• Halo Robotics

Fitur Unik Hovermap LIDAR untuk 3D Modelling Aset secara Akurat



Hovermap LIDAR dapat terbang secara otonomi dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dibutuhkan banyak perusahaan dari berbagai sektor, seperti sektor tambang, minyak dan gas, telekomunikasi dan energi serta heavy industry untuk mempermudah kegiatan survey pada area yang kompleks yang sebelumnya tidak bisa dilakukan, menjadi sangat mungkin untuk dilakukan, terutama pada area yang tidak bisa dijangkau oleh sinyal GPS, sekaligus menjauhkan pekerja dari risiko bahaya saat melakukan survey.


Dalam artikel ini, secara khusus akan dibahas spesifikasi dari Hovermap LIDAR disertai dengan fitur-fitur dan kemungkinan-kemungkinan teknologi tersebut untuk merevolusi aktivitas survey pada berbagai sektor menjadi lebih mudah, aman dan praktis.


TEKNOLOGI HOVEMAP LIDAR DAN REVOLUSI SURVEY DENGAN DRONE


Pada umumnya, drone memiliki keterbatasan untuk melakukan inspeksi utilitas dalam skala besar .Oleh karena itu, teknologi Hovermap LIDAR menjembatani kebutuhan tersebut dengan secara handal diintegrasikan dengan drone lalu diterbangkan untuk mendeteksi anomali-anomali yang terdapat pada objek.


Secara otomatis, sensor pendeteksi hambatan pada Hovermap LIDAR akan membantu drone untuk terbang dengan aman dan mengumpulkan data secara komprehensif untuk membuat laporan ke kantor pusat.


3 FITUR UTAMA TEKNOLOGI HOVERMAP LIDAR


Teknologi Hovermap LIDAR memiliki 3 fitur utama yang dapat membantu banyak perusahaan, diantaranya:


1. SLAM BASED LIDAR MAPPING (PEMETAAN LIDAR BERBASIS SLAM BASED)


Hovermap menggunakan algoritma Simultan Lokalisasi dan Pemetaan (SLAM), bukan perangkat keras GPS / INS yang berat dan mahal. Hal ini memungkinkan pemetaan 3D yang akurat di lingkungan tanpa GPS seperti di dalam ruangan, bawah tanah, atau dekat dengan bangunan besar. Data LiDAR akan lebih cepat untuk dicatat dan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan pointcloud 3D yang akurat untuk membangun dan membuat perhitungan volume stockpile.


Keunggulan tersebut akan membuat penyelarasan otomatis pada pemindaian atau scanning yang berurutan, sehingga sekecil apapun perubahan kontur atau pergeseran pada objek, sekalipun hanya 1mm, pergeserannya akan tetap terlihat oleh Hovermap LIDAR, sehingga pengguna tidak mengalami misakurasi data yang terlalu besar selisihnya.


2. COLLISION AVOIDANCE AND AUTONOMY (SENSOR PENDETEKSI HAMBATAN DAN KEMAMPUAN TERBANG SECARA OTONOMI)


Teknologi LIDAR dapat terbang secara otonomi kedalam area serta memiliki sensor pendeteksi hambatan yang secara otomatis membantu drone untuk terbang secara aman, tanta harus bertubrukan dengan objek lainnya. Keunggulan ini akan berguna untuk sektor tambang dan heavy industry.


3. GPS DENIED FLIGHT (MAMPU TERBANG DENGAN BAIK PADA AREA YANG TIDAK DAPAT DIJANGKAU OLEH SINYAL GPS)


Melakukan survey dan mapping di area yang kompleks, tidak terjangkau oleh sinyal GPS dan berada diantara gedung-gedung besar, atau bahkan berada di lokasi tambang bawah tanah bukan menjadi hambatan Hovermap LIDAR untuk meningkatkan akurasi objek.


SPESIFIKASI HOVERMAP LIDAR


Secara singkat, spesifikasi Hovermap LIDAR akan dijelaskan kedalam 2 bagian, diantaranya spesifikasi untuk pemetaan dan spesifikasi otonomi.


MAPPING SPESIFICATIONS (SPESIFIKASI PEMETAAN)

  • Akurasi lidar +/- 3cm

  • Jangkauan LIDAR: Hingga 100 meter

  • Global SLAM accuracy: +/- 0.1% typical

  • Angular field of view: 360° x 360°

  • Kecepatan akuisisi data: 300.000 pointcloud per detik

  • Ukuran file: 300mb per menit

  • Kecepatan terbang: Hingga 5m per detik

  • Keamanan laser: 1st class eye save

  • Bobot: 1.8kg

  • Format pointcloud: .laz, .ply

AUTONOMY SPECIFICATIONS

  • Mode penerbangan: Manual pilot assist

  • Autopilot compatibility: DJI A3

  • Collision avoidance field of view: 360° x 360°

  • GPS-denied flight: Ya

Teknologi Hovermap LIDAR membuka kemungkinan yang besar untuk melakukan survey dan mapping pada berbagai sektor, verkat fitur-fitur dan spesifikasi yang unggul yang dimiliki oleh teknologi tersebut.


Pelajari lebih lanjut aplikasinya pada berbagai sektor seperti tambang, minyak dan gas serta industri lainnya disini


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #dronetechnology #LIDAR #dronelidar #survey #surveyorindonesia #mapping #surveyindoor #surveyoutdoor #slambased #digitaltwin #pointcloud #3dmapping #3dmodelling

57 views0 comments