• Halo Robotics

Drone DJI M300 dan Gas Sensor Payload Lakukan Pengukuran Kualitas Udara



Negara dengan jumlah penduduk yang sangat tinggi, menunjukkan bahwa negara tersebut perlu melakukan pengukuran kualitas udara secara rutin, sehingga memastikan bahwa kualitas udara yang ada tetap terjaga dan masyarakat bisa memiliki kualitas hidup yang layak, terutama bagi penduduk perkotaan. Saat ini, Drone DJI M300 RTK dan Sniffer 4D gas payload diperbantukan untuk mengukur tingkat konsentrasi karbon monoksida dan Nitrogen Dioksida di sekitar gedung tinggi saat jam sibuk, untuk memverifikasi kualitas udara di area tersebut.


MENGAPA DRONE DJI M300 RTK DIPERLUKAN UNTUK PENGUKURAN KUALITAS UDARA?



Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, Drone DJI M300 RTK dan Sniffer 4D gas payload dilibatkan untuk memfokuskan penelitian mereka di daerah perkotaan yang padat tanpa alun-alun, persimpangan jalan yang ditinggikan, gedung-gedung tinggi perumahan baru dan lama, dan area terbuka hijau yang luas di dekatnya.

Dari sejarah "penghobi" drone telah berkembang pesat dan sekarang menjadi alat penting yang merevolusi cara kita bekerja di hampir semua sektor industri. Dalam studi kasus khusus ini, di mana pengukuran dilakukan baik di permukaan tanah atau, tidak ada solusi alternatif yang dapat menunjukkan distribusi polutan secara vertikal. Informasi ini bisa didapatkan hanya dengan drone DJI M300 RTK, untuk itu pemantauan kualitas udaa perlu dilakukan secara teratur. Hasilnya, drone mampu terbang dengan durasi yang lama, memungkinka pengukuran yang lebih akurat dan presisi untuk menghasilkan peta konsentrasi gas atau untuk mengidentifikasi sumber polusi di kawasan industri.



Terakhir tetapi tentu tidak kalah pentingnya, dapat merencanakan misi penelitian melalui penerbangan otomatis menghilangkan potensi faktor manusia yang dapat memengaruhi hasil, dimana Drone DJI M300 RTK berhasil terbang dengan baik dan membuktikan platform tersebut bisa diandalkan untuk pengukuran kualitas udara dan melewati tantangan, termasuk keberadaan kabel, tiang, pohon dan telekomunikasi dengan baik.


KEUNTUNGAN PENGUKURAN KUALITAS UDARA DENGAN DJI M300 RTK



Tidak diragukan lagi, drone DJI M300 RTK adalah solusi paling efisien dan efektif untuk inspeksi industri, termasuk pengukuran kualitas udara. Selain itu ada keuntungan lain yang didapatkan jika melakukan inspeksi kualitas udara dengan DJI M300 RTK, diantaranya:



  • Sensor omnidirectionalnya dapat memperingatkan pilot tentang bahaya yang akan datang dan mencegah drone bertabrakan. Pada kesempatan lain, mereka berguna untuk menavigasi ruang yang menantang di malam hari secara aman.

  • Fleksibilitas payload ternyata menjadi fitur yang paling berguna untuk inspeksi yang berguna yang membutuhkan pertukaran muatan yang sering.

  • Sistem transmisi OcuSync Enterprise berkualitas tinggi memungkinkan mereka untuk mempertahankan kendali atas drone setiap saat dalam situasi apa pun.

  • Waktu penerbangan 55 menit adalah kunci untuk pengumpulan data tanpa gangguan, dengan daya tahan baterai yang lama

  • Kapasitas pengangkatan payload hingga 2,7 kg memungkinkan mereka untuk bekerja dengan sistem sensor gas Sniffer4D V2 terpasang yang dapat memindai area yang luas dan langsung menganalisis kontaminasi. Sniffer 4D V2 hanyalah salah satu dari banyak muatan pihak ketiga yang kompatibel dengan M300 RTK

  • Sementara itu, sertifikat IP 45 menunjukkan drone DJI M300 RTK mampu bertahan di segala kondisi cuaca, membuat manfaat dari drone tersebut sangat dihargai oleh tim untuk operasi sepanjang tahun


BAGAIMANA HASILNYA?



Sniffer4D V2 adalah salah satu sistem analisis gas tercanggih di pasaran, yang dapat memindai dan mengidentifikasi beberapa gas yang ada di udara secara real-time dan membuat gambar 3D untuk menunjukkan distribusinya di tempat tertentu. Ini sangat penting bagi drone untuk memahami bagaimana tingkat polusi bervariasi tergantung pada ketinggian dan kedekatan dengan sumber polusi terdekat, seperti jalan yang sibuk.


Data yang diperoleh mengungkapkan bahwa memang ada korelasi antara ketinggian dan konsentrasi CO. Namun, konsentrasi tersebut tidak hanya bergantung pada jarak vertikal dari jalan (ketinggian), tetapi juga pada jarak ke persimpangan jalan layang terdekat. Konsentrasi karbon dioksvda tertinggi terdeteksi pada ketinggian 30-80 meter dari tanah. Sementara itu, konsentrasi karbon dioksvda tertinggi kedja ditemukan di sekitar lampu lalu lintas. Hal ini disebabkan selama akselerasi mobil yang lebih banyak melepaskan polutan beracun.


KESIMPULAN


Pengujian tersebut menegaskan bahwa tingkat polusi yang komprehensif tidak hanya bergantung pada ketinggian, tetapi juga bervariasi berdasarkan ketinggian (seperti dalam jumlah lantai) dari gedung-gedung terdekat dan kedekatan dengan jalan dan lampu lalu lintas di mana akselerasi mobil menyebabkan lebih banyak CO dan NO2 yang akan dilepaskan di udara. Karena Kota dan Komunitas Berkelanjutan terus menjadi tujuan penting dalam Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, mengandalkan drone untuk pemantauan gas udara dan misi resmi untuk mengendalikan emisi di kawasan industri.


Questions? Feel free to connect with us on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #drone #djienterprise #djimatrice #djim300 #djim300rtk #dronepayload #djidrone #droneterchnology #airpollution #bmkg #publicsafety #climatechange




4 views0 comments