• Halo Robotics

4 Fitur Unik Drone DJI Phantom 4 Multispectral untuk Efisiensi Hasil Pertanian

Melakukan aktivitas bertani atau berkebun dengan menggunakan drone DJI, terutama drone dengan tipe Phantom 4 Multispectral akan menyelesaikan berbagai kendala yang membuat input dan output pertanian tidak efisien, karena drone tersebut memiliki beberapa fitur yang mampu memberikan produktivitas hasil tani menjadi lebih baik dan lebih presisi serta berkelanjutan.



Berikut akan dijelaskan fitur-fitur pada drone DJI Phantom 4 Multispectral yang akan membawa pertanian Indonesia ke arah yang lebih efisien.


MULTISPECTRAL IMAGING SYSTEM


DJI Phantom 4 Multispectral memiliiki 1 Kamera RGB dan 5 rangkaian kamera multispectral Red-Edge (“RE”), Near Infra Red (“NIR), Green (“G”), Red (“R”) dan Blue (“B”). Analisis pencitraan multispectral memungkinkan sektor agriculture untuk mendeteksi dan mengidentifikasi masalah pada tanaman, melakukan pemetaan lahan pertanian, serta mengevaluasi kesehatan tanaman dari sejak tanaman tersebut tumbuh dan hendak dipanen lewat pengukuran fungsi klorofil, serta memisahkan jenis tanaman dengan tanda tertentu untuk mengidentifikasi gulma.

Selain itu, sensor-sensor tersebut juga bermanfaat untuk membantu melihat tanaman yang terjangkit hama, penyakit, jamur, serta melihat kondisi irigasi pertanian dengan lebih sederhana dan lebih efisien dibandingkan dengan pengecekan kondisi tanaman secara manual (tradisional).


RGB AND NDVI VISUALIZATION

Jika pada umumnya kita hanya bisa melihat kesehatan atau kondisi tanaman yang kita tanam hanya dengan menggunakan mata, drone DJI Phantom 4 Multispectral akan membuat penggunanya dapat melihat keadaan tanaman dengan kamera RGB dan sensor NDVI, sehingga pengguna bisa memfokuskan perawatan tanaman hanya kepada tanaman yang kurang sehat, sehingga penggunaan pupuk, herbisida dan pestisida yang dikeluarkan tidak akan terbuang sia-sia.

INTEGRATED SPECTRAL SUNLIGHT SENSOR

Salah satu kelemahan citra satelit adalah bahwa perubahan kondisi cuaca dari satu hari ke hari berikutnya juga mengubah data yang ditangkap setiap hari, sehingga menghasilkan data yang tidak konsisten sehingga memberikan sedikit pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan tanaman.

Drone DJI Phantom 4 Multispectral memiliki sensor sunlight pada bagian atas drone untuk menangkap pancaran sinar matahari, yang akan bermanfaat untuk hasil pengumpulan data yang lebih konsisten. Hal ini dikarenakan, sunlight sensor akan membantu pekerja untuk menangkap informasi kesehatan tanaman yang konsisten sepanjang musim tanam.

CENTIMETER LEVEL PRECISION

Untuk dapat mengambil keputusan mengenai perawatan tanaman di lahan pertanian, seringkali petani mengalami kendala ketika melakukan penyemprotan tanaman, dimana cairan yang disemprotkan kebanyakan terbuang sia-sia sehingga penyiraman pun menjadi kurang presisi.



Untuk itu, drone DJI Phantom 4 Multispectral membantu sektor agriculture untuk menyelaraskan posisi aktual tanaman secara akurat hingga ke tingkat sentimeter, sehingga ketika pengguna ingin melakukan penyemprotan dengan drone DJI Agras T16 atau DJI Agras T20, proses penyemprotan cairan akan lebih akurat dan tepat sasaran.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #multispectral #DJI #djip4multispectral #agriculture #pertanian #farming #sustainableagriculture #multispectralsensor #rgb #ndvi #planthealth

229 views0 comments