Kelebihan dan Kekurangan Photogrammetry Plus Rekomendasi Drone Payload Terbaru Untuk Aerial Survey

BUSINESS SUMMARY


Melakukan aerial survey dengan photogrammetry dan menggunakan drone yang didukung oleh payload khusus dapat membantu pengguna menghasilkan data raster dengan cara yang lebih cepat dan akurat untuk megnhasilkan permodelan peta orthomosaic dan 3D untuk beragai industri.


Hasil Pemetaan 3D Dengan Drone Payload Photogrammetry DJI


Namun demikian, terdapat kelebihan dan kekurangan dari melakukan aerial survey dengan photogrammetry dan drone khusus yang harus dipahami dulu oleh pengguna industri, diantaranya sebagai berikut:


KELEBIHAN PHOTOGRAMMETRY


INVESTASI YANG LEBIH TERJANGKAU

Bagian utama dari daya tarik photogrammetry adalah perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi yang mahal untuk mengefisiensikan aktivitas pemetaan. Jika pada metode tradisional perusahaan harus menginvestasikan ratusan juta rupiah untuk software dan hardware pemetaan, drone payload photogrammetry dapat memangkas hingga setengah dari biaya investasi perusahaan untuk melakukan pemetaan dan memproses data tersebut lewat software DJI Terra.


AKSESIBILITAS MAKSIMAL UNTUK MENYEDERHANAKAN ALUR KERJA PEMETAAN


Manfaat pertama photogrammetry adalah pengguna dapat memperoleh akses penuh secara maksimal dalam melakukan pembuatan peta orthomosaic dan 2D dan 3D yang akurat dari jarak jauh dengan drone payload yang memiliki resolusi kamera tinggi.


2D Mapping Menggunakan Drone Payload Khusus Photogrammetry DJI


Keunggulan ini membuat alur kerja organisasi menjadi lebih sederhana, namun tetap menghasilkan pemetaan atau permodelan objek yang memiliki fitur warna yang mudah dikenali oleh pengguna tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan memanipulasi data.


INVESTASI YANG LEBIH TERJANGKAU

Bagian besar lain dari daya tarik Fotogrametri adalah betapa terjangkau harganya. Seperti yang telah kita bahas, memulai berarti menginvestasikan beberapa ribu dolar pada drone kamera profesional dan lebih sedikit dari itu pada perangkat lunak yang Anda perlukan untuk memproses data Anda. Terakhir, Fotogrametri menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel. Bergantung pada tugas yang ada, Anda dapat memiliki kontrol lebih atas trade-off antara kecepatan misi, ketinggian, dan akurasi.

KEKURANGAN PHOTOGRAMMETRY


AKURASI PETA DAN MODEL BERGANTUNG PADA KUALITAS KAMERA DAN DRONE


Kelemahan metode survey menggunakan photogrammetry yang pertama addalah akurasi peta dan model yang sangat bergantung pada kualitas kamera drone dan drone yang digunakan saat penerbangan.


UKURAN SENSOR, RESOLUSI DAN PANJANG FOKUS YANG MEMENGARUHI GSD


Ukuran sensor, resolusi dan panjang fokus seluruhnya memengaruhi ground sample distance ("GSD"), meskipun masih ada faktor ketinggian dari drone dan objek yang diamati yang juga memengaruhi jarak penerbangan, sehingga pengguna akan mengalami kesulitan untuk memberikan hasil pemetaan dengan akurasi absolut ketika tidak menggunakan GSD atau drone yang mendukung RTK dan PPK.


KAPAN HARUS MENGGUNAKAN PHOTOGRAMMETRY?


2D Mapping Menggunakan Drone Payload Khusus Photogrammetry DJI

Investasi yang tidak besar untuk payload photogrammetry, menjadikannya pilihan yang lebih disukai oleh sebagian industri ketika mereka melakukan survey dengan drone, alih-alih menggunakan LIDAR. Selain itu, photogrammetry lebih cocok untuk digunakan pada pembuatan peta orthomosaic dan dapat berkolaborasi dengan drone yang mendukung 3 payload untuk pembaharuan informasi mengenai kemajuan proyek dilapangan dengan biaya investasi yang lebih rendah.

SOLUSI LENGKAP PHOTOGRAMMETRY DARI DJI


DJI DRONE M300 DAN PAYLOAD ZENMUSE P1


Drone DJI M300 sebagai drone yang resisten terhadap berbagai cuaca buruk dan Zenmuse P1 adalah kombo sempurna untuk photogrammetry, karena memiliki full frame dan lensa fokus yang mumpuni untuk membantu aktivitas pemetaan dalam skala besar, serta memungkinkan surveyor untuk menempuh jarak 3 km persegi dalam sekali penerbangan dan mencapai hasil akurasi vertikal 3cm dan horizontal 5 cm tanpa ground control point ("GCP").


PHANTOM 4 RTK

Phantom 4 RTK menawarkan surveyor profesional keseimbangan ideal antara harga, akurasi, dan aksesibilitas. Dengan sensor real-time kinetic (RTK) onboard, foto yang diambil dilapangan secara otomatis akandiberi geotag dan dikoreksi terhadap GCP dengan akurasi tingkat sentimeter.

For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #aerialsurvey #photogrammetry #rtk #ppk #dji #djiphantom4 #djimatrice #payloaddrone #surveyor #GSD #GCP

268 views0 comments