• Halo Robotics

Pemetaan Vegetasi dengan Citra Satelit VS Kamera Multispectral


Melakukan pemetaan vegetasi dengan memanfaatkan citra satelit atau menggunakan kamera multispectral pada prakteknya memiliki perbandingan sediri ketika digunakan untuk memberi informasi terkait dengan vegetasi tanaman.


Artikel ini akan membahas perbandingan memetakan vegetasi dengan citra satelit atau kamera multispectral, untuk membantu pengguna di sektor agriculture meningkatkan akurasi hasil pemetaan tanaman.

Hasil pemetaan vegetasi tanaman dengan kamera multispectral


Pada dasarnya, baik pemanfaatan citra satelit dan kamera multispectral aplikasinya tidak bertentangan dengan pertanian 4.0, hanya saja, pengguna di sektor pertanian diharuskan untuk beradaptasi dalam menerapkan teknologi pemetaan atau pemantauan kesehatan tanaman dengan teknologi yang lebih ramah untuk menjadi investasi jangka panjang tanpa harus menghilangkan akurasi data yang diambil.


1. Kemampuan Capture Data


Hasil data yang diambil dengan citra satelit (kiri)

dan yang diambil dengan kamera multispectral (kanan)


Dari segi kemampuan dalam melakukan capture data, citra satelit menghasilkan gambar yang kurang jelas jika penggunaanya secara spesifik diperuntukkan pada pemantauan vegetasi tanaman.


Kamera multispectral menghasilkan resolusi gambar yang jelas dan akurat untuk memeetakan indeks vegetasi tanaman. Secara spesifik, teknologi ini cocok untuk memantau sumer daya yang sudah dialokasikan untuk pertanian seperti púpúk, pestisdia dan herbisida, bahkan mendukung fungsi untuk memantau kondisi irigasi pertanian.


2. Dukungan Fitur Yang Dimiliki


Memiliki 3 dari 10 band, sensor multispectral memiliki Kemampuan untuk melakukan capture data dengan rentang panjang gelombang di seluruh spektrum cahaya.


MicaSense RedEdge, misalnya, menggunakan lima pita (merah, hijau, biru, NIR, dan tepi merah) untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam aplikasi seperti pemetaan kesehatan vegetasi, deteksi penyakit, dan pengelolaan irigasi yang lebih akurat.


Satelit digunakan untuk memantau bumi dan mengumpulkan data tentang fenomena alam yang berbeda. Aplikasi teknologi ini secara spesifik akan menghasilkan banyak variasi, tergantung paa instrument yang dogunakan Serta ketinggian pengorbitan satelit.


Penginderaan jauh untuk memantau kesehatan tanaman dengan memanfaatkan pencitraan satelit datanya secara runut dapat diakses secara bebas, cocok untuk memantau perubahan iklim, dan efek kebakaran hutan.


3. Aksesibilitas Informasi


Dengan menggunakan kamera multispectral MicaSense RedEdge pengguna dapat mengamankan data-data rahasia yang penting secara historis.


Keunggulan memungkinkan pengguna untuk melakukan identifikasi area tanaman yang sedang dalam kondisi kurang sehat serta memantau efek pemberian input-input pertanian namun tidak ingin Hasil data yang diperoleh diketahui oleh perusahaan sejenis.


Sementara itu, citrra satelit menyediakan akses data secara gratis. untuk membandingkan perubahan struktur area vegetasi selama beberapa tahun belakangan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.


4. Kontrol Terhadap Cuaca


Pada saat mengakuisisi data multispectral, kamera MicaSense RedEdge Tidak akan mengalami kesulitan dalam menembus berbagai kondisi cuaca, baik saat itu cuaca sedang mendung atau kurang mendukung dari segi pencahayaan. Dukungan kamera multispectral MicaSense RedEdge bersama dengan CRP atau DLS 2 membuat pengguna dapat mengontrol kualitas data dengan baik.


Sementara itu, dengan hanya mengacu pada penggunaan citra satelit, ketika melakukan proses pengambilan data namun kondisi cuaca kurang mendukung, pencitraan satelit tidak bisa digunakan.


5. Resolusi Data


Resolusi spasial satelit juga dapat menjadi masalah pada aplikasi tertentu, seperti fenotipe tanaman. Data dengang pencitraan satelit memiliki resolusi GSD yang lebih rendah dari 10m per pixel.


Sementara itu, kamera multispectral memiliki resolusi lebih tinggi dari citra satelit, yaitu

lebih dari 10cm per pixel sehingga dapat menyelesaikan masalah data capture yang tidak jelas menjadi lebih akurat dan lebih komprehensif untuk analisa vegetasi tanaman lebih lanjut.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #vegetation #vegetasi #multispectral #dronemapping #precisionagriculture #precisionfarming #mapping #micasense #pertanian40 #agriculture #planthealth #micasenseredege




.