• Halo Robotics

DJI Drone Tingkatkan Produktivitas Akuisisi Data untuk Konservasi dan Pertanian



Teknologi drone DJI Enterprise bawa efisiensi yang lebih baik, lebih cepat, mudah dan ekonomis untuk tingkatkan produktivitas akuisisi data di sektor konservasi dan pertanian. Dalam proses akuisisi data yang dilakukan oleh drone DJI Enterprise, ternyata membawa dampak yang signifikan untuk bantu tingkatkan efisiensi di kedua sektor tersebut.


Berikut akan dijelaskan peran drone DJI Enterprise di dunia konservasi dan pertanian:


PROTECTING ANIMALS FROM ABOVE (PERLINDUNGAN UNTUK SATWA)


DJI Drone berperan penting untuk ilmuwan dan tim peneliti satwa, dengan jadi game changer untuk hilangkan keterbatasan misi pengumpulan data penelitian yang biasanya mahal dan tidak realistis, saat ini bisa dikerjakan sendiri tanpa harus libatkan banyak pihak yang punya banyak uang untuk dikerjakan sendiri, jadi mudah untuk akuisisi data dan patroli satwa di kawasan darat dan laut secara independen.


Sebagai contoh, penelti menggunakan drone DJI Inspire untuk akuisisi data ikan paus yang ada dilautan. Cara ini dinilai oleh peneliti sebagai metode brilian untuk selesaikan waktu penelitian di tenggat yang sempit. Selain itu, drone DJI juga mampu lacak aktivitas illegal fishing di berbagai negara, termasuk dokumentasi untuk bukti tindakan kejahatan tersebut.


DRONE SAVING LIVING ANIMALS (DRONE LINDUNGI HEWAN KETIKA SITUASI DARURAT)


Untuk pemberian dukungan pada misi yang sifatnya darurat di dunia konservasi, drone DJI sudah digunakan oleh beberapa LSM di berbagai negara untuk cegah perburuan satwa liar dan punya daya dukung yang 2x lebih cepat dalam misi penyelamatan hewan dari peristiwa bencana alam.


Fitur yang digunakan adalah kamera thermal pada payload DJI Zenmuse H20T. Payload tersebut sukses untuk deteksi pemburu hewan yang beroperasi di lingkungan yang gelap . Selain itu, drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced dan DJI M600 juga digunakan untuk deteksi titik api ketika terjadi peristiwa kebakaran hutan di Australia yang mengancam keselamatan satwa koala disana dengan identifikasi tanda panas yang keluar dari hewan, untuk tindakan cepas pindahkan hewan tersebut pada operasi penyelamatan satwa.


DRONES MAPPING SENSITIVE ENVIRONMENT (PEMETAAN DRONE UNTUK LINGKUNGAN SENSITIF)


Lingkungan yang sensitif adalah area dengan kategori risiko bahaya tinggi jika dilakukan pemetaan secara tradisional. Tindakan pemetaan dengan drone DJI akan berikan isnight-insight baru untuk perencanaan upaya konservasi, gabungkan data-data yang dikumpulkan, dianalisa dan dibandingkan perubahan geografisnya dari waktu ke waktu.


Penggunan drone DJI M600 di daerah sumatera misalnya, drone diberdayakan untuk analisa kerusakan hutan hujan yang diakibatkan oleh banyaknya perkebunan sawit ilegal dan penebangan hutan secara liar. Selain itu, tim dari Harvard juga pakai drone DJI M600 dengan memberikan payload deteksi bahan kimia sehingga mereka bisa lakukan pengumpulan data bagaimana pemanasan global bisa memengaruhi tanaman di wilayah tersebut.


DJI DRONES FOR SMART FARMING (DRONE DJI UNTUK SMART FARMING)


Drone bantu sektor pertanian untuk kurangi dampak negatif dari aktivitas pertanian, sehingga sistem pertanian yang berkelanjutan dapat bertahan. DJI Phantom 4 Multispectral, digunakan oleh petani karena mereka ingin maksimalkan hasil panen ditengah perubahan cuaca dan iklim yang tidak pasti, serta serangan hama dan penyakit yang datang silih berganti.


Drone DJI Phantom 4 Multispectral bantu sektor pertanian buat keputusan cepat untuk rencanakan siklus penanaman, scoring kesehatan tanaman, deteksi hama dan hidrasi tanaman dengan metode yang lebih hemat biaya dan lebih cepat.


Tidak hanya itu, spraying drone DJI, seperti drone DJI Agras T16 dan T20 juga dapat lakukan pemeriksaan kesehatan tanaman secara real time dengan mengaksesnya bersama dengan kamera multispectral. Petani dapat membuat peta Indeks Vegetasi untuk dapatkan informasi kesehatan tanaman yang penting, mendeteksi anomali, dan alokasi sumber daya dengan efisiensi maksimum. Spraying drone DJI juga akan menyemprot tanaman secara presisi terfokus hanya pada tanaman yang butuh perawatan lebih lanjut.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #dji #djienterprise #djidrone #konservasi #pertanian #sensitiveenvironment #dronetechnology #dronesforgood #agrikultur #akuisisidata #modernfarming #modernagriculture #satwa #wildlife #sprayingdrone #agriculture



28 views0 comments