• Halo Robotics

Perbandingan Confined Space Drone Elios 1 dan 2

Keywords: inspeksi, inspektor, drone, elios, inspection drone, pipa gas, tangki minyak, ledakan tangki, korosi, teknologi, drone, spesialis drone


Dalam setiap pekerjaan di berbagai sektor, proesi Inspektor selalu dihadapkan pada keterbatasan kemampuan tenaga dan sumber daya untuk melakukan inspeksi pada aset-aset yang krusial dan sulit dijangkau, seperti melakukan pemeriksaan pada bagian dalam pipa maupun tangki minyak dan gas, karena keselamatan para pekerja seringkali dipertaruhkan untuk melakukan inspeksi aset tersebut. Meskipun termasuk kedalam kategori aset yang krusial untuk di inspeksi, tangki memiliki dampak yang sangat besar jika sewaktu-waktu mengalami kebocoran yang dapat menimbulkan ledakan, ataupun kerusakan seperti korosi yang berujung pada kerugian finansial perusahaan. Sejalan dengan terdapatnya isu tersebut, teknologi drone bernama Elios diciptakan oleh Flyability dengan menggandeng partnernya yakni Halo Robotics untuk membantu memberikan standar keamanan baru dalam kegiatan inspeksi untuk confined space (area yang terbatas).


Tangki adalah salah satu aset yang paling sulit untuk di inspeksi oleh para inspektor, namun Elios berhasil masuk kedalamnya dan memberikan manfaat pengumpulan data yang luar biasa untuk menghindari kerugian besar karena korosi tangki sekaligus tindakan preventif dari peristiwa peledakan atau kebocoran tangki.
Confined Space Drone Elios Melakukan Inspeksi Tangki Minyak

Tangki adalah salah satu aset yang paling sulit untuk di inspeksi oleh para inspektor, namun Elios berhasil masuk kedalamnya dan memberikan manfaat pengumpulan data yang luar biasa untuk menghindari kerugian besar karena korosi tangki sekaligus tindakan preventif dari peristiwa peledakan atau kebocoran tangki.


Dengan pengalaman yang sudah mature sebagai spesialis drone khusus untuk inspeksi area yang terbatas, Flyability meluncurkan dua tipe Elios, yang masing-masing diberi nama Elios 1 dan Elios 2. Keduanya sama-sama dapat membantu pekerjaan krusial manusia untuk industri minyak dan gas. Seringkali, karena fungsinya yang mirip orang awam cukup sulit menemukan perbedaan dari kedua tipe drone tersebut. Padahal, jika mereka mengetahui perbedaanya, mereka akan menemukan confined space drone untuk melakukan inspeksi aset krusial yang pas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu, Halo Robotics akan menjabarkan komparasi dari Elios berdasarkan spesifikasi-spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing drone.


Tampilan Visual Produk


Elios 1 dan Elios 2 sama sama memiliki rangka, hanya saja penampakan payload pada versi 1 lebih kecil di tengahnya
Tampilan visual Elios 1 dengan payload kecil di tengahnya

Tampilan visual antara Elios 1 dan Elios 2 sama-sama memiliki rangka (frame) dibagian luar yang bertujuan untuk perlindungan drone dari kerusakan, debu maupun benturan saat pengoperasian. Hanya saja, Elios 1 memiliki payload yang lebih kecil pada bagian tengah frame.


Elios 2 memiliki tampilan drone yang lebih kompleks dibandingkan dengan pendahulunya
Tampilan Visual Elios 2

Elios 2 memiliki payload dan tampilan visual yang lebih kompleks di bagian dalam rangka. Payload dari Elios 2 juga sudah mengalami pengembangan dibandingkan dengan versi sebelumnya yakni dengan adanya penambahan kamera thermal dan 4k.


Kebutuhan Area Inspeksi


Elios 1 dapat melakukan inspeksi dengan baik pada area tertutup yang memiliki keterbatasan untuk diakses oleh para Inspektor, salah satunya adalah area pipa gas
Elios 1 Sangat Baik Untuk Inspeksi Ruang Tertutup Seperti Pipa Gas

Elios 1, dapat beroperasi dengan baik jika dioperasikan pada ruangan tertutup yang kompleks dan berdebu serta termasuk kedalam kategori area yang sangat berbahaya untuk para inspektor melakukan inspeksi, salah satunya adalah jalur pipa gas.


Elios 2 dapat memaksimalkan kemapuan terbang dan inspeksinya pada dua kategori area, indoor maupun confined space
Elios 2 Dapat Terbang Dengan Baik Pada Area Indoor dan Confined Space

Elios 2, dapat terbang dan beroperasi secara maksimal pada dua kategori area, yaitu area yang terbatas dari akses keluar masuk manusia serta area indoor yang tinggi, seperti tangki minyak maupun industri kimia


Permodelan Data

Tidak diperlukan pemrosesan pos atau perangkat lunak khusus. Untuk menghindari rintangan, kami menggunakan file video sederhana yang dapat dibaca yaitu pada tablet dari Ground Station. Data penerbangan, video termal, dan Points of Interest (POI) terpilih direkam pada kartu SD khusus
Post Processing Data Dengan Elios 1

Setelah menyelesaikan misi penerbangan dengan Elios 1, Inspektor dapat langsung melakukan pemrosesan data untuk membuat permodelan yang tepat dengan mengambil data penerbangan yang sudah direkam oleh kartu SD.


Elios 2 dapat membuat hasil permodelan inspeksi secara 3D
Kemampuan 3D Modelling Yang Dilakukan Oleh Elios 2

Elios 2 menghasilkan output pembuatan model 3D dari aset yang diinspeksi. Hasil permodelan 3D akan mempermudah para inspektor dalam melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi korosi juga melakukan pengumpulan data laporan maintenance secara rutin dengan mudah.


Kesimpulanya, baik Elios 1 dan Elios 2 memiliki keunggulan pada masing-masing spesifikasinya. Kuncinya adalah, anda bisa menyesuaikan pemilihan drone yang sesuai dengan area juga output yang dikehendaki dari penggunaan drone Elios sesuai dengan kebutuhan industri.


Bagaimana? Apakah anda sudah bisa menentukan pilihan drone yang tepat untuk inspeksi aset? Jika belum, jangan khawatir anda bisa menghubungi kami.


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami lewat kontak dibawah ini

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

13 views0 comments

Recent Posts

See All