• Halo Robotics

Fitur Drone Thermal DJI dan Penggunaanya oleh Police dan Public Safety



Drone DJI dengan kamera thermal, saat ini banyak digunakan untuk mendukung operasi dari polisi dan public safety, karena kemudahannya untuk mendeteksi objek ataupun subjek secara akurat dalam waktu yang cepat.



Untuk itu, dalam memilih drone thermal, sebaiknya sektor security, seperti police dan public safety mempertimbangkan beberapa fitur yang bisa memengaruhi kinerja dari drone thermal dibawah ini sekaligus mempelajari penggunannya pada operasi tersebut, sehingga drone thermal DJI tersebut bisa menghasilkan efisiensi dan efektifitas operasional dilapangan secara maksimal.


JARAK

Ketika kita menggunakan jangkauan dalam konteks pencitraan termal, istilah tersebut berkaitan dengan spektrum suhu yang dapat dikenali dan diukur oleh kamera. Banyak kamera termal memiliki lebih dari satu pengaturan rentang, membuatnya dapat disesuaikan dalam skenario yang berbeda.

Misalnya, kamera Zenmuse H20T terbaru memiliki 2 interval suhu, satu untuk mengukur suhu yang lebih rendah dari -40 °C hingga 150 °C, dan yang satu lagi mengukur suhu secara akurat dari -40 °C hingga 550 °C. Ini dapat disesuaikan di menu kamera IR aplikasi DJI Pilot dengan memilih “Gain Mode”.


SENSITIFITAS TERMAL (NETD)

Sensitivitas termal juga disebut Noise Equivalent Temperature Difference ("NETD"). Metrik ini mengacu pada perbedaan suhu sekecil mungkin yang dapat dilihat oleh kamera.


Jelas, NETD rendah lebih disukai, karena menunjukkan sistem pencitraan termal yang sangat sensitif. Penggunaanya tergantung pada aplikasi yang ada, tetapi NETD yang rendah akan menghasilkan lebih sedikit noise pada gambar termal Anda dan kejernihan yang lebih baik. Zenmuse H20T yang diintegrasikan dengan drone DJI lain seperti M300 RTK Punya sensitivitas lensa thermal 50mK . @f/1.0.


BIDANG PENGLIHATAN/FIELD OF VIEW ("FOV)

Field of View relatif mudah. Ini berkaitan dengan seberapa banyak pemandangan yang dapat dilihat oleh lensa. Lensa sudut lebar akan menawarkan gambar termal yang lebih berguna saat Anda dekat dengan subjek. Jika Anda mengamati subjek dari kejauhan, lensa yang lebih sempit atau telefoto akan memungkinkan Anda untuk fokus pada bagian tertentu dari pemandangan. Dalam sektor security, fitur ini berguna untuk melacak kendaraan yang dicurigai dan mengidentifikasi nya secara akurat.


RESOLUSI GAMBAR


Sama seperti kamera biasa, resolusi gambar sensor termal ditentukan oleh jumlah piksel yang dimiliki sensornya. Kamera termal pada drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced misalnya, punya resolusi 640x512 dengan frame 30Hz, memungkinkan drone tersebut dapat melihat berbagai objek lebih jelas dari mata manusia, terutama saat malam.


Fitur tersebut akan membantu industri public safety di Indonesia untuk menjalankan operasi penyelamatan ketika bencana terjadi, serta dapat digunakan oleh perusahaan energi geothermal untuk maintenance dan pendeteksian suhu panas pada objek dari waktu ke waktu secara realtime.


SPECTRAL BAND


Setiap kamera termal bekerja melintasi pita tertentu yang diukur dalam mikrometer (μm). Ini menentukan kisaran panjang gelombang pada spektrum elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh sensor kamera. Idealnya, kamera termal untuk aplikasi pemadam kebakaran akan memiliki rentang spektrum gelombang panjang antara 8μm hingga 14μm.


to learn more, please contact us anytime at:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #drone #dji #djienterprise #djidrone #thermal #thermography #thermalimaging #dronetechnology #dronesforgood #police #publicsafety #security #polisi #searchandrescue #basarnas #dronethermal



6 views0 comments