• Halo Robotics

Drone Thermal dan Software DJI Terra untuk Survey dan Mapping Gunung Berapi


BUSINESS OVERVIEW


Drone DJI Membantu Ahli Geologi & Vulkanologi Untuk Survey & Mapping Gunung Berapi Dalam Bentuk 3D


Menurut banyak pengamat vulkanologi dan ahli geologi, melakukan pemantauan aktivitas gunung berapi dengan cara konvensional menggunakan metode yang ada pada saat ini termasuk dalam kegiatan yang kompleks dan mahal, alih-alih demikian, drone DJI memberikan manfaat sebaliknya dengan investasi biaya yang minim, cepat, dapat merampingkan man power dan menyederhanakan platform pendukung pemantauan aktivitas gunung berapi menjadi lebih sedikit, serta menghilangkan risiko bahaya bagi pengamat untuk dapat melakukan pemantauan kondisi kawah dari jauh setiap harinya.


BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Ahli geologi dan vulkanologi menerbangkan drone DJI disekitar kawah untuk mengambil banyak foto setiap 2 hingga 3 detik sekali.


Setiap foto-foto yang diambil, akan dikombinasikan menjadi 1 foto untuk membuat 3D modelling. Dalam survey ini, drone DJI mampu mengambil sebanyak 500-600 gambar dalam 20 menit. Setelah selesai melakukan penggabungan foto dan membuatnya kedalam bentuk 3D, mereka dapat memetakan permukaan di area gunung berapi dan melihat perubahan kondisi kawah dan elevasinya secara detil agar masyarakat sekitar dapat mengetahui apakah sebentar lagi gunung tersebut akan aktif atau belum menghadirkan aktivitas vulkanologi dalam waktu dekat ini, setiap kali melakukan pengamatan.


Tidak hanya itu, melakukan survey dan mapping gunung yang masih aktif secara berkala dengan drone DJI juga dapat membantu ahli geologi dan ahli vulkanologi menganalisa dampak yang akan ditimbulkan dari letusan ke pemukiman warga hingga 15 meter.

MANFAAT YANG DIPEROLEH SETELAH MENGGUNAKAN DRONE UNTUK SURVEY DAN MAPPING GUNUNG BERAPI


  • Ahli geologi dan vulkanologi tidak perlu mendekati gunung untuk melihat keadaan panas dikawah

  • Thermal imaging pada drone DJI, membantu untuk mendeteksi panas secara berkala dengan menampilkan suhu dari panas yang dikeluarkan dari bagian kawah

  • Peneliti berhasil melihat struktur dagar gunung dan mendeteksi perubahannya

  • Light colors (merah, oranye dan putih) menunjukkan panas

  • Dark colors (biru dan ungu) menunjukkan area yang berpotensi jadi hot blockslava

  • Sebaran uap panas yang dikeluarkan pada setiap ativistas gunung dapat terlihat secara detil


REKOMENDASI DRONE DAN SOFTWARE DJI UNTUK MEMBANTU AHLI GEOLOGI DAN VULKANOLOGI


DJI PHANTOM 4 RTK

Melakukan aktivitas survey dan mapping dengan drone DJI Phantom 4 RTK, peneliti hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk mendapatkan data survey secara komprehensif, dan pada penggunaan pemetaan terrestrial dapat ditingkatkan secara signifikan karena tim dapat menghemat banyak waktu pemetaan di area yang rawan bencana alam, tanpa harus melibatkan banyak orang untuk memasuki area berbahaya, sehingga proteksi terhadap keselamatan kerja mereka menjadi 3x lebih aman.


DJI M300 RTK PLUS ZENMUSE P1


Drone DJI M300 RTK yang terintegrasi dengan Zenmuse P1 menghasilkan resolusi tinggi dalam menejermahkan akurasi gambar, cocok untuk membuat permodelan orthomosaic 2D dengan tepat, karena fleksibilitasnya yang tinggi dapat memenuhi survey dan mapping area kompleks, seperti gunung yang mengharuskan pembuatan 3D modelling dengan akurat.


Selengkapnya tentang Zenmuse P1 disini


DJI M300 RTK PLUS ZENMUSE L1


Durasi terbang drone DJI M300 RTK yang panjang disertai dengan payload LIDAR terbaik Zenmuse L1, secara efektif dan efisien, menghasilkan representasi point cloud yang akurat untuk survey dan pemetaan di lingkungan yang kompleks.


DJI M300 RTK PLUS ZENMUSE H20

DJI Zenmuse H20 memiliki kamera thermal yang dapat memberikan informasi suhu panas secara realtime dengan cepat.


Suhu panas yang diinformasikan oleh payload tersebut memberikan keuntungan bagi ahli geologi dan vulkanologi untuk mengamati keadaan gunung yang aktif secara rutin dan mencatat perubahan suhunya secara berkala tanpa harus berada di dekat kawah gunung.


SOFTWARE DJI TERRA


Dengan menggunakan software DJI Terra, peneliti dan petugas vulkanologi serta ahli geologi dapat menyediakan informasi mengenai post disaster assessment setelah peristiwa bencana alam terjadi dan menggunakannya sebagai dasar untuk memulai proses rekonstruksi bencana dengan mudah tanpa harus membutuhkan keahlian dari pilot drone profesional.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #Scientist #Volcano #Earthscience #Mountain #Survey #Mapping #3DModelling #SAR #Searchandrescue #BNPB #BASARNAS #BPBD #DJI #Dronetechnology #Dronesforgood #Gunungberapi #Gunungaktif #catasthropicevolution #naturaldisaster #erupsi

20 views0 comments