• Halo Robotics

Rangkuman Manfaat Menggunakan Drone DJI Pada Sektor AEC, Minyak dan Gas Serta Pertanian


Berdasarkan rangkuman dari berbagai studi kasus terbaik, drone DJI dapat melakukan maintenance dan inspeksi di segala aspek dengan cepat, sehingga berhasil memberikan output yang maksimal bagi perusahaan, serta dapat menghilangkan risiko cedera pada personel ketika melakukan Inspeksi di lingkungan yang kompleks.


Berikut akan dijelaskan secara singkat, cara drone DJI melakukan maintenance dan inspeksi dari sektor arkitektur, engineering dan konstruksi, minyak dan gas, serta pertanian.


1. INSPEKSI DI SEKTOR ARSITEKTUR, ENGINEERING DAN KONSTRUKSI

Drone DJI M300 RTK dan Zenmuse P1 digunakan pada sektor AEC karena dapat menghasilkan akurasi dan efisiensi waktu yang keduanya dapat mengakibatkan kerugian yang tidak direncanakan. Drone inspeksi DJI, akan melakukan inspeksi aset tanah dan bangunan untuk mendeteksi kemungkinan bahaya yang tidak terlihat secara cepat di seluruh lokasi konstruksi yang besar, sehingga akan membantu perusahaan menghindari kesalahan yang merugikan sekaligus melindungi warga sipil di daerah sekitarnya.


Studi kasus yang dilakukan oleh Halo Robotics berama dengan PT MRT Jakarta baru-baru ini menggunakan teknologi LIDAR dan drone DJI Matrice series, berhasil membantu membangun permodelan informasi bangunan ("BIM") dengan saat melakukan survey area seluas 1.2 hektar yang berada di struktur perkotaan yang kompleks seluas 1.2 hektar dalam maktu 4 jam saja.


Dari hal tersebut, kita semua dapat belajar bahwa kerjasama antara drone dengan manusia dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan yang sebelumnya terasa lama saat dilakukan. Kerjasama ini dapat memberikan output penyelesaian yang memuaskan bagi PT MRT, dimana teknologi drone diunggulkan untuk menjadi alternatif platform yang paling kayak untuk menghasilkan akselerasi dan efisiensi kerja secara keseluruhan, dari berbagai lini operasional.


2. INSPEKSI DENGAN DRONE DI SEKTOR MINYAK DAN GAS

Berdasarkan testimoni kepuasan dari customer perusahaan yang memimpin penyimpanan minyak dan bahan kimia, drone DJI berhasil mengatasi masalah keamanan dan risiko yang besar serta waktu yang lebih lama saat menginsepksi tangki secara tradisional. Drone DJI untuk Inspeksi Visual Umum & Termal (GVI) melakuka memeriksa aset secara aman dengan kamera zoom dan kamera termal beresolusi tinggi ROI utama untuk dengan cepat dan sering memeriksa cacat, anomali, pada aset secara komprehensif.


Secara visualisasi angka, proyek ini berhasil memotong biaya pemeliharaan terjadwal hingga 70% serta berdampak baik untuk ROI yang besar bagi perusahaan.Pasalnya, drone DJI Enterprise sudah secara cepat mampu memerika struktur bagian dalam aset di lingkungan yang kompleks dengan cepat dan presisi, serta aman bagi pekerja untuk dilakukan dari jarak jauh.


3. INSPEKSI LAHAN PENANAMAN PADA SEKTOR PERTANIAN

Integrasi drone spraying DJI Agras T20 dan Drone DJI Phantom 4 Multispectral memberi petani output data berkualitas tinggi, sehingga proses identifikasi dan monitoring lahan serta kesehatan tanaman dapat dilakukan dengan cepat. Dalam proyek yang dilakukan bersama dengan PTPN, drone DJI Agras dapat mencakup 20 Ha dengan di bantu oleh 2 Operator.


Drone juga dapat mensurvei tanaman secara berkala untuk membantu ahli agronomi mengidentifikasi peluang pengelolaan tanaman yang lebih baik. Kombinasi antara drone spraying DJI Agras T20 dan P4 Multispectral dapat memfasilitasi aktivitas pertanian yang presisi seperti pemetaan kontur, pengelolaan ternak, penilaian tanaman, serta asuransi dan perkiraan hasil panen jauh sebelum hari panen tanaman tersebut tiba.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #drone #inspection #dji #inspeksi #output #maintenance #assetmanagement #dronesforgood #dronetechnology #agriculture #architecture #engineering #droneinspeksi #oilandgas #industry40

18 views0 comments