• Halo Robotics

Cara Evaluasi ROI dengan Drone Inspeksi dalam Heavy Industry



Sebagian besar industri menganggap bahwa tingkat ROI yang tinggi berhasil mereka dapatkan setelah pakai drone DJI Enterprise. Mereka setuju bahwa hilangnya non productive time secara dramatis pada inspeksi dan manajemen aset industri berperan penting untuk tingkat ROI itu sendiri.


Tingkat Return On Investment (“ROI”) yang dihasilkan dari drone komersial DJI diberbagai industri ecara klasifikasi dibagi menjadi dua kategori, diantaranya Reduction in direct costs dan reduction in asset downtime, ketika dibandingkan dengan manajemen asset dan inspeksi secara tradisional. lewat peningkatan efisiensi dan keamanan yang secara signifikan dalam akuisisi data berbasis drone.


Dalam artikel ini, kita bersama akan memperoleh insight-insight baru dari penggunaan teknologi drone DJI Enterprise untuk inspeksi dana manajemen aset, mulai dari pengembalian ROI, hilangnya direct cost serta downtime aset diberbagai industri.


1. 50% Penghematan Biaya Inspeksi Powerline


Inspeksi saluran listrik bukanlah hal yang mudah. Namun, bagi operator jaringan transmisi nasional Swiss, Swissgrid, ada tiga tantangan diantaranya, jaringan luas berada di sepanjang 6.700km jalur transmisi yang melintasi pegunungan Swiss bermedan curam serta kondisi cuaca yang buruk.


Keadaan itu membuat proses inspeksi menjadi lebih sulit. Selain itu, infrastruktur yang sudah tua juga harus di inspeksi secara rutin. Namun, perusahaan tersebut memutuskan untuk pakai drone DJI yang mendukung fungsi RTK, seperti drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced untuk lakukan inspeksi powerline di saluran tegangan tinggi dan menengah sebanyak 65 tiang di jalur 50KV. Penerbangan berlangsung aman, deteksi anomali berhasil ditemukan, dan yang terpenting mereka bisa menyelesaikan inspeksi dalam waktu 3 hari saja, setelah sebelumnya dengan cara konvensional inspeksi bisa dilakukan hingga 7 hari.


2. 15x Skalabilitas Inspeksi Otomatis di Sektor Utilitas


China Southern Power Grid (“CSG”) yang dikelola dan ditempatkan kabel listrik di 5 provinsi di wilayah selatan China, antara tahun 2015 dan 2018 armadanya secara internal berhasil menambah kuantitas kabel listrik yang diinspeksi hingga jumlahnya 15x lipat dengan drone DJI Enterprise, sehingga mereka bisa menginspeksi sebanyak 6000 unit powergrid dan terus bertambah setiap tahunnya.


Fitur-fitur A.I yang dimiliki oleh drone DJI Enterprise secara otomatis dapat memeriksa 36 menara dengan 3 titik pendaratan serta tingkat eror yang minimal. Integrasi A.I berarti bahwa drone mampu mengirim kembali visual dari anomali atau kecacatan objek yang teridentifikasi secara real-time.


3. Penghematan Waktu 15 Menit untuk Inspeksi Perusahaan Minyak dan Gas


Kilang minyak perusahaan Shell Texas, Amerika Serikat seluas 2300 hektar diinspeksi dengan drone DJI Enterprise sejak tahun 2016.


Drone tersebut berhasil melakukan inspeksi secara terjadwal, termasuk maintenance ujung suar dan atap tangki hingga 47 unit per minggu, sehingga pekerja tidak perlu lagi tebak-tebakan dalam capture dan analisa gambar tangki yang diambil. Waktu pengambilan gambar juga lebih hemat 15 menit untuk inspeksi 47 unit, dibandingkan dengan teknologi konvensional.



Di Indonesia, Halo Robotics bersama dengan perusahaan Pertamina, menggunakan drone DJI M300 RTK dan payload LIDAR Zenmuse L1 untuk lakukan preventive maintenance agar secara cepat bisa tentukan lokasi aset yang butuh perawatan dibarengi dengan peningkatakan hasil dan kecepatan aset secara signifikan, sehingga kegiatan inspeksi yang sebelumnya riskan dan perlu biaya yang mahal, jadi kegiatan yang lebih aman dan efisien.


4. Hemat Waktu dan Bahan Bakar untuk Pelacakan Aset dan Logistik


Setiap tahun, DFDS, pemimpin transportasi dan logistik Denmark, memindahkan lebih dari 3 juta trailer dengan stok mereka sendiri dan dari mitra. Pada 2018, perusahaan memutuskan untuk menggunakan drone untuk menemukan dan mengonfirmasi posisi setiap trailer, alih-alih melanjutkan operasi manual yang membosankan.


DFDS menggunakan komputasi A.I pada platform drone DJI Enterprise untuk melakukan inspeksi otomatis. Hal ini menghasilkan penghematan waktu 15 menit untuk memuat dan mengeluarkan trailer dari kapal. Perusahaan juga mampu mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan sebanyak satu ton saat memuat barang ke trailer, yang pada akhirnya menghasilkan pengurangan yang signifikan baik dalam emisi CO2 maupun biaya. DFDS sekarang berencana untuk menaikkan leverage.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #drone #dji #djienterprise #dronesforgood #dronetechnology #returnoninvestment #roi #commercialdrones #dronekomersial #inspection #inspeksi #engineering #maintenance #assetmanagement

7 views0 comments