• Halo Robotics

Definisi Orthomasics serta Orthomosaics Map plus Orthophoto


Metode penginderaan jauh saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat, sehingga pengetahuan setiap orang terhadap kualitas foto yang tinggi dari pemetaan udara dituntut untuk selalu diupgrade setiap harinya, sehingga dapat memenuhi faktor signifikan untuk efisiensi dan standar kualitas produk pemetaan seperti digital elevation model dan orthopoto.


Artikel ini akan membahas mengenai definisi orthomosaics lengkap dengan orthomosaics map dan penjelasan terkait orthophoto.


Apa itu Orthomosaics?


Orthomosaics adalah satu kesatuan foto udara yang dibuat dari mosaik foto-foto udara yang telah terkoreksi geometrinya, dengan skala yang seragam disemua areanya dan nilai distorsi yang tetap. Jika dijelaskan dengan lebih sederhana, orthomosaics mirip seperti google earth, tetapi punya hasil gambar yang lebih tajam, contohnya: gambar disamping adalah gambar besar berkualitas peta dengan detil dan dibuat dari gabungan banyak gambar kecil yang disebut dengan orthophotos.


Jadi, apa itu Orthophotos?


Orthophotos merupakan data yang menjadi acuan dasar untuk bisa digunakan untuk pemetaan skala besar, karena bisa memberikan gambaran permukaan bumi. Elemen terpenting yang perlu diperhatikan dalam setiap pembuatan orthofoto tersebut adalah ketelitian informasi terkait pemetaan.


Perbedaan Normal Photo vs Orthophotos



Perbedaan utama antara foto udara normal dan ortofoto berasal dari segi perspektif dan akurasi. Foto udara normal mempunyai tampilan perspektif, sehingga kita dapat melihat sisi bangunan dan objek lainnya, dan perspektif berubah tergantung di mana foto itu diambil.

Orthophoto, di sisi lain, adalah apa yang disebut "orthorectified", yang dikoreksi secara geometris untuk tampilan perspektif, bersama dengan distorsi lensa dan sudut kamera, untuk menciptakan tampilan lurus ke bawah yang sempurna dari semua objek dalam frame seperti di Google Earth.


Bagaimana Aplikasi Orthomosaics?


1. Mendapatkan Informasi atau Gambaran Penting Skala Luas


Orthomosaics dengan software yang tepat akan menciptakan tampilan terbaru dar gambaran yang besar. Salah satu kasus penggunaan utama untuk orthomosaic adalah mendapatkan tampilan terbaru dari area yang luas. Google earth memang sangat membantu, tetapi seringkali citranya sudah ketinggalan zaman. Proyek pengembangan baru anda dapat selesai, proyek konstruksi baru dapat berlangsung, atau lanskap dapat berubah seketika ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Penguna di sektor konstruksi juga menginginkan tampilan properti yang diperbarui untuk melihat kesesuaian dengan kebutuhan mereka. Apapun alasannya, orthomosaics adalah cara terbaik untuk menggabungkan gambar udara untuk tampilan terbaru dari objek yang hendak dijadikan pengambilan data.


2. Monitor Kesehatan Tanaman


Industri pertanian juga melihat manfaat besar dari orthomosaics. Drone khusus memiliki kamera multispektral yang mengumpulkan data dari pita cahaya tertentu, seperti red, green, blue, red-edge dan near infrared. Data tambahan dari sistem kamera multispectral bersama dengan kemampuan yang bagus akan menghasilkan peta orthomosaic, memungkinkan petani untuk mendapatkan pemahaman rinci tentang kesehatan vegetasi mereka dengan indeks NDVI. Mereka dapat menggunakan data ini dan menangani area yang membutuhkan perhatian segera dan memiliki musim panen yang lebih produktif.


3. Inspeksi dan Identifikasi Pengukuran Aset Penting Secara Akurat


Bersamaan dengan pemeriksaan tanaman, orthomosaik sangat bagus untuk melakukan pemeriksaan udara pada peralatan dan fasilitas lainnya. Mereka dapat digunakan untuk memeriksa aset penting, instalasi panel surya, bangunan yang runtuh, dan lain sebagainya dengan hasil pengukuran yang terbaik dikelasnya.


For further info, feel free to connect with us anytime on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #surveying #map #mapping #surveyorindonesia #orthophoto #orthomosaic #aerialsurvey #drone #data #dronetechnology #dronesforgood #2dmapping #photogrammetry




.





99 views0 comments