Drone DJI Untuk Cegah Illegal Logging di Hutan

Keywords: DJI, Drone, Forestry, Kehutanan, Polisi Hutan, Patroli Hutan, Illegal Logging


Forestry/Kehutanan masih termasuk kedalam sektor Pertanian, dimana penggunaan drone untuk sektor ini mulai banyak bermunculan mengingat kontur wilayah untuk kegiatan kehutanan (Patroli Hutan) yang sulit dijangkau oleh Manusia, maka penggunaan drone digunakan, untuk mengefisiensikan waktu, biaya dan tenaga manusia (sumber daya). Produsen drone terbesar di asia, DJI bersama dengan dengan Partner mereka, Halo Robotics akan menjelaskan berbagai drone yang dapat diaplikasikan untuk sektor Forestry (kehutanan).


Potret Wilayah Hutan dengan Kondisi Geografi yang Sulit Dijangkau


Drone pertama yang akan membantu sektor Forestry (Kehutanan) adalah DJI M300 RTK. Drone tipe tersebut memiliki fitur kamera termal yang diintegrasikan dengan payload Zenmuse. Kamera termal dibutuhkan untuk membantu melihat keadaan kawasan hutan beserta ekosistem (Hewan dan Tumbuhan) di dalamnya pada Malam hari, agar dapat menghindari tindakan pencurian kayu hutan (illegal logging) oleh Oknum yang tidak bertanggung jawab juga dapat berfungsi melihat titik api saat terjadi kebakaran Hutan.



Drone DJI M300 Untuk Patroli Kawasan Hutan


DJI M300 RTK juga memiliki durasi terbang yang lama, hingga satu jam. Durasi terbang ini memungkinkan Polisi Hutan untuk memantau kawasan yang luas. Selain itu, DJI M300 RTK juga dilengkapi dengan sertifikat IP44, sehingga mampu terbang dikawasan Hutan meskipun cuaca sedang buruk.


Drone DJI M600 Untuk Survei Kawasan Hutan


Drone selanjutnya yang cocok untuk sektor Forestry (Kehutanan) adalah DJI M600. Drone tersebut dapat diintegrasikan dengan teknologi LIDAR untuk memantau deforestasi yang terjadi di kawasan Hutan, dengan durasi terbang hingga tiga puluh delapan menit sehingga dapat membantu Polisi Hutan mencegah terjadinya alih fungsi hutan yang semakin marak.


.Kawasan Hutan yang Diamati dengan Menggunakan DJI M600 dan LIDAR


Skenario hasil dari Kawasan Hutan yang diamati menggunakan drone DJI M600 yang terintegrasi dengan LIDAR, dapat membantu Polisi Hutan atau Pihak Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) melihat topografi lahan basah, mengklasifikasikan lingkungan Hutan, mendeteksi pertumbuhan tanaman hutan dan memperoleh data statistik cakupan Pepohonan di kawasan Hutan.


Drone DJI Phantom 4 RTK


Jika Polisi Hutan ingin menggunakan drone yang dapat Memetakan Kawasan Hutan setelah terjadi bencana alam, maka DJI Phantom 4 RTK bisa menjalankan fungsi tersebut. Drone DJI Phantom 4 RTK mempermudah Polisi Hutan untuk mengambil data melihat keadaan pasca bencana kebakaran hutan untuk melihat kerusakan kawasan secara komprehensif, baik lewat pemetaan dua dimensi maupun tiga dimensi.


Demikian rekomendasi drone dari DJI yang dapat digunakan untuk sektor Forestry. Apapun drone yang dipilih, yang terpenting adalah Pesawat Tanpa Awak tersebut mampu memberikan spesifikasi yang menguntungkan dan berpotensi menghasilkan efisiensi sumber daya untuk sektor Kehutanan (Forestry).


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: DJI, Drone, Forestry, Kehutanan, Polisi Hutan, Patroli Hutan, Illegal Logging


129 views0 comments