• Halo Robotics

Kolaborasi Teknologi Drone DJI Untuk Mempercepat Pemadaman Api Saat Terjadi Kebakaran Hutan

BUSINESS SUMMARY


Seiring dengan meningkatnya frekuensi kebakaran hutan yang terjadi di berbagai negara, kemampuan kita untuk melindungi kawasan hutan serta melindungi petugas dilapangan kobaran api akan di uji. Untuk itu, teknologi drone terbaru dari DJI akan memenuhi keinginan petugas untuk membantu melakukan operasi pencegahan kebakaran hutan dan mengontrol kebakaran yang terjadi dari jarak jauh.


Melakukan pencarian titik api kebakaran hutan dengan drone DJI akan membuat petugas memperoleh efisiensi maksimal dalam menggunakan sumber daya untuk memadamkan kebakaran, sehingga mengurangi pemborosan dalam menggunakan sumber daya dalam memadamkan api. Selain itu, dengan menggunakan drone dan payload DJI, petugas akan dapat mencari sumber panas dari jarak jauh sehingga dapat meningkatkan keselamatan operasional dilapangan.


KONDISI SEKTOR PUBLIC SAFETY SEBELUM MENGGUNAKAN DRONE UNTUK MEMADAMKAN KEBAKARAN HUTAN

Seiring dengan meningkatnya frekuensi dan tingkat kebakarna hutan, kemampuan perusahaan untuk melindungi petugas pemadam kebakaran serta kawasan hutan pun okut diuji. Apalagi, keyakinan untuk menggunakan teknologi drone dalam memadamkan kebakaran hutan juga didukung dengan tewasnya 400 petúgas pemadam kebakaran dalam menjalankan tugas, untuk itu diperlukan teknologi drone dengan solusi untuk membantu petugas kebakaran melakukan operasi pemadaman kebakaran secara terkontrol dari jarak jauh.


IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BARU YANG DIPREDIKSI MAMPU BERKOLABORASI DENGAN DRONE DJI UNTUK MEMPERCEPAT PEMADAMAN KEBAKARAN HUTAN

Drone DJI M600 dan payload Zenmuse XT2, dikolaborasikan dengan teknologi IGNIS, sebagai solusi inovatif untuk membantu petugas melakukan pemadaman dengan cepat dan terukur pada sumber kebakaran. Dengan melakukan pemadaman kebakaran hutan secara terkontrol, berarti sektor public safety hanya mengeluarkan sumber daya yang dianggap perlu untuk membantu mempercepat pemadaman.


IGNIS dikembangkan sebagai jawaban untuk melindungi petugas pemadam kebakaran dari risiko bahaya ketika sedang memadamkan api. Menurut Carrick Detweiler, CEO Drone Amplified yang juga pencetus gagasan dibalik sistem IGNIS, rata-rata 17 petugas pemadam kebakaran tewas saat bertugas di Amerika Serikat. Dengan mengkolaborasikan teknologi drone dan sistem IGNIS, petugas pemadam kebakaran di seluruh negara dapat dengan aman memadamkan api tanpa perlu melibatkan personel dalam situasi berbahaya.


Meskipun sistem IGNIS di Indonesia belum familiar, drone DJI M600 dan Zenmuse XT2 akan tetap menjadi solusi komprehensif yang efektif untuk mempercepat pendeteksian titik panas yang menjadi penyebab kebakaran hutan.


EFEKTIVITAS MEMADAMKAN API DENGAN DRONE VS DENGAN HELIKOPTER


Masing-masing metode antara drone dan helikopter, memiliki pro dan kontra untuk memadamkan api ketika peristiwa kebakaran hutan terjadi.


Pemadaman dengan teknologi drone:

  • Tekologi drone jauh lebih minim biaya, dalam sekali pemadaman, hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 25.000.000.000, dimana dengan helikopter, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 285.184.000 per harinya

  • Pemadaman dapat dilakukan secara terkontrol dan tepat sasaran

  • Meningkatnya efisiensi sumber daya yang dikeluarkan, karena dengan mengetahui titik api, petugas tidak perlu membuang banyak sumber daya untuk memadamkan api, karena pemadaman bisa dilakukan terpusat pada sumber api saja

  • Menjaga petugas pemadam kebakaran tetap aman, dimana proses identifikasi titik api dan pemadamannya dapat dilakukan dari jarak jauh

  • Teknologi pencitraan termal pada payload dapat memberikan visibilitas yang jernih, sehingga memungkinkan petugas untuk melihat kondisi hutan dengan menembus asap yang tebal agar titik api dapat diidentifikasi lebih akurat.


Pemadaman dengan helikopter:

  • Memiliki keterbatasan akses untuk melihat keadaan hutan karena penglihatan hanya menggunakan visibilitas manusia

  • Untuk peristiwa kebakaran yang terjadi pada malam hari, pemadaman dengan helikopter jauh lebih berbahaya karena petugas tidak bisa melihat ke seluruh area dengan jernih

  • Risiko Bahaya keselamatan petugas dilapangan, dimana 25% kematian petugas kebakaran umumnya diseñaban oleh kegagalan operasional saat menggunakan helikopter

  • Pemadaman api dengan menggunakan helikopter menghabiskan biaya Rp 285.184.000 juta rupiah per hari.


SOLUSI DRONE DAN SISTEM IGNIS UNTUK MEMADAMKAN KEBAKARAN HUTAN


Dengan memanfaatkan drone Matrice 600 Pro, IGNIS dapat membawa muatan seukuran bola pingpong yang diisi

dengan kalium permanganat. Sebelum dijatuhkan ke tanah, setiap bola sudah diinjeksi terlebih dahulu dengan etilen glikol untuk memulai reaksi kimia yang akan bereaksi 30-40 detik setelah dijatuhkan ke permukaan tanah.


Sistem ini didukung oleh teknologi canggih yang memberikan kendali penuh pada petugas pemadam kebakaran untuk memilih misi terbang secara manual atau menggunakan sistem IGNIS untuk mengatur waypoints drone secara otomatis.


Hamparan topografi yang akurat dapat diunggah sebagai jalur penerbangan, dan parameter ketinggian dapat disetel sesuai dengan medan sebenarnya dilapangan.


Pengguna bisa menetapkan pola jarak tertentu untuk mengatur sebaran bola yang akan diturunkan ke permukaan tanah agar lebih lebar pada titik tertentu, Lalu IGNIS secara Otomatis akan menyesuaikan penyebaran bola untuk mengimbangi perubahan kecepatan dan kecepatan angin.


PAYLOAD ZENMUSE XT2 UNTUK MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI TITIK API


Tidak hanya drone DJI M600 dan IGNIS, payload Zenmuse XT2 juga turut berperan penting dalam membantu menemukan titik api yang menjadi penyebab kebakaran hutan. Payload tersebut

Payload Zenmuse XT2 menjadi jawaban untuk membantu petugas dilapangan mengumpulkan informasi tentang kebakaran hutan sekaligus mencari titik panas yang menjadi sumber kebakaran. Payload Zenmuse XT2 juga membantu petugas untuk melihat perkembangan titik panas secara realtime dengan cepat. Selain itu petugas juga dapat bersiap membuat penyesuaian tindakan dilapangan sesuai dengan operasi pemadaman dengan sesegera mungkin, sehingga api dapat dicegah sebelum melebar dan menyebabkan kerugian yang lebih besar pada hutan.


KESIMPULAN

Selain kebakaran hutan, teknologi ini telah berhasil diterapkan di berbagai skenario pemadaman kebakaran, baik di pedesaan maupun perkotaan. Zenmuse XT2 yang dipasang pada drone DJI M600 memberi petugas pemadam kebakaran kemampuan untuk menemukan titik api dengan akurat, sehingga secara dramatis akan meningkatkan keselamatan operasi dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengendalikan api, khususnya ketika kebakaran sedang terjadi.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

Keywords: #publicsafety #dji #forest #hutan #kebakaranhutan #firedetector #DJIM600 #zenmusext2 #bnpd #bpnb #basarnas #kebakaran #dronetechnology

38 views0 comments

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Office: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

Please let us know how we can help you. We look forward to connect further.

© 2021 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)