Kelebihan dan Kekurangan LIDAR plus Rekomendasi Drone LIDAR untuk Aerial Survey




Bagi para profesional survei dan pemetaan, LIDAR dan photogrammetry sudah menjadi platform yang penting dalam kemajuan teknologi drone yang mengubah cara pengambilan data menjadi lebih eksklusif, aman, dan akurat namun dengan harga yang lebih terjangkau.


Teknologi LIDAR terbaru DJI Zenmuse L1 diintegrasikan dengan Drone DJI M300


DEFINISI LIDAR


LIDAR merupakan singkatan dari light detection and ranging yang bekerja dengan memancarkan gelombang cahaya dan mengukur waktu yang diperlukan untuk memantulkannya kembali dari tanah. Sebagai contoh, teknologi DJI Zenmuse L1 dapat digunakan untuk membangun pointcloud secara akurat sesuai dengan letak objek dan topografinya. LIDAR menggabungkan sistem akurasi GNSS dan IMU yang dapat menafsirkan data-data yang berharga dalam berbagai operasi di pertambangan, kehutanan, pertanian dan konstruksi.


KELEBIHAN TEKNOLOGI LIDAR


Hasil Pemetaan Topografi Dengan Teknologi LIDAR DJI Zenmuse L1


MEMBERIKAN AKURASI ABSOLUT DAN RELATIF

Teknologi LIDAR mencapai akurasi absolut dan relatif untuk permodelan yang lebih baik dan interpretasi yang terlihat realistis, seperti perhitungan ketinggian objek, dan vegetasi yang brada di sekitarnya. Teknologi LIDAR dari DJI memiliki akurasi absolut 5cm dan vertikal 10cm untuk menghasilkan permodelan objek dengan tingkat kesalahan yang kecil.


INTEGRASI DENGAN DATA GNSS DAN KEMAMPUAN PEMETAAN SAAT KONDISI GELAP



Teknologi LIDAR memiliki kemampuan untuk dapat diintegrasikan dengan data GNSS yang menembakkan ribuan laser pulse dari atas, sehingga secara akurat dapat menghasilkan akurasi maksimal untuk pemetaan area vertikal yang kompleks. Teknologi LIDAR dari DJI, juga mampu melakukan pemetaan ketika kondisi cahaya sedang redup atau ketika malam hari, tanpa memerlukan cahaya tambahan.


MENGHILANGKAN KETERBATASAN DALAM MELAKUKAN SURVEY


Teknologi LIDAR DJI, menembus berbagai objek yang menghalangi ketika surveyor sedang melakukan pemetaan di area yang dipenuhi dengan objek-objek tinggi, sehingga ketika digunakan untuk membuat 3D modelling dari hasil interpetasi pointcloud pada objek. Misalnya, seperti pada powerlines, teknologi LIDAR DJI secara lancar mampu menghasilkan akurasi maksimal dari digital twin suatu objek meskipun vegetasi disekitarnya sangat rapat dan tinggi.


MENGHILANGKAN KETERGANTUNGAN PERUSAHAAN PADA TENAGA SURVEY PROFESIONAL


Perusahaan dapat menghilangkan ketergantungan untuk menyewa tenaga kerja pemetaan profesional yang mahal, karena teknologi LIDAR dari DJI dapat dioperasikan secara mandiri tanpa memerlukan keahlian khusus. Tidak hanya itu, pengguna juga data melakukan ekstraksi data yang diperoleh dengan DJI Terra dengan mudah tanpa memerlukan pengawasan dari surveyor profesional.


KEMAMPUAN MENANGKAP OBJEK BERDIAMETER KECIL SECARA DETIL

Intepretasi LIDAR DJI untuk mengidentifikasi ukuran dan anomali pada powerlines berdiameter kecil


Teknologi LIDAR memungkinkan pengguna menangkap objek yang berdiameter kecil secara detil, seperti kabel power. Berkat keunggulan ini, teknologi LIDAR dapat mengumpulkan sampel pointcloud yang rapat lewat pengukuran langsung dilapangan.


KEKURANGAN LIDAR


BIAYA YANG MAHAL VS HASIL YANG DIPEROLEH


Tantangan yang paling jelas muncul ketika pengguna bekerja dengan LIDAR adalah biaya yang dikeluarkan. Akan tetapi, meskipun biayanya cenderung mahal, semua kesulitan dalam operasional dilapangan nyaris hilang, karena investasi yang dibayarkan akan meminimalkan error pengukuran yang dihasilkan.


KAPAN HARUS MEMAKAI LIDAR?


Teknologi LIDAR disarankan untuk surveyor atau ahli GIS untuk melakukan pemetaan di ara yang kompleks pengan tutupan vegetasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan, pengukuran langsung suatu objek dengan teknologi LIDAR dapat menembus bagian cabang dan pepohonan sehingga akan menciptakan point cloud topografi yang akurat.


Teknologi LIDAR digunakan untuk membuat 3D Modelling Jembatan


Selain itu, teknologi LIDAR juga ideal untuk digunakan ketika pengguna melakukan pengukuran objek seperti kabel powerlines yang tipis atau mempunyai diameter yang kecil, ataupun objek besar seperti jembatan tanpa harus melibatkan tenaga survey profesional, sehingga setiap deadline suatu proyek dapat dipenuhi dengan tepat waktu.


SOLUSI DRONE LIDAR TERBARU DARI DJI UNTUK AERIAL SURVEY


DRONE DJI M300 DAN ZENMUSE L1


Teknologi drone DJI M300 yang diintergasikan dengan LIDAR terbaru dari DJI, yaitu Zenmuse L1 memiliki modul Livox, IMU dengan akurasi tinggi dan kamera dengan CMOS 1 Ninchi dan 3 sumbu gimbal yang stabil. Ketika drone DJI M300 digabungkan dengan DJI Zenmuse L1 dan DJI Terra, maka akan membentuk solusi survei yang komprehensif untuk menghasilkan 3D modelling data pada objek dengan detail struktur yang kompleks. Selain itu, kombinasi dari ketiga teknologi tersebut juga akan menghasilkan rekonstruksi visual yang tepat.


Pelajari rekomendasi drone untuk aerial survey dan mapping lainnya disini.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #LIDAR #aerialsurvey #drone #3dmodelling #digitaltwin #pointcloud #3dmapping #surveyor #surveyorindonesia #dronetechnology #DJI #aerialsurvey #aerialphotogrammetry #pointcloud #topografi

694 views0 comments