• Halo Robotics

Aplikasi Drone DJI dan Mapping Software Pix4Dmapper untuk Estimasi Hasil Panen



Manajemen tanaman yang baik adalah yang mampu memuat informasi mengenai hasil panen secara akurat. Pemetaan dengan drone DJI dan software Pix4Dmapper telah teruji digunakan oleh banyak sektor pertanian dengan memberikan kontribusi secara konsisten dan berkesinambungan untuk pengembangan sektor pertanian di berbagai negara dengan melakukan penelitian dan mengembangkan teori terbaru untuk pertanian.


INFORMASI PROYEK


  • Luas area: 10Ha

  • Jumlah gambar yang berhasil dikumpulkan: 70.000-80.000 gambar

  • Drone yang digunakan: DJI Phantom 4 series

  • Software: Pix4Dmapper dan ArcGIS

  • Resolusi gambar: 1280x960

  • GSD: 1-4cm

  • Bidang yang lebih kecil: -30m AGL

  • Bidang yang lebih besar -70-80 AGL

  • Spesifikasi komputer: CPU Intel I7

  • GPU: NVIDIA GeForce 1070Ti, 2080Ti, 3070 dan 3090

  • Lama pemrosesan data: Dengan Pix4Dmapper antara 10-30menit


AKUISISI DI LAPANGAN


Perusahaan saat ini mengoordinasikan Proyek OPTIMA H2020 untuk pengembangan sistem pengelolaan hama terpadu yang dioptimalkan untuk mendeteksi dan mengendalikan penyakit tanaman secara tepat pada tanaman tahunan dan sayuran di pertanian terbuka. Selain itu, perusahaan juga telah mengoordinasikan jaringan tematik Smart-AKIS 2020 pada penelitian berbasis inovasi dalam teknologi pertanian pintar dan proyek H2020 GATES untuk pengembangan yang serius untuk adopsi pertanian presisi.


Sudah banyak sekali tanaman yang berhasil diestimasikan hasil panennya dengan drone DJI Enterprise Phantom 4 Series dan software Pix4Dmapper, diantaranya tanaman tomat dan brokoli. Petani yang menggunakan kedua software teresebut, sepanjang musim tanam harus mempelajari korelasi antara setiap pengukuran dan hasil yang tercatat dari ladang selama panen untuk mengembangkan estimasi model pemanenan tanaman.


Hasil panen tanaman tersebut menjadi bagian informasi yang paling penting untuk pengelolaan tanaman dalam pertanian presisi yang berhasil dikumpulkan dengan hanya mengerahkan sedikit alat untuk panen. Estimasi hasil panen yang dilakukan lebih awal memungkinkan petani untuk mengoptimalkan jadwal operasi pertanian, manajemen lapangan, dan keputusan pemasaran produk. Output dari proyek ini memberikan alat yang berharga bagi para petani, memungkinkan mereka untuk memperkirakan pendapatan yang diharapkan dari setiap unit produksi, sementara juga memungkinkan transfer produksi yang efisien dari pertanian ke rantai pasokan makanan.



Tim dilapangan menggunakan template pemrosesan multispectral Pix4Dmapper untuk menghasilkan peta ortomosaik georeferensi dan mengekstrak file raster TIF monokromatik. Mereka juga menggunakan ArcGIS untuk melakukan analisis geostatistik, seperti statistik zona untuk grid eksperimental mereka. Tim dilapangan melakukan penerbanagan drone pada ketinggian yang lebih rendah (30m AGL) untuk lapangan yang lebih kecil dan terbang lebih tinggi (70-80m AGL) untuk yang lebih besar. Hal ini mengakibatkan perolehan GSD sekitar 1 hingga 4cm. Keakuratan GPS UAV mereka berkisar dari 20cm untuk drone khusus hingga kira-kira. 1m untuk yang komersial sederhana.


"Kami menganggap Pix4D sebagai alat yang ideal untuk kasus-kasus di mana sejumlah besar penerbangan diproses dalam tim/grup yang sama, karena efisiensi dan kemudahan penggunaan berbagai model dan saluran yang siap pakai. Selain itu, interfacenya yang mudah dipahami, ideal bagi semua petani untuk dengan mudah mampu memahami pekerjaaan pencitraan estimasi hasil panen dengan software tersebut membuatnya ideal untuk siswa yang baru mulai bekerja dengan citra UAV."


Feel free to discuss with us and get your suitable drone for your farming on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #drone #agriculture #dronesoftware #dji #djienterprise #pix4d #pix4dmapper #survey #mapping #precisionfarming #pertanian #pertanianmodern #teknologipertanian #precisionfarming #multispectral

13 views0 comments