• Halo Robotics

Software Pemetaan Pix4Dfields Tingkatkan Efisiensi dan Produksi Tebu


BUSINESS SUMMARY



Pertanian presisi membantu mengurangi biaya agen pematangan sebesar 20% dan mencapai tingkat akurasi 93% dalam melakukan forecasting atau perkiraan produksi tebu pada salah satu perusahaan yang memiliki 14 pabrik tebu. Tujuan proyek ini adalah untuk mengurangi penggunaan ripening agent dan meningkatkan produksi tebu per hektar yang akan berdampak pada pengurangan biaya produksi dan meningkatkan arus kas pabrik dengan memberikan prakiraan produksi di lapangan yang lebih akurat hingga 120 hari sebelum panen.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PIX4DFIELDS

  • Berfungsi secara maksimal sebagai software yang memfasilitasi pekerjaan teknisi pemrosesan gambar secara intuitif

  • Permintaan kapasitas komputasi yang rendah, memungkinkan untuk menjalankan perangkat lunak pada komputer yang memiliki 4 GB RAM pada kecepatan pemrosesan gambar yang sangat baik

  • Proses input laporan, hasil, gambar, dan pembuatan poligon dapat dilakukan dengan mudah, sehingga dapat memfasilitasi pekerjaan yang saling terintegrasi dengan proses lain.

  • Variasi yang tinggi dari indeks vegetatif menghasilkan beberapa kombinasi hasil untuk dianalisis lebih lanjut.

  • Dibandingkan dengan software lain di pasar yang telah dicoba oleh perusahaan tebu dan berdasarkan tinjauan literatur, mereka menemukan bahwa Pix4Dfields menunjukkan rasio harga dan kualitas yang sangat baik dan kegunaan yang lebih tinggi, untuk peneliti GIS yang bukan berasal dari kalangan ahli


APLIKASI RIPENING AGENT DENGAN DRONE PENYEMPROT PADA BERBAGAI VARIABEL


Pembuatan orthomosaics tebu yang dihasilkan dengan Pix4Dfields


Untuk proses pematangan, ripening agent diterapkan dari udara pada daun tanaman. Hal ini diinduksi untuk memusatkan kadar sukrosa yang lebih tinggi pada batangnya, yang meningkatkan produksi gula per ton tebu di masing-masing area tanam. Pekerjaan ini secara tradisional dilakukan dengan dosis yang seragam tanpa memperhitungkan setiap lot, mengingat kondisi tanah, curah hujan, dan pengelolaan agronomi menghasilkan tingkat perkembangan yang berbeda.


Selain itu, metodologi standar yang digunakan selama ini adalah pengumpulan sampel di lapangan yang kemudian dianalisis di laboratorium. Proses tersebut akan menghasilkan banyak variasi, karena sulitnya mendapatkan sampel yang benar-benar representatif dari keseluruhan lot. Proses pematangan, setelah dikombinasikan dengan pertanian yang presisi dapat dilakukan dengan tingkat variabel, penyemprotan produk lebih kurang dengan drone khusus agriculture, sesuai dengan tahap perkembangan tanaman. Pengambilan gambar dilakukan dengan menggunakan drone dan kamera multspectral, melakukan pemrosesan gambar, dan membuat peta dengan cepat untuk mengukur variabel penyemprotan pada Pix4Dfields untuk menerapkan ripening agent.


PROSES FORECASTING PRODUKSI TEBU


Peta pada lahan tebu dengan tingkat variabel berbeda yang dibuat di Pix4Dfields


Peta aplikasi tebu dengan tingkat variabel yang dibuat di Pix4Dfields mengembangkan algoritma peramalan produksi tebu. Untuk proyek ini, algoritma pintar dikembangkan untuk menghitung puluhan ton tebu per hektar dari indeks vegetasi dan variabel lain yang direkomendasikan oleh tim pemanen tebu. Di lapangan, ukuran rata-rata plot yang akan disurvei adalah 15 hektar, yang menjadi tantangan karena efek latensi dan terputusnya drone di titik terjauh dari tempat pilot berada.


Peta indeks NDVI digunakan sebagai titik awal untuk mengembangkan algoritma forecasting pada tanaman tebu


Untuk pengembangan algoritma dalam melakukan forecasting atau peramalan produksi tebu, yang menjadi titik awalnya adalah indeks vegetasi yang dihasilkan di Pix4Dfields. Kemudian harus dilakukan proses pemolaan, yaitu identifikasi tanda spectral pada masing-masing varietas tebu dan hubungannya dengan produksi biomassa, termasuk variabel umur dan varietas tebu yang dianalisis.


HASIL DAN PEMBAHASAN


Tim sedang mengaplikasikan ripening agent dengan drone penyemprot DJI yang sesuai dengan lokasi yang diidentifikasi pada peta kawasan tebu


Pix4Dfields berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 93% untuk peramalan produkál tebu 120hari sebelum musim panen tiba. Informasi ini dapat meningkatkan proyeksi cash flow perusahaan, perencanaan pabrik, dan proyeksi penjualan masing-masing pabrik gula dengan mampu mengantisipasi hasil panen tebu hingga 120 hari mendatang di lapangan. Hal ini pada akhirnya menghasilkan penghematan yang substansial dalam perencanaan permintaan tenaga kerja dan jumlah produk yang akan dipasarkan.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #tebu #agriculture #sugarcane #planthealth #pix4d #software #dji #sprayingdrone #dronetechnology #modernagriculture #pix4dfields #agronomy #agronomi

55 views0 comments