• Halo Robotics

Inspeksi Tambang dengan Drone DJI dan LIDAR

Keywords: Drone, LIDAR, Inspeksi, Tambang, Teknologi, Geospasial, Emesent


LIDAR (light detection and ranging) merupakan teknologi baru yang cukup fenomenal di bidang geospasial yang dapat berintergasi dengan baik jika digunakan bersamaan dengan drone saat melakukan kegiatan inspeksi sektor pertambangan. Alasannya adalah, data hasil dari kegiatan tambang tersebut akan digunakan sebagai aset penting dalam mengumpulkan informasi yang memiliki elemen sebagai petunjuk dari lokasi suatu objek, bentuk, serta atribut objek pertambangan. Diharapkan, dengan adanya kegiatan pengumpulan data geospasial dengan teknologi LIDAR dan media drone DJI, setiap data yang ada dapat divisualisasikan secara spasial dan saling terintegrasi satu sama lain pada setiap elemen yang ada.



Gambar 1: Para Pekerja Tambang Memanfaatkan Drone DJI yang Dilengkapi Teknologi LIDAR untuk Pemeriksaan Area Pertambangan yang Lebih Detil, Lebih Cepat dan Lebih Efisien Dibandingkan dengan Inspeksi Area Secara Konvensional

Teknologi LIDAR yang dikombinasikan dengan drone dibutuhkan untuk kegiatan penambangan batubara untuk membuat peta topografi sebagai peta dasar untuk pembuatan peta lainnya yang diperlukan dalam kegiatan penambangan. Alasan mengapa LIDAR lebih efektif untuk kegiatan penambangan batubara dikarenakan seringnya ditemukan berbagai kesalahan dalam perencanaan kegiatan pemetaan. Penyebabnya adalah ketidaktepatan informasi yang diberikan oleh peta topografi yang digunakan, sehingga LIDAR dan drone dijadikan acuan sebagai metode yang tepat untuk menggantikan pemetaan area pertambangan secara konvensional. LIDAR dapat menghasilkan data pemetaan geospasial pertambangan yang lebih detil. contohnya mengumpulkan data ketinggian atau elevasi. LIDAR juga merupakan bentuk kemajuan dalam pemetaan 3D dan pengambilan data geospasial dalam sekali waktu yang lebih cepat dan lebih efisien.


Teknologi LiDAR juga berfungsi sebagai analisa geoteknis pertambangan jangka panjang serta alat untuk mendeteksi tabrakan ketika melakukan pelokalan dan pemetaan secara simultan, sehingga dapat memberikan perusahaan data inspeksi sementara juga memungkinkan drone untuk beroperasi sepenuhnya secara mandiri. Kombinasi LIDAR dan Drone untuk pekerjaan ini sangat memungkinkan para penambang untuk memeriksa tambang dan melakukan pengecekan ranjau, baik sebelum maupun setelah aktivitas peledakan yang direncanakan untuk memastikan struktur tambang stabil sebelum mengirim pekerja tambang lain untuk inspeksi menyeluruh area pertambangan.

Klik disini untuk menemukan informasi produk LIDAR.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888

183 views0 comments