• Halo Robotics

Mengenal Teknologi LIDAR Dan Kegunaannya Untuk Photogrammtery


BUSINESS SUMMARY


Teknologi laser memiliki sisi positif untuk membantu pengukuran suatu objek dan menginterpretasikannya kedalam berbagai model untuk membantu aktivitas photogrammetry industri. Teknologi laser yang kita kenal dengan sebutan LIDAR, penggunaanya akan semakin maksimal saat dipadukan dengan software Pix4D, sehingga dapat mempersingkat alur kerja dalam proses pengambilan data dilapangan.


DEFINISI LIDAR


LIDAR menghasilkan point cloud yang rapat dan detil untuk menginterpretasikan objek


LiDAR merupakan singkatan dari light detection and ranging, yang juga dikenal sebagai pemindaian laser 3D. LiDAR pertama kali digunakan pada 1960-an dan digunakan untuk mengukur jarak suatu objek berdasarkan pantulan sinar laser. Ini bekerja dengan menerangi objek atau ruang target dengan sinar laser dan merekam waktu yang dibutuhkan sinar laser untuk kembali ke sensor untuk mengukur jarak dengan akurasi yang tinggi.


Pemindaian laser 3D sudah digunakan di berbagai industri, lewat berbagai aplikasi, mulai dari proyek pengumpulan data seluler hingga terestrial dan udara. Karena pemindaian laser mengukur jarak secara akurat, teknologi ini sangat efektif untuk membuat reka ulang 3D secara digital dari ruang, objek, dan landscape. Dalam aspek ini, teknologi LIDAR dapat bersaing sebagai alat digitalisasi realitas objek. Metode LiDAR menghasilkan pointcloud 3D yang direferensikan secara geografis dan tidak berwarna. Pointcloud ini sangat detail dan dapat menginterpretasikan berbagai objek kecil, seperti kabel tipis yang tidak dapat dikenali dengan mudah oleh photogrammetry.


DEFINISI PHOTOGRAMMETRY Photogrammetry adalah proses pengukuran gambar yang saling tumpang tindih dan diambil datanya untuk menghasilkan model ruang yang tepat. Tujuan utamanya adalah digitalisasi realitas untuk survei dan pemetaan. Photogrammetry awalnya mengandalkan titik pandan yang tinggi untuk mengumpulkan data dari udara.


Saat ini, terdapat prevalensi yang lebih tinggi menggunakan drone untuk mengumpulkan data survei bersamaan dengan pengambilan gambar dari permukaan tanah. Photogrammetry digunakan dalam berbagai industri, seperti pemetaan TKP, forensik hingga digunakan oleh sektor agrikultur untuk mencapai pertanian yang presisi.


PERBEDAAN LIDAR DAN PHOTOGRAMMETRY

LiDAR berhasil mendeteksi lebih banyak titik di area vegetasi yang lebat

serta kabel sempit yang dapat menjadi tantangan bagi photogrammetry


Pertama, LiDAR memiliki satu keunggulan besar dibandingkan photogrammetry dimana LiDAR dapat menghasilkan cahayanya sendiri tanpa terpengaruh kondisi cuaca dan tidak dipengaruhi oleh kondisi peencahayaan yang tiba-tiba berubah, dimana pada photogrammetry kita akan menemui keterbatasan pengumpulan data bila causa dilapangan tidak mendukung.


Pemindaian laser 3D terestrial dan udara mendapatkan keuntungan dari ini, sedangkan photogrammetry yang diambil menggunakan drone atau kamera genggam tidak mengalami pencahayaan yang buruk. Kedua, LiDAR dapat menembus ruang di antara potongan-potongan dedaunan dan mengambil detail-detail kecil. Gelombang laser nya bisa melihat celah di antara daun dan memberikan pengukuran langsung ke batang pohon atau tanah di bawah pohon, sedangkan photogrammetry bergantung pada foto yang dihasilkan, sehingga untuk merekonstruksi suatu peristiwa hanya dapat melihatnya dari data yang dihasilkan di permukaan saja.


Investasi untuk teknologi LIDAR lebih mahal dibandingkan photogrammetry. Photogrammetry dapat dilakukan, dengan berbagai tingkat akurasi, dengan berbagai macam kamera termasuk kamera konsumen daripada alat profesional berspesifikasi tinggi dan eksklusif. Selain itu, photogrammetry memberikan banyak output untuk perusahaan, diantaranya kemampuan untuk menghasilkan pointcloud yang berwarna, bertekstur dan orthomosaic, sedangkan LiDAR hanya menghasilkan pointcloud.


BAGAIMANA CARANYA AGAR TEKNOLOGI LIDAR DAN PHOTOGRAMMETRY BISA DIGUNAKAN BERSAMAAN?


Hasil Point cloud di Pix4Dsurvey yang menggabungkan LiDAR dan data fotogrametri

LiDAR dapat digunakan untuk melakukan tugas serupa dengan photogrammetry, serta dapat memperkuat output yang dihasilkan. Dengan menggunakan teknik kombinasi yang tepat, berarti LiDAR dapat menambahkan detail yang mungkin terlewatkan oleh data aerial photogrammetry. Jadi, ketika LiDAR dan photogrammetry digabungkan, keduanya menghadirkan lebih banyak detail ke proyek yang mungkin tidak dicapai oleh keduanya ketika digunakan sendiri-sendiri.


Pix4Dsurvey dapat menangani miliaran poin yang diimpor dari berbagai sumber, serta membantu perusahaan mencapai percepatan penyelesaian proyek secara hybrid dengan menggunakan LiDAR dan photogrammetry. Pix4Dsurvey, software vektorisasi baru yang menjembatani kesenjangan antara photogrammetry dan CAD, memungkinkan pengguna untuk menggabungkan point cloud photogrammetry dengan data point cloud yang diperoleh dengan teknologi lain, termasuk LiDAR. Dengan menyediakan akses ke gambar asli dan pointcloud, vektorisasi dan ekstraksi titik, polylines, poligon dibuat menjadi lebih akurat dan lebih cepat dari sebelumnya.


Untuk proyek yang rumit, dengan objek sempit seperti kabel listrik, LiDAR dapat membantu mengisi celah yang mungkin terlewatkan oleh metode pengumpulan data photogrammetry. Tangkapan layar photogrammetry dan LIDAR pada point cloud Pix4Dsurvey yang menggabungkan data LiDAR dan photogrammetry akan membuat vektor suatu area dan memecahnya menjadi polylines dan poligon untuk menentukan titik geometri. Hasilnya, file vektor akhir yang berasal dari data point cloud photogrammetry dan LiDAR siap untuk diolah lebih lanjut sesuai kebutuhan perusahaan.


IMPLEMENTASI LIDAR DAN PHOTOGRAMMETRY


Data LiDAR (dtandai dengan warna hijau muda) menangkap detail

yang terlewat oleh fotogrametri

LiDAR dan point cloud photogrammetry seringkali merupakan file besar yang terbuat dari milyaran titik. Memanipulasi dan menavigasi data ini dengan mulus telah menjadi tantangan yang sekarang dipecahkan oleh Pix4Dsurvey, sehingga membuat software ini dapat menangani miliaran pointcloud sekaligus dalam sekali pengolahan data. Dalam contoh di bawah ini, drone digunakan untuk mengumpulkan gambar udara dari hamparan rel kereta api. Pointcloud yang dihasilkan menggunakan photogrammetry menangkap banyak detail pemandangan tetapi tidak menangkap secara spesifik kabel di trek atau tiang logam yang mendukungnya. Data LiDAR mencatat detail ini, untuk mengisi celah yang terlewatkan oleh citra drone. Hasilnya, model objek yang lebih lengkap dan dapat membuka lebih banyak informasi untuk diinterpretasikan sesuai kebutuhan perusahaan.


WHAT'S NEXT?


Pix4Dcatch memungkinkan pembuatan model 3D yang akurat dari perangkat genggam

Perangkat yang dilengkapi LiDAR semakin tersebar luas, menjadikan teknologi ini tersedia bagi banyak orang dengan mengubah produk konsumen populer menjadi perangkat yang siap digunakan untuk permodelan 3D yang akurat, pada iPad Pro 2020 dan iPhone 12 Pro yang aplikasi Pix4Dcatchnya telah dioptimalkan. Alur kerja untuk pemindaian 3D terestrial dengan Pix4Dcatch sederhana: dapat digunakan pada perangkat seluler iOS dengan berjalan-jalan untuk mengambil gambar di area yang diinginkan. Pemindaian dilakukan dengan meshing 3D real-time, memberikan umpan balik langsung tentang penyelesaian adegan. Pix4Dcatch merekam data GPS dan IMU, memungkinkan untuk menghasilkan keluaran 3D berskala dan georeferensi dengan Pix4Dmapper atau Pix4Dcloud.


Transisi LiDAR a dapat diakses di pasar konsumen merupakan perkembangan yang menarik untuk pemodelan 3D. Akurasi tepat pemindaian laser 3D yang dikombinasikan dengan fleksibilitas dan beragam aplikasi serta output photogrammetry merupakan bagian dari revolusi berkelanjutan dalam industri survei dan pemetaan, agar perusahaan dapat memperoleh aksesn pengolahan data dan informasi penting yang lebih sederhana dan, lebih akurat daripada sebelumnya.


For further info, please kindly send your question to


enteprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

Keywords: #photogrammetry #lidar #aerialsurvey #surveyor #GIS #geologist #geologi #geospatial #pix4d #dronesoftware #3dmodelling #3dscan #3dlaserscan #pointcloud


91 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)