• Halo Robotics

Rahasia Tentukan Ground Sample Distance yang Tepat dengan Drone DJI


Masih sedikit operator drone yang belum mengetahui bahwa sebetulnya terdapat pakem tersendiri untuk memaksimalkan penentuan GSD yang tepat ketika melakukan survey dilapangan, sehingga seringkali pada prakteknya, akurasi data yang dihasilkan menjadi kurang maksimal,


Artikel ini akan menjabarkan rahasia penting yang wajib diketahui dan dipelajari oleh para drone pilot dan surveyor yang mengambil data dilapangan dengan menggunakan drone serta cara untuk mencapai GSD yang maksimal.


DEFINISI GROUND SAMPLE DISTANCE "GSD"

Ground Sample Distance ("GSD") adalah besaran jarak antara titik tengah dari pixel yang berdekatan yang diukur pada permukaan tanah.


Dalam foto udara dengan drone, GSD biasanya ditentukan terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan dengan software khusus. Hal ini dilakukan, agar saat menghitung ketinggian, sensor kamera drone bisa menghasilkan data elevasi yang tepat.


BAGAIMANA CARA MENGHITUNG GSD YANG TEPAT AGAR PENGAMBILAN DATA DENGAN DRONE MENJADI LEBIH MAKSIMAL?

Source: Propeller Aero


Hasil pemetaan yang diperoleh dengan drone, seperti gambar digital lainnya, pada dasarnya adalah kombinasi kotak kecil dengan satu warna, yang disebut dengan sampel. Dalam kasus ini, sampel yang diambil setara dengan satu piksel. GSD akan menjelaskan jarak antara titik tengah dari dua piksel yang berurutan. Hal ini merupakan kalkulasi penting untuk foto udara dan dan kebutuhan photogrammetry, karena penting untuk membuat peta topografi dalam bentuk 3D.


Dalam menghitung GSD yang tepat, operator atau pilot drone setidaknya harus mengetahui 3 hal penting, diantaranya:

  • Tinggi dan lebar sensor

  • Tinggi dan lebar gambar pada drone

  • Panjang fokus dan tinggi penerbangan

Setelah mengetahui ketiga unsur penting diatas, maka anda dapat menginput setiap angka kedalam dua rumus dasar, yaitu 1 untuk tinggi GSD dan 1 lagi untuk lebar GSD.

  • GSDh = tinggi penerbangan x tinggi sensor / panjang fokus x tinggi gambar

  • GSDw = tinggi penerbangan x lebar sensor / panjang fokus x lebar gambar


Sebagai contoh, Jika kita ingin menggunakan drone DJI Phantom 4 RTK dengan ketinggian 80meter untuk melakukan pengambilan data, parameter kamera pada drone DJI Phantom 4 RTK memiliki lelar gambar 5472 pixel, tinggi gambar 3648 pixel, lebar sensor 13.2mm, tinggi sensor 8mm, dan panjang fokus 8.8mm, maka GSD yang dihasilkan adalah 2.36 cm/px. Mudah bukan?


BAGAIMANA PENGARUHNYA TERHADAP DATA DRONE YANG DIAMBIL?


Source: Propeller Aero


Tingkat akurasi GSD yang diperlukan bergantung pada jenis pekerjaan yang anda lakukan dan jenis detail yang anda butuhkan. Sebagai pedoman umum, proyek dengan skala yang lebih besar akan memungkinkan GSD yang lebih tinggi, sementara proyek dengan detail yang lebih kecil akan membutuhkan GSD yang lebih rendah. Jika, misalnya, anda sedang mengerjakan proyek konstruksi dan perlu mengetahui jarak antara dua balok, anda akan membutuhkan GSD yang cukup kecil untuk dapat mengidentifikasi ukuran masing-masing dan menempatkannya. Namun, jika anda mencoba menandai batas pada properti di sebidang tanah yang sangat luas, anda membutuhkan GSD yang berbeda.


Pada akhirnya, penentuan GSD yang tepat akan memungkinkan anda mengambil gambar detail sambil tetap terbang cukup tinggi untuk menghindari jumlah foto yang berlebihan. GSD terlalu tinggi, akan membuat operator hanya memperoleh gambar buram panpa informasi apapun. Jika terlalu rendah, survei anda akan memerlukan GB ekstra dan mungkin perlu waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk diselesaikan, bahkan dengan perangkat lunak canggih seperti DJI Terra, yang dioptimalkan untuk memproses data anda dan mengubahnya menjadi model 3D dan peta yang dapat digunakan.


Jadi, rekomendasi drone apa yang tepat untuk digunakan oleh pengguna dalam melakukan pengambilan data dari udara setelah kita berhasil menentukan GSD yang tepat?


DRONE DJI PHANTOM 4 RTK

Dengan menggunakan teknologi yang canggih, Drone DJI Phantom 4 RTK dapat menghasilkan akurasi data yang tepat menggantikan survey topografi tradisional.


Drone dapat meninggalkan operasional sektor konstruksi dalam skala besar, dimana hal ini berarti perusahaan akan mendapatkan marjin yang lebih besar, karena keuntungan dari efisiensi yang diperoleh dengan melakukan survey dan mapping menggunakan drone Phantom 4 RTK.


DJI M300 RTK


Butuh drone yang memungkinkan pemetaan dengan teknologi terbaru? Matrice 300 RTK dirancang dengan surveyor dalam pikiran dan berisi semua fitur yang anda cari.


Drone ini dapat mengukur secara akurat hingga sentimeter dan cukup tangguh untuk pekerjaan apa pun. Kombinasikan drone DJI M300 dengan kamera Zenmuse P1 dan software pemetaan drone yang intuitif seperti DJI Terra, serta pengetahuan tentang cara menggunakan penghitungan GSD untuk memaksimalkan hasil, dan anda siap untuk menangani pekerjaan survei udara apa pun.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #drone #gsd #groundsampledistance #dronesforgood #survey #mapping #surveyorindonesia #dronesurvey #dronetechnology #pilotdroneindonesia #RTK #photogrammetry #orthomosaic #2dmodelling

78 views0 comments