUNIKASI

Hovermap menjaga jarak antara pekerja tengan objek yang di inspeksi secara aman, agar pekerja dapat mengambil data inspeksi berupa point cloud beresolusi tinggi dengan cepat.


Teknologi ini memudahkan pekerja untuk melakukan inspeksi pemasangan antena, memantau kondisi tower, mengonfirmasi korosi tower serta melakukan analisa struktural pada tower yang tinggi maupun elevasi yang rendah.


3. SEKTOR ENERGI (INSPEKSI SUTET)


Hovermap terbang di sepanjang kabel listrik untuk memeriksa konduktor, isolator, serta keseluruhan bagian dari transmission lines (SUTET) secara 360 derajat. Kemampuan ini diperlukan pekerja untuk mengidentifikasi penambahan jumlah vegetasi disekitar area SUTET, sehingga pekerja dapat mengirimkan informasi ke pusat mengenai perencanaan perubahan lokasi SUTET atau langkah lanjutan lainnya.


Lokasi SUTET yang umumnya berada di area yang sulit mendapatkan sinyal GPS, tidak menghalangi drone yang diintergasikan dengan Hovermap LIDAR untuk melakukan Pengambilan data maintenance dan laporan pemasangan isolator ataupun korosi SUTET, hal ini dikarenakan Hovermap LIDAR diciptakan untuk dapat beroperasi secara otonom pada area yang dipenuhi oleh vegetasi sehingga sulit menerima sinyal GPS. Fitur Collision Avoidance juga membuat Hovermap LIDAR mampu mengatur jarak aman dengan objek, sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan secara otomatis.


4. SEKTOR KONSTRUKSI

Metode pemeriksaan struktur vertikal pada objek konstruksi yang sudah ada saat ini kurang menjamin keselamatan pekerja dan kualitas data inspeksi yang rendah. Kondisi ini tidak cocok untuk menghadapi persaingan bisnis, dikarenakan sektor konstruksi harus mengumpulkan data inspeksi dalam waktu singkat.


Drone yang diintegrasikan dengan Hovermap LIDAR dapat diterbangkan ke lokasi konstruksi, dengan mudah. Penerbangan drone kedalam objek konstruksi seperti jembatan dan terowongan dapat menjaga pekerja tetap aman dan terhindar dari risiko kecelakaan. Pekerja dengan mudah dapat melakukan inspeksi untuk melihat keadaan poros terowongan hanya dalam lima menit, mengukur elevasi dari setiap poros, sekaligus melakukan inspeksi geoteknik dalam waktu singkat.


5. SEKTOR PERTANIAN

Teknologi Hovermap LIDAR banyak digunakan dalam ilmu pertanian, perkebunan dan kehutanan untuk mendapatkan data ketinggian dan diameter pohon, mengidentifikasi kesehatan tanaman, serta memperkirakan luas dan produktivitas tanaman. Pemantauan kendisi lahan dengan menggunakan helikopter ataupun metode pemantauan konvensional lainnya mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu, akurasi data inspeksi yang diperoleh juga rendah, dikarenakan kawasan agrikultur rentan tertutup oleh awan atau objek yang lebih tinggi lainnya.


Hovermap, sebagai platform LIDAR berbasis drone lebih hemat biaya serta menawarkan operasi yang lebih fleksibel untuk menginformasikan keputusan pengelolaan inventarisasi kawasan hutan dan tanaman yang lebih baik, mengetahui karakteristik struktural volume tanaman, mendeteksi hama dan penyakit, mengestimasikan hasil panen, memantau pertumbuhan tanaman serta menciptakan manajemen perkebunan yang lebih efisien untuk jangka panjang, melihat siklus pertumbuhan tanaman dan berbagai efek dari perlakukan pupuk terhadap tanaman tersebut.


6. INSPEKSI PELABUHAN


Metode pengambilan data serbaguna Hovermap memungkinkan pemindaian infrastruktur di atas dan di bawah dermaga dengan gangguan minimal selama operasi penerbangan. Selain itu, teknologi Hovermap LIDAR juga unggul untuk menghasilkan satu set data lengkap untuk diproses lebih lanjut.



7. DIGITAL TERRAIN MODEL ("DTM")


Digital Terrain Model ("DTM") adalah representasi 3D permukaan, diperoleh dari data ketinggian. Dengan Hovermap LIDAR, operator dapat memperoleh data vegetasi untuk mengidentifikasi permodelan banjir dan drainase, mengidetnfikasi penurunan permukaan tanah, studi geologi serta menganalisa penggunaan dan pengelolaan lahan.


8. SEKTOR TAMBANG


Menggunakan Hovermap untuk scan stockpile menjaga operator drone pada jarak yang aman dari alat berat dan dengan cepat menghasilkan data untuk pelaporan perhitungan volume tambang. Data point cloud yang dihasilkan secara terukur dengan Hovermap akan menganalisa kemiringan dan stockpile tambang.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #oilindustry, #LIDAR, #SUTET, #telekomunikasi, #perkebunan, #agriculture, #construction, #forestry #konstruksi, #minyakdangas #tanaman #inspection #dronesforgood #dronesurvey #hovermap #droneindoor #droneoutdoor #tambang

127 views0 comments