• Halo Robotics

Teknologi Drone DJI Dan Software Pix4D Untuk Membasmi Gulma Pertanian Di Lahan Basah


BUSINESS OVERVIEW



Perusahaan pertanian yang melakukan aktivitas penanaman di lahan basah, berhasil menghemat waktu dan uang untuk menghilangkan gulma Phragmites yang paling sering menjadi pemicu kebakaran lahan dan menjadi penghalang biologis pada pertumbuhan dan kualitas tanaman, dengan cara memetakan tanaman yang sakit dan menggunakan metode penyemprotan yang tepat secara invasif dengan menggunakan teknologi drone DJI dan software Pix4D.


KONDISI LAHAN SEBELUM MENGGUNAKAN DRONE DJI DAN PIX4D


Pada awalnya, selama bertahun-tahun membudidayakan dan memanen tanaman di lahan basah, para petani mengalami kesulitan dalam membasmi gulma Phragmites yang semakin menjamur, hingga puncaknya, baru-baru ini para petani memperoleh hasil panen tanaman dengan gen yang kurang bagus serta hasil panen dengan produktivitas yang rendah.


IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PIX4D DAN DRONE DJI



Leaf Chlorophyll Index ("LCI") dapat dilihat pada Pix4Dfields, karena dijalankan melalui fitur visualisasi lanjutan untuk menyorot area yang terpengaruh gulma secara khusus dan mudah dibaca dan dipahami oleh semua orang. Hasil menunjukkan, bahwa indeks klorofil daun yang menjadi indikator untuk acuan pemetaan spesies invasif tersebut, cukup banyak yang terlihat, dimana Pix4Dfields berhasil membuat ilustrasi real 1.400Ha zona lahan basah yang dijadikan area penanaman untuk mengatur penyemprotan dengan drone, kemudian mengekspor nya dalam bentuk shapefile yang diperlukan untuk digunakan dengan drone DJI Agras sebagai acuan penyemprotan tanaman.



Drone DJI Agras yang dimodifikasi dengan alat semprot, memungkinkan penyemprotan 2x lebih banyak pada setiap hektar lahan di waktu yang sama, selama petani melakukan aktivitas pertanian dalam kurun maktu 8 jam setiap harinya. Sebelum drone diterbangkan, petani lalu memasukkan shapefile ke dalam pengontrolnya, lalu penyemprotan kedua kembali dilakukan dengan herbisida akuatik yang terbukti sangat efektif ketika diisikan pada tangki drone untuk membasmi gulma Phragmites.


KEUNGGULAN MEMBASMI GULMA DENGAN DRONE DJI AGRAS DAN PIX4D


Terdapat beberapa keunggulan apabila sektor pertanian memutuskan untuk membasmi gulma dengan teknologi drone DJI Agras dan Pix4D, diantaranya sebagai berikut:


  • Penghematan anggaran herbisida hingga ratusan juta rupiah per bulannya

  • Waktu mapping dan identifikasi gulma tanaman di lahan seluas 1400Ha hanya membutuhkan waktu 12 jam.

  • Hasil penyemprotan herbisida yang lebih presisi dan terukur, karena penyemprotan hanya dilakukan pada area lahan yang terkena gulma saja.

  • Dalam sekali penyemprotan, drone DJI Agras dapat melakukan penyemprotan 10Ha lahan.



Dengan memetakan dan menyemprot gulma Phragmites, petani dapat mengurangi penggunaan bahan kimia dan meminimalkan dampaknya pada tanaman yang bukan menjadi target penyemprotan. Petani dapat menyemprotkan herbisida dengan akurasi yang maksimal dan menghasilkan penyebaran air penyemprotan yang konsisten, lebih baik dibandingkan dengan helikopter atau menggunakan alat semprot manual. Pemetaan dengan Pix4Dfields dan penyemprotan tanaman yang sakit dengan drone DJI Agras terbukti berguna dalam menghemat waktu dan uang yang berharga, tetapi juga berkontribusi dalam memajukan habitat ekologi yang lebih sustainable.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #field #agriculture #pix4d #drone #dronetechnology #dronesforgood #dronesoftware #hama #dji #fieldmanagement #weeds #gulma #NDVI #NDRE #multispectral

13 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)