• Halo Robotics

Photogrammetry Software DJI Terra dan Pix4D Akurat untuk Pengukuran Stockpile



Menggunakan drone untuk mengukur stockpile dapat memudahkan pekerja untuk membuat komparasi antara volume stockpile yang ada pada saat ini dan yang sudah ada berdasarkan data survei sebelumnya untuk melacak kemajuan dilapangan. Anda juga dapat membandingkan survei stockpile dengan file desain nilai akhir untuk menghitung berapa banyak bahan yang tersisa dilapangan.


Untuk menghasilkan volume stockpile secara akurat, diperlukan beberapa tips yang dapat dengan mudah diaplikasikan oleh para pengguna drone DJI. Beberapa tips tersebut akan dibahas dalam artikel ini.


Mengapa Laporan Pengukuran Stockpile secara Akurat itu Penting?


Manajer tambang dan Pengguna lain menghabiskan sebagian besar hari mereka mencoba menjawab pertanyaan tentang kuantitas. Berapa banyak yang duduk di stockyard sekarang? Berapa banyak yang akan di crusher? Stockpile mana yang masih bisa digunakan dan perlu di ekstrak? Berapa banyak stockpile yang sudah pindah dari sejak Kamis lalu? Berapa nilai sebenarnya? apakah kita sudah menjualnya dengan harga yang tepat?

Memiliki survei lokasi yang akurat akan membuat anda mempunyai pengawasan secara penuh atas inventaris persediaan secara realtime di lapangan. Dengan menggunakan alur kerja survei drone, Anda dapat mengandalkan pengukuran stockpile yang andal dan sangat akurat, termasuk mengukur progress dilapangan sesering mungkin, seperti masuknya data inventaris stockpile yang memungkinkan tim untuk memperketat operasi di tempat kerja, membuat forecasting keuangan dan manajemen rantai pasokan hingga rekonsiliasi secara akurat


1. Penerbangan Drone untuk Akuisisi Data untuk Acuan Pengukuran Stockpile


Pertama, terbangkan drone Anda untuk mengambil data dilapangan. Sebelum melakukan pengukuran volume tunggal, Anda perlu menerbangkan drone untuk lakukan survei pengambilan foto udara dan beberapa bentuk data GPS dan kontrol tanah untuk memberikan konteks geografis (alias koordinat). Ada dua alur kerja survei drone utama untuk menyelesaikan pekerjaan: survei drone berbasis GCP dan survei drone PPK. Menerbangkan drone untuk survey lapangan secara signifikan 10x lebih cepat dibandingkan menggunakan metode tradisional inspeksi berbasis darat serta lebih aman bagi pilot drone, kepala surveyor atau orang lain di organisasi anda, sehingga secara independen drone dapat mengumpulkan data lebih efektif daripada kita yang harus berjalan sendiri di lokasi.


2. Gunakan Photogrammetry Software yang Tepat



Setelah anda mendapatkan citra dan data kontrol permukaan tanah yang dibutuhkan, data tersebut perlu diproses menjadi model 3D. Untuk semua kecuali operasi skala besar, mempertahankan staf photogrammetry sangat mahal. Demikian pula, pemrosesan data yang dilakukan dirumah membutuhkan proses manual yang panjang yang membutuhkan software dan komputer khusus untuk pengolahan data.


Photogrammetry software seperti DJI Terra dan Pix4D dapat memproses data drone untuk anda secara cepat, sehingga pengguna bisa punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas lain. Kedua software tersebut tidak hanya membuat pengguna memperoleh permodelan yang akurat, namun juga bisa dengan mudah untuk hasilkan output data dalam bentuk pointclouds, model elevasi digital yang bisa GIS dan format CAD.


3. Anotasi Laporan yang Jelas dan Mudah Dipahami Semua Orang


68% agregat dan profesional pertambangan yang menanggapi laporan stockpile mencatumkan metriks stockpile menjadi variabel yang paling penting untuk efisiensi operasional. Hal ini dikarenakan, melacak inventaris material di setiap tahap proyek sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cerdas di lokasi tambang dan lokasi penggalian.


Tetapi memiliki data yang tersedia untuk organisasi Anda hanya berguna jika dapat disebarluaskan dan dibagikan dalam format yang kontekstual dan mudah dipahami. Misalnya, pemegang catatan keuangan dan auditor mungkin tidak perlu mengetahui volume stockpile dalam jumlah besar yang dikonversi kedalam angka ton, jika sudah diukur sebelumnya Dengan gambar georeferensi yang diambil dari drone yang terbang di atas tempat kerja, pengguna dapat menggunakan photogrammetry untuk menghasilkan visualisasi 3D stockpile dilapangan dengan pengukuran yang akurat hingga 1/10 kaki (3cm).


For further info, feel free to connect with us anytime on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #stockpile #volume #3dmodelling #measurements #photogrammetry #tambang #dji #djienterprise #georeferences #3dvisualization #volumetrics #mining #tambang


9 views0 comments