• Halo Robotics

Mempercepat Survey dan Mapping Kawasan Dan Vegetasi Hutan Dengan Drone Serta Hovermap LIDAR


BUSINESS OVERVIEW



Baik di Indonesia ataupun luar negeri, kawasan hutan yang luas selalu menjadi pusat perhatian karena banyak keanekaragaman flora dan fauna didalamnya yang harus di awasi, oleh karena itu aktivitas survey dan mapping dengan teknologi drone serta LIDAR yang lebih cepat dan efisien banyak digunakan karena mampu memberikan penilaian serta informasi-informasi vital yang dibutuhkan untuk memantau kondisi kawasan hutan.


BAGAIMANA CARA KERJANYA?


Salah satu lembaga hutan yang menggunakan drone dan Hovermap LIDAR seperti Interpine Forestry, belakangan ini menggunakan kedua teknologi tersebut setelah memperoleh hasil nyata dalam mengumpulkan informasi-informasi penting ketika melakukan survey dan mapping kawasan hutan.

Hovermap LIDAR awalnya digunakan sebagai handheld platform (pemindai genggam) yang dikendalikan oleh petugas. Petugas lalu memutari kawasan hutan untuk melakukan scanning diameter, bentuk, kualitas dan tinggi pohon.


Setelah mengoperasikannya sebagai pemindai genggam, Hovermap LIDAR digunakan bersama dengan drone untuk menembus tajuk serta tutupan kanopi vegetasi yang tidak bisa ditembus sebelumnya. Dalam waktu singkat, drone berhasil terbang untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan oleh lembaga Interpine.


BAGAIMANA HASILNYA?


Dataset ini memberikan tangkapan penuh di sekitar diameter, dan meminimalisir jumlah batang pohon yang tidak terscan. Dibandingkan dengan metode konvensional, teknologi ini jauh lebih minim investasi untuk jangka panjang.



Jika dibandingkan dengan pemindaian laser terrestrial tradisional yang berbasis tripod, hasil blur lebih dominan sehingga menghasilkan angka bias yang tinggi untuk pelaporan.


Selain itu, Hovermap LIDAR mampu menembus kanopi untuk mengumpulkan data dari ketinggian secara efektif serta tidak menghasilkan gap pada data statistik dibandingkan dengan penilaian lapangan secara manual menggunakan Diameter of Breast Hight ("DBH"). Setelah selesai, dataset digabungkan dengan algoritma pembelajaran mendalam yang disesuaikan untuk segmentasi dan penilaian pohon secara kualitas dengan menggunakan realistas virtual.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #vegetation #forest #forestry #kawasanhutan #lidar #dronetechnology #drone #survey #mapping #vegetasi #landforest #agriculture #agroforestry

59 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)