• Halo Robotics

Antidrone untuk Antisipasi Serangan Drone Ilegal

BUSINESS SUMMARY


Meningkatnya potensi serangan drone secara ilegal terhadap berbagai aset-aset penting, membuat teknologi antidrone atau counterdrone yang canggih dengan biaya yang minimal untuk mitigasi ancaman.


Berikut akan dijelaskan 2 metode untuk membasmi serangan drone ilegal beserta teknologi antidrone yang tepat untuk memaksimalkan perlindungan aset penting/critical asset.



METODE UNTUK MEMBASMI SERANGAN DRONE ILEGAL


SOFT SKILL


Solusi soft-kill melibatkan metode yang tidak sengaja merusak drone secara fisik. Solusi soft-kill pada umumnya, akan membawa risiko kerusakan pada drone yang lebih kecil karena sifat non-kinetiknya. Sifat non kinetik dari metode soft skill lebih banyak digunakan untuk menghadapi berbagai tingkat kewenangan, ketika hendak dioperasikan, termasuk bila ingin dioperasikan oleh lembaga pemerintah.


HARD SKILL


Sementara itu, solusi hardskill akan melibatkan metode fisik yang berpotensi mengenai drone dengan objek atau proyektil lain dan dapat mencari drone serta sebagai solusi kinetik lewat penggunaan laser dan amunisi. Metode hard-kill dan kinetik dicadangkan untuk penggunaan pemerintah, dan hampir secara eksklusif digunakan pada tingkat militer dan federal, dengan sedikit pengecualian.


TEKNOLOGI ANTIDRONE UNTUK MEMBERIKAN PERLINDUNGAN PADA ASET PENTING


1. RF JAMMING

Pengacau frekuensi radio ("RF") akan beroperasi dengan memancarkan frekuensi yang sama dengan yang digunakan drone, untuk berkomunikasi dengan pengontrol atau operator.


Ketika sinyal gangguan sinyal pada drone lebih kuat daripada sinyal pengontrol ke drone, drone akan otomatis kehilangan koneksi yang memaksanya masuk ke wilayah darurat yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga drone dapat terbang kembali ke titik awalnya. Pita frekuensi RF seperti pita ISM 433 MHz dan 915 MHz digunakan secara umum oleh komersial untuk membasmi serangan drone dari berbagai arah, dengan cakupan yang lebih banyak dan lebih presisi untuk mengurangi gangguan drone ilegal.


2. DRONE HUNTER


Drone hunter, tidak bisa dipakai secara sembarangan, melainkan harus tengan izin khusus untuk keadaan yang genting.


Hal Ini dikarenakan, teknologi tersebut dapat menjatuhkan drone dari langit dan mengakibatkan kerusakan total pada drone itu sendiri.


3. SOLUSI KINETIK LAINNYA


Pematangan kemampuan untuk mengalahkan drone ilegal tengan counterdrone telah menjadi pilihan yang lebih diinginkan daripada yang kinetik awal seperti balistik dan peledak lainnya.


Akurasi, efisiensi, dan kerusakan minimal dari jamming secara presisi akan memberikan pendekatan yang lebih aman dan lebih ekonomis untuk mengalahkan drone, sehingga dapat menjadi solusi kinetik tradisional lainnya pada counterdrone yang akan berguna untuk sektor militer.


4. DRONEGUN


DroneGun adalah counterdrone berbentuk senapan yang efektif untuk menangkal serangan drone dari jarak 2km tanpa menimbulkan kerusakan fatal bagi drone. DroneGun dilengkapi dengan interface yang intuitif & mudah digunakan untuk melacak frekuensi drone ilegal yang menyerang aset.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #antidrone #counterdrone #dronetechnology #droneattack #militer #nkri #police #defense #security #uas #dronesforgood #uav #drone #safety #dronegun

20 views0 comments