• Halo Robotics

Sustainable Farming dengan Drone Mapping DJI dan Sensor MicaSense



Sustainable farming atau metode bertani yang berkelanjutan dengan drone mapping DJI dan sensor MicaSense tidak hanya menjanjikan dari segi peningkatan outcome dan produktivitas, namun juga dapat menghasilkan sistem pertanian yang berkelanjutan dalam jangka panjang.


Multispectral Imagery dari hasil pemetaan drone DJI dan sensor MicaSense


Selain menjadi teman baik bagi sektor agriculture, drone mapping DJI dan sensor MicaSense juga menjadi platform manajemen yang baru untuk melacak input nutrisi, identifikasi hama, visualisasi dataran pegunungan dan edukasi bagi petani untuk memahami insight-insight baru yang dapat dihasilkan dari penggunaan platform dengan biaya investasi yang ekonomis tersebut.


APLIKASI DILAPANGAN


Untuk aplikasi dilapangan, kedua teknologi tersebut telah digunakan dilahan seluaas 150hektar, dengan kondisi iklim dan tanah yang ideal.


Sebelumnya, pengguna tersebut hanya melakukan pemetaan pada tanaman dengan cara manual, berputar di lahan seluas itu, dimana metode tersebut memang murah hanya saja memakan banyak waktu dan berakibat pada terdapatnya idle time yang harusnya bisa maksimal hasil pemetaanya, menjadi kurang maksimal karena terlalu banyak memakan waktu.


HASIL PENGGUNAAN DRONE DJI DAN SENSOR MICASENSE


Hasil kondisi kesuburan tanah dan pengukuran input pertanian

dengan drone DJI dan sensor MicaSense


Hasil pencitraan yang dikumpulkan setelah melakukan pemetaan dengan drone DJI Matrice series dan DJI Phantom 4 series, memungkinkan bagi tim untuk memperoleh visualisasi terkait dengan efektifitas nutrisi yang sudah mereka gunakan untuk merawat tanaman pertanian.


Identifikasi tanaman yang diserang hama dengan drone mapping DJI dan sensor MicaSense


Hal lain yang membuat pengguna bangga dan senang setelah menggunakan drone mapping DJI dan sensor MicaSense adalah, kedua platform canggih tersebut berhasil melacak masalah hama yang selama ini belum bisa diselesaikan secara tuntas dengan metode konvensional.


Hama perusak akar, kumbang penggerek dan identifikasi penyakit karat pada daun juga berhasil divisualisasikan dengan akurat oleh sensor MicaSense RedEdge dan MicaSense Altum, sehingga kerugian akibat hama dapat diidentifikasi lebih dini, dan hasilnya mereka berhasil mengurangi 25% loss saat panen yang disebabkan oleh hama dengan teknologi yang hemat waktu dan uang tersebut.


Penggunaan sensor MicaSense Altum untuk identifikasi thermal pada tanaman


Pengguna juga memanfaatkan pencitraan thermal dari MicaSense Altum untuk dientifikasi ketinggian dan iklim di sekitar area penanaman, sehingga ketika turun hujan dengan deras, mereka bisa mengidentifikasi apakah air hujan nya membasahi seluruh bagian tanaman atau hanya bagian atasnya saja. Jika seluruh tanaman terbasahi dengan air hujan, setinggi apapun area tanaman tersebut, pengguna tidak harus melakukan penyemprotan ulang pada tanaman, sehingga tidak ada biaya yang terbuang.


Penggunan drone DJI Matrice series dan MicaSense Altum di ketinggian 300 meter tidak akan menimbulkan masalah besar. Sebaliknya, kombinas dari kedua teknologi tersebut membuat pengguna lebih matang dalam mengambil keputusan dan menghitung pengaruh pemberian input pertanian terhadap output yang mereka hasilkan.


Citra thermal dari sensor MicaSense Altum memetakan perbedaan suhu dan kelembapan di seluruh lahan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat keputusan pengelolaan yang tidak hanya memperhitungkan jenis tanah dan hama, tetapi juga lokasi masing-masing tanaman yang ditanam di lapangan, sehingga secara berkelanjutan sektor agriculture bisa menghasilkan lebih banyak panen tanaman yang sehat dan keberlangsungan bisnis pertanian mereka dalam jangka panjang.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #pertanian #agriculture #sustainableagriculture #dronemapping #micasense #mapping #planthealth #sustainablefarming #dji #djienterprise #RGB #NDVI

8 views0 comments