• Halo Robotics

Tutorial Drone DJI untuk Pengukuran Volume Stockpile dengan Lebih Akurat



Menggunakan drone untuk mengukur volume stockpile memudahkan pengguna untuk membandingkan volume timbunan yang ada saat ini dengan survei sebelumnya untuk melacak kemajuan tambang. Anda juga dapat membandingkan survei volume stockpile dengan file desain nilai akhir untuk menghitung berapa banyak bahan yang tersisa untuk ditambahkan atau dihapus.



Dengan gambar georeferensi yang diambil dari drone yang terbang di atas lokasi kerja Anda, Anda dapat menggunakan fotogrametri untuk menghasilkan visualisasi 3D situs Anda dengan pengukuran yang akurat hingga 1/10 kaki (3cm). Dengan memanfaatkan tingkat akurasi tersebut, Anda dapat menggunakan platform visualisasi survei drone untuk melakukan berbagai pengukuran, termasuk volume penimbunan.


Menggunakan drone untuk mengukur timbunan dengan cepat menjadi alur kerja survei pekerjaan tanah untuk lokasi di seluruh dunia. Untuk para profesional di industri pertambangan dan agregat, manajemen inventaris stockpile adalah salah satu kasus penggunaan utama untuk survei drone. Demikian pula, lokasi konstruksi menggunakan drone untuk lebih cepat mensurvei situs mereka dan menggunakan peta 3D yang dihasilkan dari penerbangan tersebut untuk mengumpulkan data yang dapat ditindaklanjuti, termasuk volume stockpile.



Dengan menerbangkan drone untuk mengukur persediaan alih-alih mengirim seseorang untuk melintasi situs berbahaya, manajemen situs dapat melacak inventaris dan kemajuan situs mereka dengan cara yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih andal. Di bawah ini, kami merinci bagaimana drone dan photogrammetry membantu lokasi kerja meningkatkan alur kerja pengukuran tumpukan dan merampingkan analisis lokasi.


MENGAPA PENGUKURAN VOLUME STOCKPILE SECARA AKURAT ITU PENTING?

Manajer tambang dan penggalian menghabiskan sebagian besar hari mereka mencoba menjawab pertanyaan tentang kuantitas. Berapa banyak yang duduk di stockyard sekarang? Berapa banyak yang akan di crusher atau pabrik? Apa yang masih perlu Anda ekstrak? Berapa banyak hasil tambang yang sudah dipindahkan dari lapangan sejak minggu lalu? Berapa nilai sebenarnya dan apakah Anda menjualnya dengan harga yang tepat?


Memiliki survei lokasi yang akurat dan dengan demikian pengawasan penuh atas inventaris persediaan—menemukan jawaban yang Anda butuhkan menjadi jauh lebih sederhana.


Dengan menggunakan alur kerja survei drone, Anda dapat mengandalkan pengukuran stockpile yang andal dan sangat akurat, dan Anda dapat mengukur kemajuan sesering Anda ingin terbang. Masuknya data inventaris penimbunan ini memungkinkan tim untuk memperketat operasi di tempat kerja. Itu dapat mencakup semuanya, mulai dari peramalan keuangan dan manajemen rantai pasokan hingga rekonsiliasi yang akurat.


1. MEMPERSIAPKAN PRAKIRAAN KEUANGAN DENGAN LEBIH AKURAT



Menggunakan drone DJI untuk mengukur timbunan lebih murah dan lebih mudah daripada menggunakan peralatan survei tradisional dan jauh lebih akurat daripada volume stockpile "eyeballing". Mereka menempatkan kekuatan survei yang sering di tangan Anda dan data volume stockpile yang akurat di ujung jari anda.


Memiliki nomor inventaris yang akurat setiap bulan berarti secara drastis mengurangi penghapusan di masa mendatang dan menghemat uang setiap orang di lokasi dan meningkatkan efisiensi tambang atau penggalian.


Dan dengan perkembangan terbaru dalam fotogrametri, smart ground control dan hardware drone, Anda dapat membuat permodelan dilapangan dengan toleransi akurasi 1/10ft (3cm). Hasil ini cukup baik untuk standar pengukuran stockpile.


2. MENGENCANGKAN AKURASI MANAJEMEN RANTAI PASOK



Mengetahui apa yang sebenarnya Anda miliki di situs juga memungkinkan Anda mengatur rantai pasokan dengan lebih baik. Drone DJI Enterprise melaporkan inventaris dan berikan snapshot aset secara cepat, mulai dari saat anda membutuhkan lebih banyak stok hingga berapa banyak yang masih perlu anda ekstrak. Jika anda adalah pemasok sendiri, rencanakan dengan mudah kapan anda perlu memulai pengeboran dan peledakan berdasarkan volume saat ini. Jika anda menggunakan pemasok eksternal, anda dapat merencanakan pembelian lebih awal dan menghitung anggaran yang lebih akurat.


3. KURANGI INEFISIENSI PERALATAN YANG MAHAL



Semua tambang membutuhkan informasi yang akurat tentang berton-ton stockyard untuk memenuhi perintah kerja dan menjadi pelarut finansial. Tetapi terlalu sering, penghapusan besar-besaran menjadi standar untuk kursus tersebut. Bahkan ketika sangat tinggi, mereka adalah status quo yang diterima. Menggunakan drone untuk mengukur persediaan membuat Anda mendapatkan volume yang sangat akurat sehingga Anda dapat mendamaikan perbedaan akuntansi selama audit.


CARA MENGGUNAKAN DRONE UNTUK MENGUKUR PERSEDIAAN STOCKPILE



Setelah membuat permodelan, arnda dapat menganalisis situs menggunakan software visualisasi data drone, Temukan rekomendasinya disini. Aplikasi seperti


dalah jawaban yang tepat. Pengguna dapat dengan cepat membuat jenis perbandingan yang digunakan pengelola tambang untuk mengukur kemajuan dan menyimpan stok inventaris material. Tetapi jenis pengukuran yang anda lakukan akan bervariasi tergantung pada informasi yang dibutuhkan.


Opsi 1: Ukur volume dari tingkat referensi. Atur baseline ke angka yang diinginkan dan hitung total volume Anda dari level tersebut ke atas.


Opsi 2: Ukur menggunakan smart volumetric dan biarkan komputer yang bekerja. Untuk smart volumetric platform dapat mengekstrapolasi, dasar keberadaan stockpile. Kemudian, menghitung total volume dari sana.


Opsi 3: Bandingkan volume antara dua permukaan. Ini bisa berupa survei ke survei untuk melihat kemajuan dari waktu ke waktu. Atau, anda dapat mengukur permukaan saat ini ke desain kelas akhir yang Anda unggah ke mapping tertentu


1. PENERBANGAN DRONE ANDA UNTUK MENGAMBIL DATA DILAPANGAN


Sebelum anda dapat melakukan pengukuran volume tunggal, anda perlu menerbangkan drone Anda untuk mengambil data situs. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. “Survei drone” pada dasarnya berarti menggunakan drone untuk mengambil foto udara dari situs Anda dan beberapa bentuk data GPS dan kontrol tanah untuk memberikan konteks geografis (alias koordinat).


Ada dua alur kerja survei drone utama untuk menyelesaikan pekerjaan: survei drone berbasis GCP dan survei drone PPK. (Cari tahu mengapa kami merekomendasikan alur kerja PPK di sini.). Menerbangkan drone untuk mensurvei situs Anda secara signifikan lebih cepat—hingga 10x lebih cepat, menurut beberapa perkiraan—dibandingkan menggunakan metode tradisional berbasis darat. Juga lebih aman bagi pilot drone—apakah itu kepala surveyor Anda atau orang lain di organisasi Anda—untuk berdiri dan membiarkan drone mengumpulkan data daripada berjalan sendiri di lokasi.


Selanjutnya, biarkan software photogrammetry yang bekerja. Setelah Anda mendapatkan citra dan data kontrol tanah yang Anda butuhkan, data tersebut perlu diproses menjadi model 3D Anda. Untuk semua kecuali operasi skala besar, mempertahankan staf fotogrametris sangat mahal. Demikian pula, pemrosesan data di rumah adalah proses manual yang panjang yang membutuhkan perangkat lunak khusus. Seringkali, itu juga membutuhkan komputer khusus untuk mengolah data. Software photogrammetry dan drone DJI yang tepat dapat meningkatkan efisiensi untuk pengguna, sehingga pengguna bisa mencurahkan waktunya untuk tugas lain. Anda tidak hanya mendapatkan model akhir, kami memberi Anda akses mudah ke output data—point cloud, model elevasi digital, dan banyak lagi. Ini dapat diekspor untuk digunakan dalam program GIS dan CAD lainnya.


CARA MENGUKUR VOLUME STOCKPILE UNTUK TAMBANG


Setelah Anda membuat model Anda, Anda dapat menganalisis situs Anda menggunakan perangkat lunak visualisasi data drone. Anda dapat dengan cepat membuat jenis perbandingan yang digunakan pengelola situs untuk mengukur kemajuan dan menyimpan stok inventaris material. Tetapi jenis pengukuran yang Anda lakukan akan bervariasi tergantung pada informasi yang Anda butuhkan.


Opsi 1: Ukur volume dari tingkat referensi. Atur baseline ke angka yang diinginkan dan hitung total volume Anda dari level tersebut ke atas.


ikon volume tingkat referensi

Opsi 2: Ukur menggunakan volume pintar, dan biarkan komputer yang bekerja. Untuk volume cerdas, platform mengekstrapolasi di mana dasar tumpukan Anda berada. Kemudian, menghitung total volume dari sana.


Ikon volume pintar

Opsi 3: Bandingkan volume antara dua permukaan. Ini bisa berupa survei ke survei untuk melihat kemajuan dari waktu ke waktu. Atau, Anda dapat mengukur permukaan saat ini ke desain kelas akhir yang Anda unggah ke Platform Propeller.


Perencanaan ledakan 3D dan kasus penggunaan survei drone lainnya untuk tambang dan tambang


Menggunakan drone untuk mengukur timbunan bukan satu-satunya aplikasi untuk lokasi tambang dan agregat. Sebelum anda dapat membangun stockpile, anda perlu mengekstraknya. Membuat keputusan dengan informasi paling mutakhir dan andal sangat penting bagi setiap pengelola lokasi, terutama saat merencanakan dan melaksanakan pekerjaan peledakan di lokasi tambang atau penggalian. Menjaga survei lokasi anda dan rencana pembaharuan yang akurat meningkatkan akurasi blasting dan secara signifikan mengurangi biaya pengeboran dan peledakan.


Saat merencanakan ledakan berfungsi untuk memenuhi pesanan pelanggan tertentu, volume dapat dengan mudah diidentifikasi pada model 3D menggunakan alat pengukuran Volume ke Tingkat Referensi. Anda cukup menggambar bentuk di sekitar area ledakan, mengatur level bangku ke "ledakan ke", dan komputer menghitung angkanya.


Menggunakan drone DJI Enterprise dan software pendukungnya, akan membantu pengguna menghasilkan gambar dan juga menyediakan sumber data yang baik untuk penilaian visual hasil ledakan seperti bentuk tumpukan sampah, kerusakan tambang, distribusi, dan fragmentasi. Rencanakan logistik pasca-ledakan, penggunaan ukuran fragmen dan data lokasi. Anda juga dapat mengukur volume stockpile dan ukuran fragmen, menambahkan anotasi, dan membagikan laporan ledakan dengan pekerja lain.


Dengan fitur perbandingan volume, volume yang diledakkan dapat dibandingkan dengan rencana, membuatnya lebih mudah untuk memastikan jumlah material yang tepat diekstraksi. Jika Anda memiliki desain atau garis, Anda dapat melapisinya ke dalam model untuk membantu akurasi dan kualitas—dan memastikan Anda tidak meninggalkan sumber daya di lapangan.


Keywords: #drone #dji #djienterprise #stockpile #volumetric #mining #tambang #tambangupdates #3dmodelling #stockpilemanagement


Questions? Feel free to connect with us on

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


24 views0 comments