Emesent LIDAR AL2 untuk Survey dan Mapping Area Sempit tanpa Sinyal GPS


BUSINESS SUMMARY


Halo Robotics bersama dengan Emesent, perusahaan drone autonomy, meluncurkan teknologi Hovermap LIDAR AL2 yang dapat dioperasikan sebagai handheld survey and mapping platform dan dapat diintegrasikan dengan drone yang ideal untuk pemetaan pada area sempit dengan akses terbatas seperti tambang bawah tanah, dan area yang tidak bisa dijangkau oleh sinyal GPS seperti konstruksi sipil, infrastruktur telekomunikasi, dan pengumuman untuk meningkatkan respons bencana dengan aman.


MANFAAT UTAMA MENGGUNAKAN HOVERMAP AL2



1. Improved Safety (Keamanan Pekerja): Menjauhkan personel dari area berbahaya. Hovermap AL2 dapat terbang dengan aman melampaui garis pandang mata manusia untuk menangkap data penting dengan aman dan efisien.


2. Greater Insight (Membuka Insight Data Penting): Hovermap AL2 dapat menjelajahi dan memetakan area yang tidak dapat diakses oleh manusia atau drone lain dengan menghasilkan pointcloud beresolusi tinggi untuk membantu perusahaan membuka insight-insight baru terkait data penting pada objek.


3. Productivity and Efficiency (Produktivitas dan Efisiensi): Hovermap AL2 dapat memetakan lingkungan yang tidak dapat diakses dengan cepat dan aman dan meminimalisir gangguan guncangan saat melakukan survey dan mapping.


4. Cost and Time Saving (Hemat Waktu dan Biaya): Selain itu, platform ini juga mudah digunakan tanpa memerlukan keahlian pilot drone spesialis dan dapat dilakukan oleh satu orang pekerja saja, cocok untuk kebijakan keterbatasan pekerja untuk hadir dilapangan ditengah pandemi COVID-19.


LEVELS OF AUTONOMY (TINGKAT OTONOMI AL2)


Hovermap awalnya ditujukan untuk memetakan tambang saja. Namun,karena penggunaanya yang semakin diperluas, akhirnya Hovermap AL2 diluncurkan untuk membantu pekerja mengumpulkan kualitas data yang lebih baik, dibandingkan pendahulunya tanpa ada penghalang yang dapat menghentikan pergerakan platform tersebut.


Platform tersebut diluncurkan sebagai payload industri petrama di dunia yang plug-and-play serta dapat menyediakan kemampuan navigasi otonomi diluar jangkauan penglihatan operator dan mampu beroperasi di area yang tidak mendapat sinyal GPS pada setiap industri.


FITUR-FITUR AL2

Dalam pembahasan mengenai AL2, artikel ini membagi 2 spesifikasi diantaranya spesifikasi khusus untuk mapping dan autonomy yang menjadikannya payload yang paling unggul untuk melakukan survey dan mapping di lingkungan yang sempit.


  • Pemetaan SLAM terbaik di dunia: Hovermap menggunakan algoritma Simultan Lokalisasi dan Pemetaan (SLAM), bukan perangkat keras GPS / INS yang berat dan mahal. Hal ini memungkinkan pemetaan 3D yang akurat di lingkungan tanpa GPS seperti di dalam ruangan, bawah tanah, atau dekat dengan bangunan besar.

  • All in one payload untuk pemetaan SLAM

  • Integrasi dengan berbagas tipe software yang sudah dioptimalkan

  • Penggabungan pointcloud yang lebih padat secara realtime

  • 20 parameter pengolahan data yang dapat disesuaikan dengan geolokasi GPS secara otomatis

  • Mampu membuat colourisation RGB

Spesifikasi autonomy pada AL2 diantaranya sebagai berikut:

  • Tap to Fly: Pilot dengan keahlian minimal saat ini data melakukan survey dan mapping pada objek yang berada di lingkungan yang kompleks dengan interface hanya dengan sekali tap.

  • Dilengkapi dengan sensor penghnindar hambatan terbang secara Otomatis dan aman untuk digunakan pada objek beradiasi tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh sinyal GPS

  • Dilengkapi dengan livestream onboard dan smart battery

  • Mampu menghasilkan point cloud secara realtime

  • Failsafes: AL2 dapat kembali pulang ke titik awal penerbangan secara Otomatis ketika baterainya sudah lemah

Jika dirangkum, AL2 memiliki 4 fitur utama yang bermanfaat untuk melakukan survey dan mapping, yaitu mampu mengidentifikasi objek dengan diameter yang tipis seperti kabel listrik meskipun hanya memiliki diameter 1mm.


Hovermap LIDAR Al2 mampu menunjukkan penampang planar yang paling sesuai diterapkan pada ketinggian tertentu terlihat dengan density yang rapat, sehingga menghasilkan pointcloud beresolusi tinggi.


Hovermap AL2 dapat melakukan mapping dengan jarak aman 1.2 meter, jika menggunakan drone DJI M210. Keunggulan ini dapat menjaga pekerja tetap aman dalam mengoperasikan drone dan LIDAR, meskipun hanya dari jarak jauh, pekerja tetap dapat melihat kondisi objek dengan jelas lewat interpretasi yang dihasilkan oleh LIDAR.


Teknologi LIDAR dapat menghasilkan kecepatan maksimum sebesar 5m per detik pada berbagai hardware dan kondisi lingkungan letak objek atau aset yang diamati. Selain itu, dalam 1 jam Hovermap AL2 dapat melakukan survey dan mapping dengan navigasi dan kontrol penerbangan +/- 0.3 meter.

AL2 saat ini cocok dengan beberapa drone dari DJI Enteprise termasuk DJI Matrice 300 RTK. Halo Robotics bersama dengan DJI dan Emesent telah berkerja sama untuk memastikan kompatibilitas dan integrasi dari fungsi otomatis seperti AL2 dengan flight control dari drone. Kompatibilitas lebih lanjut dengan model drone lain akan direncanakan setelah peluncuran produk sebagai tahapan lanjutan menuju visi untuk mencapai drone yang dapat berfungsi secara otomatis pada lingkungan tanpa sinyal GPS, hingga pada akhirnya dapat melakukan misi drone hanya dengan menekan satu tombol, tanpa ada bantuan dari operator.


APLIKASI PADA BERBAGAI INDUSTRI


SEKTOR TAMBANG

Membuat 3D modelling saat survey tambang bawah tanah yang sangat akurat untuk adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan, hanya saja, Sebagian besar lingkungan tambang berbahaya, dan Profesional Pertambangan perlu bekerja di ruang sempit dan tertutup, yang tidak rata dan sulit diakses serta minim jangkauan GPS. UAV LIDAR merupakan teknologi pemetaan topografi menggunakan teknologi laser yg dimountingpada sebuah drone.


SEKTOR AGROFORESTRY

Hovermap LIDAR AL2 mampu menembus kanopi untuk mengumpulkan data dari ketinggian secara efektif serta tidak menghasilkan gap pada data statistik dibandingkan dengan penilaian lapangan secara manual menggunakan Diameter of Breast Hight ("DBH"). Setelah selesai, dataset digabungkan dengan algoritma yang disesuaikan untuk segmentasi dan penilaian pohon menggunakan realistas virtual.


Baca selengkapnya untuk mengetahhi cara mempercepat pemetaan hutan dengan LIDAR disini.


SEKTOR UTILITAS

Lokasi SUTET yang umumnya berada di area yang sulit mendapatkan sinyal GPS, tidak menghalangi drone yang diintergasikan dengan Hovermap LIDAR untuk melakukan pengambilan data maintenance dan laporan pemasangan isolator ataupun korosi SUTET, hal ini dikarenakan Hovermap LIDAR AL2 diciptakan untuk dapat beroperasi secara otonom pada area yang dipenuhi oleh vegetasi sehingga sulit menerima sinyal GPS. Fitur Collision Avoidance juga membuat Hovermap LIDAR mampu mengatur jarak aman dengan objek, sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan secara otomatis.


Klik disini untuk melihat aplikasi Hovermap LIDAR AL2 pada sektor-sektor lainnya.


Questions? Contact us! We would be happy to connect further

:Email: enterprise@halo-robotics.com

WhatsApp: +6281 18549 888


Keywords: #LIDAR #dronetechnology #dronesforgood #artificialintelligence #AI #undergroundmining #droneindoor #tambang #dronecommercial #AL2 #pertambangan #utility #engineering

43 views0 comments