• Halo Robotics

Mengenal Kategori Ancaman Agar Bisa Menentukan Antidrone Yang Tepat Untuk Perlindungan Aset


BUSINESS SUMMARY

Kemudahan setiap orang untuk mampu menggunakan drone secara komersial juga akan meningkatkan peluang bagi para pelaku kejahatan untuk memanfaatkan teknologi tersebut melakukan hal-hal negatif seperti terorisme atau ancaman lainnya, untuk pihak militer, security, defense perlu mengenal berbagai kategori ancaman agar bisa menentukan teknologi antidrone yang tepat untuk memberikan proteksi ekstra pada aset infrastruktur mereka dari serangan drone.


MENGENAL BERBAGAI KATEGORI ANCAMAN DRONE


Dalam menggunakan teknologi antidrone/counterdrone untuk menangkal serangan dari berbagai ancaman, artikel ini akan menjelaskan tingkat kategori ancaman untuk membantu sektor militer, security and defense melindungi aset penting milik negara.


Tingkat Ancaman Untuk Acuan Menentukan Teknologi Antidrone Yang Tepat


Ancaman UAS dapat diklasifikasikan menurut tiga tingkatan, diantaranya:

1. Pengiriman muatan seperti bahan peledak, barang selundupan, dan paket serupa

2. Pengumpulan intelijen seperti melakukan pengawasan dan penyelidikan akibat adanya misinformasi yang berdampak pada citar sensitif dari suatu perusahaan atau negara

3. Aktivitas yang menimbulkan gangguan dalam masyarakat seperti penyalahgunaan teknologi, demo atau aksi protes masyarakat serta kecerobahan dalam mengoperasikan sesuatu alat atau teknologi tertentu yang membahayakan masyarakat sekitar.


Ancaman yang berkaitan dengan operator UAS biasanya dikategorikan oleh 3 ("C") atau Clueless, Careless dan Criminal.. Dalam banyak kasus, seperti bandara, sebaiknya UAS perlu di cegah dengan antidrone khusus agar tidak menimbulkan efek negatif yang dapat mengganggu keamanan bandara.


METODE DETEKSI ANTIDRONE YANG TEPAT UNTUK PERLINDUNGAN ASET


1. SENSOR RF (RADIO FREQUENCY)

Sensor RF memberikan kemampuan deteksi dengan mencocokkan protokol komunikasi UAS dengan frekuensi radio yang berhasil diketahui oleh UAS sebelumnya. Dalam skala komersial dan kelas konsumen, sistem detekksi berbasis RF hanya memindai pita frekuensi yang umum digunakan, seperti pemindai Wi-Fi atau Sniffer yang berisiko menghasilkan alarm palsu.


RF Sensor dapat beroperasi tanpa menyebabkan interferensi apa pun pada jaringan komunikasi lainnya yang berada disekitar wilayah atau area operasional. Meskipun begitu, terdapat pengecualian untuk system RF Pasif, yakni system secara aktif akan memanipulasi protokol atau mencoba meretas UAS itu sendiri.


2. ELECTRO OPTIKAL DAN INFRARED


Deteksi kamera Elektro-Optik (EO) dan Inframerah (IR) adalah yang komponen populer, dan seringkali dipasangkan dengan sensor lain, untuk menghasilkan solusi counterdrone terintegrasi yang dapat bekerja dengan lebih banyak sensor.


Deteksi optik adalah metode lain yang mendapat manfaat dari kemajuan terkini dalam A.I dan penggunaan komputer. Bahkan selama satu tahun belakangan, teknik baru telah muncul yang memungkinkan deteksi presisi sangat tinggi menggunakan algoritma baru untuk pengembangan teknologi UAS itu sendiri. Perangkat Lunak DroneOptIDTM DroneShield mendeteksi dan mengklasifikasikan beberapa UAS yang melakukan penyerangan. Warna merah mewakili pixel yang diidentifikasi sebagai objek drone yang dilacak oleh perangkat lunak tersebut.


3. SISTEM MULTI SENSOR

Sistem multi-sensor menggabungkan beberapa solusi terintegrasi, untuk memberikan kemampuan dalam mendeteksi ancaman berlapis-lapis, sehingga dapat memberikan solusi yang lebih efektif terhadap berbagai ancaman drone. Oleh karena itu, dengan menggabungkan beberapa sensor akan mengurangi potensi kesenjangan kapabilitas dan akan membuat sistem menjadi lebih sulit untuk dibajak.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #antidrone #dronetechnology #dronesforgood #drone #military #militer #criticalasset #infrastructure #counterunmannedaerialservice #tni #defense #security

21 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)