• Halo Robotics

Bagaimana Teknologi Pencitraan Drone Thermal DJI Bisa Memaksimalkan Keuntungan Operasional Industri?

Pencitraan termal drone DJI semakin mendapatkan popularitas beberapa tahun belakangan ini, untuk itu banyak sekali industri dari berbagai sektor mulai dari pertanian, power atau utilitas, public safety seperti tim SAR, BNPB, BNPD dan pemadam kebakaran yang semakin penasaran terhadap output dan outcome yang dapat diberikan oleh teknologi pencitraan thermal drone DJI sehingga dapat memberikan keuntungan operasional bagi masing-masing industri.


Berikut ini akan dijelaskan manfaat fungsional dari teknologi pencitraan thermal dan drone DJI yang dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan dari berbagai industri.


1. HEAT 101


Panas tidak lebih dari getaran atom, semakin banyak atom yang bergetar, semakin panas statu aset. Saat atom bergetar, mereka menciptakan apa yang dikenal sebagai tanda panas. Tanda panas inilah yang dideteksi oleh kamera pencitraan termal.

Dalam bidang studi termografi, tanda panas dapat dimunculkan dari benda hidup dan benda mati. Ada beberapa fakto kunci tentang termografi yang perlu dipahami terlebih dahulu, Yang pertama dan terpenting, manusia bisa merasakan panas, tetapi Tidak dapat melihatnya karena panas yang terjadi pada gelombang inframerah dari spektrum elektromagnetik. Selain itu, cahaya tampak yang dapat dilihat manusia sebenarnya hanya sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik.


Drone DJI M300 RTK yang dilengkapi dengan payload Zenmuse H20, di sisi lain, digunakan untuk menangkap energi infra merah dan membuat gambar yang sesuai untuk membantu mata manusia melihat dengan jelas pada objek yang dikehendaki. Dapat kita bayangkan, bahwa teknologi pencitraan thermal jika digunakan oleh sektor public safety, dapat mempersingkat waktu pencarian manusia yang terjebak di dalam suatu bencana serta menghilangkan risiko berbahaya bagi personel saat melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.


Selain itu, keputusan untuk melibatkan drone dalam operasi pencarian dan penyelamatan korban bencana alam secara dramatis juga menjadi investasi platform dengan biaya yang murah dan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan melakukan pencarian dengan helikopter yang lebih mahal.


2. SOLUSI UNTUK OBJEK YANG TIDAK MEMANCARKAN TANDA PANAS SECARA AKURAT


Kedua, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua objek memancarkan tanda panas yang akurat. Sejauh mana suatu benda dapat menyerap atau memantulkan panas disebut dengan misivitas dan sangat bervariasi di antara benda-benda. Selain itu, objek dengan emisivitas tinggi, seperti kayu, dapat dengan mudah dideteksi oleh perangkat pencitraan termal, sedangkan objek dengan emisivitas rendah, tidak dapat dengan mudah dideteksi oleh kamera termal.

Dalam pencegahan bencana, teknologi pencitraan thermal dari drone DJI dapat digunakan untuk mengukur suhu panas pada gunung berapi dengan hasil yang 90% akurat tanpa harus repot bagi ahli vulkanologi untuk berjalan jauh ke kawah.


Klik untuk membaca artikel selengkapnya disini


3. SOLUSI MELAKUKAN INSPEKSI SUTET DI KETINGGIAN

Kamera thermal mengukur suhu permukaan suatu objek dan direkayasa untuk mendeteksi perubahan suhu yang realtime, walaupun hanya sedikit perubahannya. Permukaan yang tidak memantulkan cahaya thermal seperti beton, kayu, dan bahkan manusia memiliki tingkat emisivitas yang tinggi, sehingga dapat diukur dengan lebih akurat menggunakan citra termal. Kamera termal terdiri dari lensa khusus yang memungkinkan frekuensi IR melewatinya.


Selain itu, kamera juga menyertakan sensor termal dan prosesor gambar, yang semuanya disimpan dalam wadah pelindung. Kamera biasanya dipasang pada gimbal drone yang berputar hingga 360 derajat dan membantu menstabilkan kamera. Saat drone terbang, sensor termal kamera mendeteksi panjang gelombang inframerah dan mengubahnya menjadi sinyal elektronik. Setelah menerima sinyal, prosesor gambar membuat apa yang dikenal sebagai gambar termogram atau termografi yang terdiri dari peta warna yang menampilkan nilai suhu yang berbeda.


Dalam sektor power, melakukan Inspeksi SUTET secara rutin diketinggian dengan kamera thermal seperti DJI Zenmuse H20T justru menghilangkan misakurasi data yang diperoleh, sehingga penggunaanya bisa dimaksimalkan dari jarak jauh. Selain itu, pekerja tidak perlu lagi menggunakan rope accuses ataupun pengukuran tradisional lainnya dalam melakukan pemeliharaan SUTET. Secara finansial, jika menggunakan pencitraan thermal drone DJI, sektor power dapat menghemat biaya hingga ratusan juta rupiah dalam sekali inspeksi.


4. PERCEPATAN IDENTIFIKASI TITIK PANAS PADA SAAT KEBAKARAN

Drone thermal seperti DJI Mavic 2 Enterprise Advanced memiliki kamera thermal yang mumpuni untuk menemukan titik panas saat terjadi kebakaran. Dengan menggunakan drone tersebut untuk membantu mendeteksi titik panas, maka perusahaan tidak perlu khawatir akan keselamatan karyawannya, karena mereka dapat mendekat ke titik api secara akurat tanpa harus menerka-nerka dimana sumare api berasal.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #drone #dronetechnology #dji #thermalimaging #pencitraanthermal #publicsafety #dronethermal #djimavic2enterpriseadvanced #djizenmuse #industry40 #timsar #bnpb #bnpd #firefighters #damkar #pemadamkebakaran #fastresponse #termografi


58 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)