• Halo Robotics

Thermal Imaging Technology untuk Efisiensi Search and Rescue



Menemukan pejalan kaki yang tersesat di hutan atau melakukan misi pencarian dan penyelamatan termasuk kedalam misi yang berbahaya, namun juga menantang, dimana software backend dan pendeteksian objek lewat pencitraan thermal dapat menjalankan tugasnya dengan cepat untuk mendeteksi suhu tubuh manusia, meskipun mereka berada di area dengan pepohonan yang lebat dan hanya mendapatkan sedikit cahaya matahari.


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN


Teknologi backend software yang memanfaatkan Artificial Intelligence ("A.I"), Sentient Vision, serta sensor FLIR, memungkinkan petugas untuk melakukan pengambilan gambar dari udara dengan melihat masuk kedalam kanopi hutan, dimana bila diintegrasikan dengan drone, teknologi ini akan mencapai tingkat identifikasi objek manusia 90% lebih akurat, karena sudah dilengkapi dengan algoritma pembelajaran mesin yang detil untuk mengidentifikasi objek meskipun berada di tutupan kanopi hutan yang lebat.


BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Dengan melakukan penguncian objek manusia setelah berhasil dideteksi, software akan menggunakan teknik pencitraan apertur sintetis yang akan menangkap banyak gambar di area yang luas, Lalu akan digabungkan dan dihitung untuk menghasilkan gambar yang akan digabungkan untuk membantu petugas melihat manusia yang akan diidentifikasi,



Dengan menggunakan permodelan ketinggian secara digital, teknologi ini dapat digunakan secara online dengan hanya menghitung dan memproyeksikannya kedalam gambar yang berhasil direkam, sehingga AOS yang diperoleh dapat mengungkapkan bentuk manusia berdasarkan algoritma A.I. Tanda panah pada gambar diatas, menunjukkan sinyal panas dari orang-orang yang terjebak dibawah. Hasil ini bisa diperoleh, karena gambar thermal yang terintegrasi dapat diinterpretasikan dengan jelas dengan teknologi Sentient Vision dan FLIR yang bisa diperoleh dari Halo Robotics.


OUTPUT YANG DIHASILKAN


Jika hanya menggunakan kedua mata manusia atau drone, petugas akan menemukan banyak keterbatasan dalam mengidentifikasi orang yang sedang dicari. Dalam skenario korban yang terjebak di kanopi hutan yang lebat, pencarian dengan helikopter dan drone biasa kurang maksimal dalam mendeteksi objek. Untuk itu, software dengan A.I seperti Sentient Vision dan sensor thermal diperlukan untuk analisa objek secara mendalam.



Pencitraan thermal akan membantu misi pencarian dan penyelamatan yang dilakukan oleh petugas secara signifikan. Selain itu, dengan meluangkan waktu untuk melatih identifikasi objek, operator juga dapat meningkatkan kemampuannya untuk membaca pendeteksian hasil dengan software Sentient Vision. Hal ini dilakukan untuk menghindari output tanda panas palsu dan berasal dari objek-objek lain selain manusia, sehingga akan lebih mudah mengidentifikasi objek manusia dalam berbagai pose dan memperhitungkan ukuran orang tersebut secara relatif serta mengidentifikasi jaraknya dari penerbangan drone.


Tim dilapangan akan mampu merekam gambar dan melakukan misi pencarian dalam berbagai kondisi lingkungan dan jenis-jenis hutan yang berbeda secara terkontrol di area terbuka, sehingga tutupan kanopi hutan yang lebat dan kondisi matahari atau cahaya yang minim tidak akan menjadi kendala untuk menyelamatkan banyak orang ketika misi pencarian dan penyelamatan berlangsung.


APLIKASI TEKNOLOGI UNTUK MENDETEKSI OBJEK LAIN DI HUTAN



Pemotongan optik udara tidak hanya digunakan dalam pencarian dan penyelamatan manusia, tetapi juga dapat diaplikasikan untuk mengamati satwa liar, mengidentifikasi kawasan hutan, dan kebutuhan di bidang arekologi. Hal ini dikarenakan, teknologi tersebut cukup fleksibel dan dapat diterapkan pada semua jenis gelombang, tidak hanya infrared namun juga segala platform lain yang lebih minim biaya. Petugas konservasi, saat melakukan pengamatan satwa liar juga diuntungkan oleh pencitraan thermal dan AOS, dimana tim mereka dapat dengan mudah membantu peneliti untuk melacak populasi, migrasi hewan, mengidentifikasi sarang burung dibawah tajuk pohon, membedakan spesies bangau hutan serta sudah banyak digunakan di berbagi belahan dunia untuk memantau pergerakan spesies langka.



Selain itu, untuk mengidentifikasi situs sejarah yang berada dikawasan yang kompleks pada bidang arkeologi, tim dapat menghilangkan penghalang yang menghalangi objek sejarah penting. Sementara itu, pada aplikasi disektor pertanian, tim dapat memanfaatkan teknologi ini untuk pencitraan kawasan dari jarak dekat dengan inframerah.


KESIMPULAN


Teknologi backend software Sentient Vision serta kamera thermal FLIR dapat membantu drone untuk penyelidikan lebih lanjut, menemukan orang hilang, membantu mengidentifikasi pertanian dan objek sejarah dengan cepat hanya lewat gabungan gambar secara realtime dengan A.I onboard canggih, sehingga dengan mudah dapat mengklasifikasikan bentuk manusia atau objek lainnya.

Questions? Contact us! We would be happy to connect further:

Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #artificialintelligence #dronesurvey #searchandrescue #dronesforgood #thermal #dronetechnology #thermalimaging #publicsafety #flir #sentientvision #forensic

272 views0 comments