• Halo Robotics

8 Cara Penggunaan Drone DJI Enterprise untuk Inspeksi dan Manajemen Aset



Teknologi drone DJI Enterprise punya peran penting untuk bantu kegiatan inspeksi dan manajemen aset di setiap industri, karena secara dramatis dapat kurangi non productive time dan potensi kehilangan pendapatan perusahaan, sehingga industri bisa dapatkan data aset as-built berkualitas tinggi dengan biaya investasi yang ekonomis.


Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat drone DJI Enterprise untuk bantu tingkatkan efisiensi dan efektivitas pada alur kerja inspeksi dan manajemen aset.


1. Pantauan Aset Secara Realtime


Drone DJI Enterprise, seperti DJI M300 RTK punya 9 fitur yang canggih untuk pemantauan aset, serta infrastruktur penting, sekaligus minimalisir risiko inspeksi pada khususnya di objek yang punya radiasi elektromagnetik tinggi secara realtime.


Tidak hanya itu, drone terbaru bernama DJI Mavic 2 Enterprise Advanced juga punya keunggulan tersendiri untuk lakukan inspeksi serta penerbangan untuk manajemen aset, karena kemampuanya secara otomatis dapat lakukan capture gambar untuk kebutuhan komersial, baik gambar visual ataupun thermal, sehingga alur kerja inspeksi secara rutin jadi lebih mudah untuk semua orang, khususnya di lingkungan yang sulit dilalui manusia.


2. Kecepatan Inspeksi untuk Misi Penerbangan dengan Deadline Sempit

Teknologi drone DJI Enterprise, seperti drone DJI M2EA punya fitur tersendiri bernama dual vision mode.


Fitur istimewa tersebut mampu ciptakan mode penghlihatan ganda untuk bantu operator melihat kondisi objek dari dekat. Tujuannya adalah agar operator dapat selesaikan misi inspeksi ditengah deadline yang sempit, karena dengan segera mereka bisa dapatkan kondisi anomali objek, termasuk identifikasi beberapa titik atau lantai bangunan tertentu yang ingin diinspeksi secara khusus.


3. Kurangi Risiko Bahaya Bagi Personel


Kegiatan inspeksi dan manajemen aset seringkali dibarengi dengan risiko keselamatan yang dipertaruhkan oleh para pekerja.


Penggunaan teknologi drone DJI Enterprise akan kurangi risiko kecelakaan kerja bagi pekerja. Pekerja tidak perlu lakukan inspeksi dan manajemen aset dari jarak dekat, termasuk dapat menghilangkan biaya sewa perlatan pendukung lainnya.


4. Penghematan Biaya Substansial


Teknologi drone DJI Enterprise dapat digunakan kapan saja tanpa harus menunggu waktu untuk aset berhenti beroperasi. Misalnya, ketika akan melakukan inspeksi dan manajemen aset di gedung atau infrastruktur lainnya, umumnya harus dilakukan malam hari karena mencari waktu paling sepi.


Alasannya tentu faktor bahaya jika lakukan inspeksi ketika kondisi sedang ramai. Dengan hanya melibatkan sedikit peralatan dan sedikit pekerja, operator dapat lakukan inspeksi kapan saja baik siang ataupun malam hari tanpa timbulkan bahaya bagi masyarakat sekitar. Apalagi, kamera thermal beresolusi 640 x 512px pada drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced, membuat proses inspeksi bisa berjalan sedemikian rupa ketika malam hari, tanpa takut gambar yang diperoleh punya kualitas yang buruk saat data selesai di akuisisi.


5. Hilangkan Blind Spot

Mata manusia punya keterbatasan dalam lihat kondisi sekitar area aset yang akan diinspeksi secara komprehensif.


Teknologi drone DJI Enterprise berikan kemudahan untuk operator/pengguna dalam proses capture data dari berbagai sisi tanpa ada yang terlewat. Tidak hanya drone, payload photogrammetry seperti DJI Zenmuse P1, punya fitur smart oblique capture. Fitur tersebut berguna untuk membagi area yang diinspeksi agar dapat gambar data secara komprehensif, sehingga tidak ada blind spot.


6. Alokasi Alur Kerja Inspeksi yang Tidak Efisien


Teknologi drone DJI Enterprise aplikasinya dapat berikan pendekatan pemeliharaan untuk cegah penurunan nilai aset itu sendiri.


Peran drone DJI Enterprise tersebut dapat membuka kemungkinan bagi pengguna untuk mengidentifikasi lebih dalam setiap proses inspeksi dan manajemen aset yang tidak efisien, sehingga setiap alur kerjanya bisa diganti dengan pakai drone untuk tingkatkan efisiensi penggunaan teknologi drone secara spesifik.


7. Akurasi Keputusan CAPEX


Capital Expenditure ("CAPEX") adalah pengeluaran perusahaan untuk ciptakan investasi masa depan yang tepat sasaran.


Dengan lakukan analisa berbagai alternatif investasi jangka panjang pada platform inspeksi dan manajemen aset pada drone, perusahaaan dapat punya peluang lebih luas untuk tingkatkan profit karena keputusan dalam berinvestasi pada teknologi drone punya dampak baik untuk perkembangan keuntungan jangka panjang, dibandingkan harus berinvestasi pada platform lainnya.


8. Analisa Deteksi Perubahan Jangka Panjang


Dalam inspeksi dan manajemen aset dengan teknologi drone DJI Enterprise, akan buka kemungkinan bagi perusahaan untuk lakukan inspeksi atau pemeriksaan aset dengan lebih sistematis secara rutin. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat membandingkan record inspeksi data inspeksi dari waktu-waktu yang lalu dengan data inspeksi hari ini untuk analisa deteksi perubahan aset dalam jangka panjang, sehingga kerugian besar akibat kerusakan aset dapat dicegah sedini mungkin.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #inspection #assetmanagement #drone #dronetechnology #djienterprise #djidrone #dronesforgood #konstruksi #inspeksi #manajemenaset #dji


·

56 views0 comments