• Halo Robotics

Drone DJI Melakukan Survey, Mapping Area Dan Melakukan Penyelamatan Saat Banjir & Tanah Longsor


BUSINESS SUMMARY

Drone DJI memainkan peran penting dengan melakukan survey, mapping untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya bencana serta mempersingkat waktu pencarian dan evakuasi korban pada peristiwa banjir dan tanah longsor, dengan mengidentifikasi dan menemukan jalan pintas untuk membuka akses rute evakuasi korban bencana alam, meskipun banyak melalui medan berat, petugas SAR merasa pekerjaan meraka lebih ringan dan lebih cepat ketika melakukannya dengan drone DJI.


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN


Dalam misi survey, mapping serta pencarian dan penyelamatan pada musibah banjir dan tanah longsor kali ini, tim menggunakan beberapa teknologi diantaranya sebagai berikut:

Drone DJI Mavic 2 Enterprise dan DJI M300 RTK


Selain kedua drone diatas, payload zenmuse H20 series juga digunakan untuk mempercepat proses identifikasi bencana lalu data-data yang dikumpulkan akan diproses dan dianalisis dengan software DJI Terra untuk membuat 3D modelling area yang terkena wilayah bencana.


KOLABORASI TEKNOLOGI DRONE DJI UNTUK MEMBANTU MELAKUKAN POST ASSESTMENT SETELAH TERJADINYA BENCANA Setelah tiba diarea bencana, tim segera melakukan capture gambar dari udara untuk mengidentifikasi area yang tarpapar bencana dengan memanfaatkan pencitraan termal untuk mencari dan mengevakuasi bencana. Teknologi drone DJI akan menghasilkan pencitraan 3D yang detil untuk mengidentifikasi kerusakan dan melakukan rekonstruksi pasca bencana.


SURVEYING AND DAMAGE ASSESSMENT


Rekaman survei dan penilaian kerusakan yang diambil menggunakan drone matrice 300RTK + H20T vs menggunkan satelit


Dengan cepat, drone melakukan pengambilan gambar untuk mengamati lanskap dan menilai kerusakan yang telah terjadi. Setelah mengudara, drone melakukan streaming rekaman HD 1080p secara langsung ke monitor di pusat komando melalui port HDMI di pengontrol genggam drone.


Keunggulan Ini memberi pemimpin regu pandangan yang lebih luas dari terhadap area yang terdampak bencana dan membantu mereka membuat keputusan lebih akurat untuk mendelegasikan kemana tim penyelamat akan dikirim untuk membantu pasca terjadinya bencana. Selain itu, pemimpin regu penyelamat juga dapat menilai secara lebih menyeluruh kerusakan yang telah disebabkan oleh tanah longsor dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai, lebih cepat dan lebih jelas dibandingkan menggunakan pencitraan satelit.


RAPID MAPPING


Peta Lokasi Bencana Yang Berhasil Dipetakan Dengan Drone dan Software DJI Terra


Dengan menggunakan software DJI Terra, tim dapat melihat interpretasi gambar yang sangat presisi secara real-time, daripada gambar satelit tradisional. Karenanya, keunggulan itu sangat berharga untuk membantu petugas membuat keputusan cepat untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa. Setelah dikumpulkan, data kemudian di input ke software DJI Terra dan berhasil memetakan area yang terdampak bencana serta menghasilkan model 2D dan 3D yang komprehensif .


Data ini kemudian digunakan oleh pemimpin tim untuk menilai kerusakan struktural, merencanakan misi penyelamatan, menavigasi bahaya, dan memprediksi area yang mungkin berisiko tarpaper bencana di masa depan dengan cepat. Selain itu, tim juga dapat menggunakan data tersebut untuk membuat peta lahan terperinci yang menyoroti rintangan di sekitar pembangkit listrik tenaga air, sehingga petugas penyelamat dapat menghindari bahaya dan menemukan jalur teraman untuk tim SAR dan para korban.


THERMAL INSIGHT


Saat bencana terjadi di malam hari atau ketika kendisi cuaca kurang mendukung, tim SAR saat ini sudah bisa menggunakan drone DJI untuk menyelesaikan evakuasi para korban tanah longsor dengan melihat mereka menggunakan kemampuan pencitraan termal canggih, sehingga tim dengan cepat dapat melakukan pemindaian lanskap dengan membaca suhu tubuh. Suhu panas yang dibaca akan mempercepat proses evakuasi dapat dilakukan dengan cepat dan lebih banyak orang yang diselamatkan.



POST DISASTER ASSESSMENT AND RELIEF EFFORT RECONSTRUCTION

Setelah bencana berakhir, tim penyelamat menggunakan gambar HD yang dikumpulkan dengan drone untuk melakukan penilaian kerusakan dan mengevaluasi upaya bantuan secara keseluruhan.


Dengan menggunakan software DJI Terra, tim juga menyediakan pemodelan 3D pada area yang terdampak bencana untuk mempermudah melakukan rekonstruksi pasca bencana. Untuk jangka panjang, tim penyelamat juga dapat menggunakan rekaman drone dan pemodelan 3D untuk melatih tim penyelamat baru dalam mengatasi tantangan tanggap darurat di masa depan.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #dji #drone #dronetechnology #basarnas #naturaldisaster #SAR #searchandrescue #survivor #flood #banjir #tanahlongsor

167 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)