• Halo Robotics

Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Drone Thermal DJI M210

Keywords: Termal, Corona, Covid 19, Public Safety, Drone, Inovasi, Teknologi, DJI, Matrice 210, Inframerah, Kesehatan Publik


Halo Robotics sebagai distributor resmi DJI dan Flir meluncurkan drone matrice 210 series dual thermal yang dapat digunakan oleh pihak terkait untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Metode ini dapat bekerja dengan mengubah radiasi inframerah menjadi cahaya tampak. Tujuanya adalah untuk melihat keadaan panas pada suatu objek, tak terkecuali ketika diarahkan ke manusia yang sedang berada pada area keramaian di jalan protokol, bandara, terminal, stasiun kereta api dan perkantoran ataupun tempat umum lainnya. Pencitraan thermal lewat drone ini merupakan alat yang efektif untuk mengukur suhu permukaan kulit dan mengidentifikasi individu dengan Elevated Body Temperature (EBT).

Gambar 1. Hasil pemindaian suhu pada manusia yang dapat mendeteksi suhu tinggi pada anggota wajah terutama pada area mata dan dahi


Mengingat wabah global dari virus corona (COVID-19), yang sekarang secara resmi menjadi pandemi, masyarakat sangat prihatin dengan penyebaran infeksi dan mencari alat untuk membantu memperlambat dan pada akhirnya menghentikan penyebaran virus. Meskipun tidak ada kamera termal yang dapat mendeteksi atau mendiagnosis virus corona, drone yang dilengkapi degan kamera thermal ini dapat digunakan sebagai media tambahan untuk alat skrining suhu tubuh lainnya serta mendeteksi suhu kulit yang meningkat di tempat umum dengan intensitas lalu lalang orang cukup tinggi, karena drone ini dapat terbang melewati masing-masing individu dan menampilkan hasil suhu tubuh mereka secara serentak, meskipun mereka sedang berkerumun. Jika ditemukan terdapat individu yang memiliki suhu tubuh diatas normal, petugas akan langsung menangani individu tersebut untuk melakukan diagnosa tes virus Corona lebih lanjut, sehingga dapat mengurangi jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) lebih dini.


Kelebihan lainnya, dengan menggunakan pencitraan thermal lewat drone, pihak yang berwenang dalam menangani corona dapat secara efektif dan efiisen melakukan scanning suhu tubuh secara cepat di tempat ramai, dibandingkan melakukan pengetesan suhu tubuh individu dengan menggunakan termoter infrared.


Tidak hanya di Indonesia, sebelumnya metode pengecekan suhu masal dengan pencitraan thermal drone juga baru-baru ini digunakan di oleh negara lain sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan bagi tenaga medis maupun tenaga kerja formal lainnya. Tidak hanya itu, Bandara di luar negeri juga secara aktif sudah menggunakan kamera thermal sebagai bagian dari tindakan pengecekan suhu tubuh penumpang pesawat serta kru penerbangan. Dengan begitu, metode ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk mendeteksi kemungkinan individu yang terinfeksi Corona dengan cepat.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888



92 views0 comments