• Halo Robotics

Aplikasi Smart and Safe Mining Operations dengan Drone DJI Enterprise

Drone komersial dari DJI seperti DJI M300 RTK, payload Zenmuse H20 series berperan penting untuk maksimalkan aplikasi smart and safe mining operations, mulai dari persiapan hingga melakukan pemeriksaan perimeter serta analisa kemungkinan blindspot serta kesalahan-kesalahan dilapangan saat melakukan operasi dan pengawasan tambang yang aman untuk pekerja serta lingkungan sekitar.

DJI M300 RTK dan payload Zenmuse H20 series untuk operasional tambang


Investasi drone komersial DJI beserta payload pendukungnya untuk sektor tambang dinilai oleh banyak perusahaan kompetitif untuk jangka panjang, karena tidak terdapat risiko berbahaya serta kecelakaan kerja bagi personel dilapangan. Alih-alih demikian, drone DJI M300 dan payload Zenmuse H20 justru lebih hemat biaya untuk perencanaan blasting zone dengan metode yang lebih sederhana.


Drone DJI M300 RTK menjadi standar baru bagaimana drone komersial di sektor pertambangan dapat melakukan pengujian dilapangan dengan baik. fitur istimewa drone DJI M300 paling aman untuk manajemen operasi tambang yang lebih hemat biaya daripada operasi peledakan secara terjadwal.


Untuk manajemen operasi tambang yang lebih baik, 2 unit drone DJI M300 RTK digunakan untuk survey berkeliling tambang untuk 4 tujuan, diantaranya:


  • Make sure bahwa safety dari persiapan pre blasting tercover dengan baik

  • Hilangkan seluruh blind spot

  • Controling dan alokasi penempatan personel sesuai pos-pos mereka dengan tepat

  • Inspeksi peralatan pasca proses peledakan


Safe and Smart Mining Operations Using DJI M300 RTK

1 jam sebelum persiapan peledakan tambang, drone DJI M300 RTK ditugaskan untuk monitoring area di sekitar lokasi tambang terlebih dahulu, untuk melihat berbagai perspektif dari setiap lokasi.


Pengguna harus memerhatikan durasi terbang drone DJI M300 RTK. Akan tetapi, pengguna tidak perlu terlalu khawatir akan kondisi cuaca dilapangan. Hal ini dikarenakan, drone DJI M300 RTK mampu bertahan pada 6 kondisi cuaca ekstrem, dengan durasi waktu tertentu* sehingga dapat diandalkan dan lebih efektif untuk operasi survey, inspeksi serta pemetaan pada area yang kompleks, salah satunya di sektor pertambangan.

2 unit drone DJI M300 RTK dipersenjatai dengan baterai TB60, dengan demikian berarti pengguna di sektor pertambangan memiliki 2 set baterai yang cukup untuk pemantauan perimeter selama dua jam.


Selain itu, dengan manajemen baterai yang benar, kapasitasnya akan lebih dari cukup untuk digunakan menilai kondisi peralatan tambang. Smart battery pada drone DJI M300 RTK saat penggunaanya harus dijeda selama 5 menit sebelum mengganti baterai satu dengan yang lain, agar pergerakan drone tersebut tetap stabil diketinggian tertentu

Selama pengujian, drone dikendalikan dari kantor pertambangan. Lokasi ini cocok untuk menjaga jarak aman dari lokasi peledakan.


Selain itu pada tambang terbuka, jarak yang aman akan meningkatkan visibilitas langsung antara drone dan area peledakan. Tidak perlu pengujian peledakan diluar jarak 2km, karena kemampuan drone DJI M300 RTK cukup untuk capture indikator yang diperlukan di zona 2km atau kurang dari itu.


Safe and Smart Mining Operations Using DJI M300 RTK + Zenmuse H20 Series


Solusi lengkap DJI M300 RTK plus Zenmuse H20 series kuat untuk survey dan inspeksi di lokasi tambang yang tidak terjangkau oleh sinyal GPS. Kualitas gambar yang ditransmisikan akan lebih detil. Kecepatan transmisinya menjadi acuan standar baru untuk perencanaan blasting yang aman. Transmisi sinyal video ke layar respons seperti monitor atau TV dimungkingkan. Jika ingin lewat HDMI, opsi ini bisa juga digunakan apabila operator berada di dekat gedung. Karena drone itu sendiri pada dasarnya adalah platform untuk memasang berbagai peralatan yang kompatibel (hingga 2,7kg) dengan fungsi dan kemampuan yang berbeda, hanya drone DJI M300 RTK dan payload Zenmuse H20T yang punya kapabilitas tinggi untuk pencitraan termal blasting area, walaupun pakai kamera dengan fokus yang panjang, pengguna tetap punya hasil inspeksi area tambang yang detil.



Dengan mode cerdas yang tersedia pada Zenmuse H20T, interface kamera zoom optik mengukur jarak antara operator tambang di zona yang berbeda dengan drone dari jarak 1.5km dengan maksimal zoom tanpa ada misakurasi data.


Kamera juga memungkinkan sinkronisasi penuh pengintai laser dengan sensor yang diintegrasikan ke dalam suspensi kamera. Ini memungkinkan koordinat objek ditampilkan langsung di layar.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #smartmining #workersafety #safemining #miningoperations #djim300 #zenmuseh20 #djienterprise #m300rtk #tambangupdate #teknologitambang #blasting #openpitmine



81 views0 comments