• Halo Robotics

Confined Space Drone Elios 2 Bantu Perusahaan Hemat 96% Biaya Inspeksi Tangki


Saat ini, inspeksi di confined space tidak lagi akan mendapatkan kendala keterbatasan, seperti mahalnya biaya, perlunya melibatkan personel secara khusus, mencari jasa scafolding atau alat pendukung inspeksi lainnya, serta risiko keselamatan pekerja, dimana confined space drone Elios 2 memberikan penghematan biaya inspeksi hingga 96% dalam pemeriksaan tangki.


Bagaimana Cara Kerjanya?


Inspeksi bagian dalam tangki untuk melihat korosi dan anomali objek dengen Elios 2


Baru-baru ini, perusahaan yang bergerak disektor oil hanya menggunakan 2 unit confined space drone Elios 2 untuk melakukan inspeksi tangki, dimana sebelumnya mereka menghabiskan uang sebesar IDR 500 juta untuk Inspeksi aset secara rutin.


Inspeksi 17 tangki minyak dengan confined space drone Elios 2


Perusahaan diharuskan untuk inspeksi ke 17 tangki tersebut secara rutin. Hal ini dikarenakan, tangki merupakan aset penting yang harus dipelihara agar bisa beroperasi dalam jangka Panjang. Selain itu, perusahaan tidak mau membahayakan personel mereka untuk melakukan Inspeksi rutin tersebut. Apabila tangki tidak diinspeksi secara rutin, perusahaan bisa mengalami kerugian hingga miliaran bahkan triliunan rupiah karena tangki yang kurang terawat bisa meledak sewaktu-waktu.


Kenapa Tidak Menggunakan Scafolding atau Rope Access?


Potret bagian dalam tangki yang berhasil diinspeksi dengan confined space drone Elios 2


Sebelumnya, inspeksi biasa dilakukan dengan membangun scafolding setinggi 20 meter di seluruh tangki. Saat berada di scafolding, inspektur diikat dengan tali untuk memastikan keamanannya, tetapi ketinggiannya masih menimbulkan risiko keselamatan. Bahaya lain untuk menggunakan pendekatan manual ini untuk inspeksi adalah kedekatannya dengan bahan yang sangat mudah menguap. Inspektur harus memakai explosimeters setiap saat ketika berada di dalam tangki untuk mendeteksi uap gas yang dapat menyebabkan percikan api, nyala api, atau ledakan. Setelah inspektur berada di atas scafolding, akan menjadi rumit dan berakibat pada kejadian buruk, jika salah satu explosimeter mereka mendeteksi tingkat uap yang berbahaya.

Selain berbahaya, menggunakan scaffolding untuk inspeksi tangki memakan waktu dan mahal. Diperlukan waktu selama satu minggu untuk membangun scaffolding dan satu minggu lagi untuk membongkarnya. Biaya sewa scafolding visa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Selain itu tangki sebelumnya perlu dikosongkan selama proses maintenance dan pemeriksaan, sehingga menghasilkan kerugian sebesar 28juta per jamnya. Bisa anda bayangkan bukan biaya yang harus dihabiskan? apakah efektif untuk perusahaan? jawabanya tidak.


Menggunakan Elios 2 untuk inspeksi, scafolding hanya diperlukan jika ditemukan masalah yang perlu diperbaiki, dan kemudian hanya harus dibangun di lokasi tertentu di mana perbaikan tidak perlu dilakukan pada seluruh bagian tangki.



Bagaimana hasilnya? Apakah menghasilkan efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi?


Hasil identifikasi anomali degna confined space drone Elios 2 dan software Inspector 3.0


Elios 2 memungkinkan tim inspeksi tangki untuk melakukan inspeksi tangki hanya dalam empat jam, bukan dua minggu yang diperlukan inspeksi manual. Selain lebih cepat, menggunakan Elios 2 jauh lebih murah daripada pendekatan manual. Biaya gabungan untuk membangun perancah dan menjaga kapal tanker tetap kosong selama inspeksi manual adalah ratusan juta rupiah. Dengan menggunakan Elios 2, inspeksi dilakukan tanpa scafolding dalam waktu yang jauh lebih singkat, menghasilkan penghematan pengurangan biaya yang sangat besar sebesar 96%.


Feel free to ask us questions anytime on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #confinedspace #inspection #elios2 #inspeksi #engineering #inspector #engineeringlife #heavyindustry #tangki #confinedspacetraining #droneindoor


5 views0 comments