• Halo Robotics

7 Keunggulan Multispectral Data, Plus Rekomendasi Drone Terbaik Untuk Pertanian



Data multispectral mampu menghasilkan banyak output dan outcome untuk sektor-sektor yang membutuhkan yang belum banyak diketahui, untuk itu agar mampu mewujudkan hasil yang dikehendaki, terdapat 7 keunggulan multispectral data untuk memaksimalkan hasil pertanian lengkap dengan rekomendasi drone dan teknologi pendukungnya.


1. MENGANALISA KESEHATAN TANAMAN


Jika mata manusia memiliki keterbatasan dalam melihat kesehatan tanaman secara realtime, lain hanya dengan multispectral data.


Sensor multispectral dapat menangkap spektrum pita yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang yang akan menunjukkan tanda stres pada tanaman lebih awal juga membandingkan kandungan klorofil didalamnya dari waktu ke waktu untuk inisiasi tindakan penyembuhan tanaman dengan segera.


2. ASURANSI PERTANIAN


Sektor pertanian memiliki risiko besar disebabkan oleh kekeringan, bencana alam dan hama karena bergantung pada kendisi alam dan cuaca, untuk itu banka dari pengguna di sektor terkait yang

menggunakan asuransi pertanian.


Pencitraan multispectral berbasis drone dapat mempercepat proses klaim asuransi agar dapat mengurangi dampak kerugian finansial pertanian dengan memberikan informasi yang akurat, sehingga memungkinkan agen asuransi untuk mengidentifikasi dan menentukan tingkat kerusakan lalu menghubungkan klaim asuransi yang tepat berdasarkan area yang terdampak.


3. MENDETEKSI PENYAKIT TANAMAN


Sensor multispectral dapat menyoroti perubahan kecil pada kesehatan tanaman, karena citra multispectral mampu menangkap bagian kritis dari spektrum cahaya untuk mempelajari tumbuhan dengan spektrum pita berwarna merah.


Spektrum merah menandakan bahwa tanaman sedang sakit, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi, memantau, dan melacak penyakit tanaman. Dengan cara inilah sensor multispectral dapat membantu sektor terkait untuk menangkap penyakit lebih cepat dan bertindak lebih cepat untuk menghentikan persebaran.


4. KALKULASI TANAMAN

Sensor multispectral menangkap informasi yang lebih dari sekadar klasifikasi tumbuhan. Keunggulan ini membantu mempersingkat alur kerja pengecekan tanaman.


Informasi-informasi tersebut diantaranya adalah algoritma untuk mendeteksi dan menghitung tanaman, sehingga dapat menghemat jam karja dan memprediksi kalkulasi tanaman dengan tepat.


5. DETEKSI GULMA


Pengendalian gulma yang efisien dalam operasi pertanian sangat penting. Gulma dapat menjadi sarang hama, dan menjadi inang penyakit yang mudah menyebar ke tanaman.


Sensor multispectral dapat mengetahui dimana dan kapan sektor trekant bisa menggunakan herbisida, sehingga dapat memberikan penghematan yang signifikan, tidak hanya dalam mencegah kerusakan pada tanaman tetapi juga dalam meminimalkan jumlah herbicida yang dibeli dan diaplikasikan. Analisis yang dikembangkan dengan data multispektral dapat mengidentifikasi dan menyoroti gulma, karena gulma mungkin memiliki tanda spektral yang berbeda dari tanaman yang ditanam..


6. MONITORING INPUT PERTANIAN


Pupuk merupakan salah satu biaya input tertinggi untuk operasi pertanian dan salah satu aspek yang paling sulit untuk dikelola. Jika diterapkan dalam jumlah yang tepat, akan meningkatkan hasil pertanian. Tetapi jika diterapkan secara berlebihan, selain membuang-buang uang, ini dapat menyebabkan pencemaran sungai dan danau terdekat.


Menerapkan jumlah yang tepat membutuhkan pengetahuan dan informasi. Sensor multispectral tidak hanya memudahkan identifikasi area yang rendah nutrisi tetapi juga membantu memantau efek aplikasi pupuk sepanjang musim dan menentukan kapan dan di mana aplikasi baru diperlukan.


7. MENDETEKSI DAN MEMANTAU TANAMAN YANG KURANG NUTRISI


Kekurangan unsur hara sering menimbulkan gejala seperti klorosis, vigor tanaman rendah, pertumbuhan melambat, dan biomassa rendah. Sebagian besar gejala ini tidak terlihat dengan mata telanjang tetapi mudah terlihat dengan pencitraan multispektral, terutama jika disertai dengan spektrum warna merah.


Sensor multispectral dapat menyoroti gejala kekurangan unsur hara dan membantu petani mengambil sampel di daerah yang paling terpengaruh, seperti gambar diatas, ternyata tanaman bersifat klorotik dan mengsalami kekurangan kalium.


REKOMENDASI DRONE DAN SOFTWARE UNTUK PERTANIAN


Setelah melihat 7 keunggulan dalam menggunakan multispectral data, berikut akan kami rekomendasikan teknologi drone dan software pendukung untuk sektor pertanian.


1. DJI PHANTOM 4 MULTISPECTRAL

DJI Phantom 4 Multispectral memungkinkan sektor pertanian untuk mendeteksi kesehatan tanaman dengan tanda-tanda tertentu untuk mengidentifikasi kondisi vegetasi tanpa terganggu tanpa harus menggunakan pencitraan satelit dan tidak akan terganggu dengan kondisi cuaca.


Selengkapnya tentang fitur drone DJI Phantom 4 Multispectral disini.


2. KAMERA MICASENSE

Sensor multispectral MicaSense hanya membutuhkan sedikit sampel untuk melihat kondisi tanaman secara keseluruhan.


Dengan mengambil sebanyak 5% sampel, sensor multispectral MicaSense dapat membantu sektor pertanian untuk mengumpulkan data survey yang mewakili luas keseluruhan dari kawasan pertanian.


Selengkapnya mengenai teknologi MicaSense serta aplikasinya disini.



3. PIX4DFIELDS


Software Pix4Dfields berfungsi secara maksimal sebagai software yang akan memfasilitasi pekerjaan teknis pemrosesan gambar secara intuitif. Software tersebut menunjukkan kualitas yang teruji saat diaplikasikan di lahan pertanian.


Selengkapnya tentang cerita sukses petani menggunakan Pix4Dfields disini.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #multispectral #drone #technology #planthealth #precisionagriculture #thermal #rgb #precisionfarming #teknologipertanian #datacapture


120 views0 comments